Perjalanan pada hari ini tertuju pada keindahan Kota Malang, yang tak hanya melihat kokohnya bangunan-bangunan perkantoran, megahnya mal-mal yang mencirikan kota metropolitan, ramainya pusat-pusat perbelanjaan serta padatnya jalanan oleh kendaraan-kendaraan yang berlalu lalang. Hari ini sejenak berjalan-jalan untuk mencari suasana tenang yang dapat menyejukkan hati di tengah sibuknya kota ini, dan mencoba menyibak penat akan rutinitas sehari-hari. Setelah beberapa menit memacu kendaraan, akhirnya di ujung jalan itu terlihat taman kota yang nampak asri yang di kelilingi oleh bangunan-bangunan kota dengan ramainya jalanan di sekitarnya.

Taman Tugu Malang

Taman Tugu Malang

Taman ini sering di sebut dengan Alun-alun Tugu oleh masyarakat sekitar Malang, nah untuk lebih menikmati indahnya taman ini maka marilah sejenak kita tenggok sejarah dari Taman Tugu ini, yuuuk….


Sejarah Taman Tugu Malang

Jika kita menuju ke arah kantor Walikota Malang, maka kita akan menjumpai bundaran taman besar yang ditengahnya terdapat tugu yang menjadi landmark dari kota Malang ini. Taman ini dihiasi dengan bunga-bunga yang cantik dan berwarna-warni. Dahulu kala pemerintahan Belanda membangun Kota Malang ini dalam beberapa rancangan pembangunan. Nah, Taman Tugu ini terdapat pada Bouwplan II yang dituangkan dalam perluasan kota di daerah yang dinamakan Gouverneur-Generaalbuurt dengan sebutan Alun-alun Buder dimana dilengkapi dengan kolam air mancur di tengahnya. Monumen Tugu ini adalah bekas dari Taman Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.P. Zoen Coen, yang dikelilingi oleh Taman yang sangat indah dengan bunga-bunga teratai yang selalu mekar. Sekitar bundaran taman Tugu ini ditumbuhi pohon-pohon trembesi tua yang merindangkan suasana sekitar.

Tugu ini berdiri pada tahun 1950-an dan diresmikan oleh presiden Soekarno. Pada saat itu Malang membentuk suatu Dewan Pimpinan Daerah yang dipimpin oleh Bapak Sam, yang mulai membangun pemerintahan di Malang dengan baik. Salah satu rencana pemerintah pada saat itu adalah membangun sebuah Tugu Kemerdekaan Kota Malang. Sehingga pada tanggal 17 Agustus 1946 pemerintah Kota Malang merencanakan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Tugu. Monumen ini ditandatangani oleh Ir. Soekarno sebagai wakil masyarakat Malang dan A.G. Suroto sebagai kepala Komite pembangunan monumen. Namun ketika pembangunan monumen tugu ini hampir selesai kira-kira mencapai 95%, tiba-tiba terjadi Agresi Militer Belanda I. Para pasukan Belanda berpikiran bahwa Monumen Tugu tersebut merupakan gambaran betapa besarnya semangat warga Malang. Sehingga mereka merusak Monumen Tugu Kota Malang, pada tanggal 23 Desember 1948 hingga menjadi puing-puing.

Tugu Kota Malang masa kemerdekaan

Tugu Kota Malang masa kemerdekaan

Namun pada tanggal 9 Juni 1950 pemerintah Kota Malang membentuk panitia baru untuk membangun kembali Monumen Tugu, atas desakan para warga Malang. Dan akhirnya Monumen Tugu selesai dibangun, dan disahkan kembali oleh presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1953.

Pada era tahun 1990-an Monumen Tugu ini terkenal dengan nama Alun-alun Bunder. Masyarakat menjulukinya Alun-alun Bunder karena berbentuk lingkaran. Dan saat ini sering pula disebut dengan nama Alun-alun Tugu atau Taman Tugu Kota Malang.

