TIPS Membuat PKM yang baik

cara menulis PKM yang bermutu dan baik.

1. Terlebih dahulu tentukan tema apa yang paling bagus untuk di angkat menjadi PKM.

Tema yang baik adalah tema yang berkaitan dengan permasalahan yang saat tersebut sedang booming (ramai dibicarakan). Dalam hal ini cobalah membuat suatu solusi terhadap permasalahan yang diangkat dalam tema tersebut. Tema yang bagus tapi sudah cukup “kadaluarsa” tidak begitu bisa membangkitkan rasa ketertarikan terhadap tim penguji/juri

2.  Susun judul yang akan dipakai sebagai “trade mark” PKM kita

Ini sebenarnya bisa dilakukan di akhir penyusunan proposal, akan tetapi akan lebih baik jika sudah ditentukan sejak awal. Karena dari judul ini kita akan memiliki rambu-rambu/marka yang akan mencegah kita untuk keluar dari topik yang dibahas. Untuk judul, hendaklah yang singkat dan jelas menggambarkan isi PKM. Judul yang terlalu panjang dan susah dihubungkan akan mengurangi minat pembaca.

3. Cari sumber pustaka yang terbaru. Usahakan pustaka dalam bentuk buku dan jurnal lokal, nasional, maupun internasional, terutama yang terbaru. Hal ini karena dunia ilmu mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kita bisa saja menggunakan pustaka tahun yang sudah lama, akan tetapi kemungkinan beberapa parameter yang dipakai sudah mengalami banyak perubahan (update)

4. Produk yang akan diterbitkan adalah produk yang unik. Karena namanya saja PKM (program kreativitas mahasiswa), jadi sudah barang tentu krativitas sangat dituntut disini. Kita bisa saja memodifikasi produk yang sudah ada , misal penelitian orang lain pakai sampel A, tapi kita lakukan penelitian yang sama dengan sampel B, secara aturan hal ini sah-sah saja, akan tetapi dalam PKM sangat dibutuhkan munculnya produk yang benar-benar fresh/baru. Selain itu produk ini juga harus bisa memecahkan permasalahan yang ada, syukur-syukur jika kita bisa sambil menyelam minum air, satu produk bisa memecahkan dua permasalahan sekaligus. Misalnya, sepeda bertenaga solar sel berbentuk atap. Alat ini bisa meringankan perjalanan kita dari kelelahan mengayuh, dan kepanasan karena terik matahari.

( sumber : http://sutikno.blog.uns.ac.id/)

  1. American Airways Junk Mail says:

    I precisely wanted to thank you so much all over again. I am not sure what I might have achieved without those techniques documented by you concerning such a subject. It had become an absolute troublesome difficulty for me, however , encountering a well-written manner you processed that took me to weep for fulfillment. Now i am happy for this advice and thus believe you really know what a great job you are getting into educating others with the aid of your website. I am sure you’ve never got to know any of us.

  2. American Airways Junk Mail says:

    I definitely wanted to compose a brief note in order to say thanks to you for the fabulous tips you are posting on this website. My incredibly long internet research has at the end been compensated with excellent information to talk about with my contacts. I would say that many of us site visitors actually are extremely blessed to live in a perfect network with many special professionals with beneficial secrets. I feel really blessed to have seen the web page and look forward to really more fabulous minutes reading here. Thank you again for everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Image

*