Managerial Issues E-Commerce

Masalah Manajerial dalam E-Commerce

E-Commerce merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet. Penggunaan sistem ini sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual (retail). Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional. Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat, di internet telah disediakan hampir semua barang yang biasanya dijual secara lengkap.

Pada saat ini bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk mewujudkan sebuah E-Commerce, karena semua fasilitas yang mendukung terselenggaranya sebuah EC sudah tersedia. Salah satu komponen terjadinya EC adalah Internet. Seperti yang sudah kita ketahui, Internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Dengan adanya EC maka mempermudah interaksi antara produsen dan konsumen.

Evaluasi itu penting, karena dengan adanya evaluasi maka kita akan dapat dengan mudah mendeteksi kekurangan-kekurangan yang ada, danĀ  dengan segera memperbaikinya. Evaluasi ini bisa dengan cara menerima kritik dan saran dari konsumen itu sendiri.

Strategi yang umum dilakukan beberapa di antaranya adalah dengan mengerti kebutuhan konsumen dan keadaan pasar. Jika suatu produsen mampu menguasai kedua itu diimbangi dengan ide-ide cemerlang dalam memajukan EC, maka sebuah perusahaan itu akan maju dan dapat diterima baik oleh para konsumen.

Seorang pebisnis, pasti akan bekerja sama dengan pebisnis lainnya untuk memajukan usaha mereka. Semua saling melengkapi kebutuhan masing-masing dan saling bertukar pikiran. Tidak mungkin jika sebuah perusahaan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Pasti dibutuhkan sebuah kerja sama yang baik.

Cara terbaik belajar EC adalah dengan belajar sendiri, mengasah kemampuan yang ada. Memasuki lingkup EC agar mengerti sampai dimana kemampuan pribadi dan menemukan cara untuk memajukan bisnis yang ada.

Ethical issues itu pasti ada dan yang sering muncul di masyarakat adalah kebanyakan masyarakat masih ragu untuk melakukan transaksi dengan EC karena merasa cemas dengan keamanan dari EC itu sendiri.

Kegagalan selalu mungkin terjadi, tetapi kita perlu mengantisipasinya dari awal. Cari tahu kemungkinan apa saja yang mungkin menyebabkan kegagalan dan diperlukan juga solusinya. Selalu memikirkan kedepan langkah apa yang akan diambil demi memajukan bisnis kita, tentu lengkap dengan solusi serta akibat terburuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*