Bentuk dan Arti Monumen Tugu Kota Malang

Jika dilihat dengan seksama bentuk dari Tugu yang berada di tengah Taman Tugu Kota Malang itu, kita akan melihat beberapa sejarah yang benar-benar melekat pada setiap detil bentuknya, diantaranya adalah :

1)      Tugu monumen yang berbentuk bambu tajam

Bambu tajam ini menggambarkan bambu runcing yang menjadi senjata khas bangsa Indonesia dalam menghadapi para penjajah dan mengorbankan hidupnya untuk merebut kemerdekaan  hingga tetes darah penghabisan.

Tugu Kota Malang


2)      Rantai yang mengambarkan kesatuan bangsa Indonesia dalam satu semangatnya memperjuangkan kemerdekaan yang tidak mungkin mudah bisa dipisahkan.

3)      Tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut

menggambarkan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.

4)      Bintang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi.

Pondasi berjumlah 17 dan bintang yang memiliki 8 tinggat  ini menggambarkan menggambarkan tanggal dan bulan Kemerdekaan Indonesia.

5)      Monumen ini terletak di tengah-tengah kolam yang di dalamnya terdapat Bunga
Teratai yang berwarna putih dan merah.Melambangkan keberanian dan kesucian rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

6)      Selain itu pada badan tubuh dari bambu runcing tersebut terdapat gambar peta Indonesia, wajah Bung Karno dan Bung Hatta serta Teks Proklamasi bangsa Indonesia.

Desain Taman Tugu Kota Malang

Taman Tugu Kota Malang ini memiliki luas sebesar 11.923 m2, terletak di Jl. Tugu depan Kantor Walikota Malang serta di kelilingi oleh beberapa bangunan kota seperti Sekolah HBS/AMS (sekarang SMA 1 dan SMA 4 Negeri Malang), Hotel Splendid, rumah tinggal panglima militer, dan sebagainya.

desain taman tugu malang

desain taman tugu malang

Taman ini dapat dinikmati dari 5 penjuru kota Malang, yaitu melalui Jl.Kahuripan, Jl. Kertanegara, Jl. Gajahmada, Jl.Untung Suropati dan Jl. Majapahit. Selain itu pintu masuk untuk mengakses taman ini juga berjumlah 5 jalur, dengan pintu gerbang utamanya terletak di depan kantor Walikota Kota Malang.

Desain Taman Tugu Kota Malang ini lebih menonjolkan Monumen Tugu yang berada tepat di tengah-tengah taman sebagai point of view yang bernilai sejarah yang tinggi. Selain itu taman ini dipercantik dengan tanaman-tanaman yang senantiasa menghiasi setiap ruang Taman Tugu ini. Di taman ini terdapat bunga Kana dengan berbagai warna seperti merah, kuning dan Orange, beberapa tanaman palem, tanaman agave, tanaman penitian, bunga Desember, bunga Bougenvil, bunga Asoka berbagai warna, pohon cemara, dan masih banyak yang lainnya. Serta taman teratai yang memenuhi kolam di tengah taman tersebut yang berwarna merah dan putih, yang selalu mekar di pagi hari dimana kolam tersebut juga dihuni oleh ikan-ikan kecil. Hamparan lahan Taman Tugu ini ditutup oleh rumput hijau yang menutupi setiap jengkal tanah yang ada, sehingga sejauh mata memandang maka kita akan dimanjakan oleh pemandangan hijau dihiasi warna-warni bunga yang indah dilihat. Selain itu Taman Tugu ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti bangku atau tempat duduk, jalan setapak dan lampu taman yang merupakan elemen pendukung taman, tempat sampah yang berfungsi untuk tempat membuang sampah dan fasilitas wifi sebagai sarana pendukung. Namun kurang dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir, pusat informasi, dan toilet untuk para pengunjung. Meskipun begitu kebersihan taman ini sangat terjaga, melalui para petugas kebersihan yang selalu stand by membersihkan taman Tugu ini di pagi dan sore hari.

Taman Tugu Kota Malang ini dirancang berdasarkan jenis taman artificial atau biasa disebut dengan taman buatan, yang elemen pendukungnya dibentuk dari elemen buatan manusia. Selain sebagai fasilitas sosial Taman Tugu ini juga memenuhi fungsi taman kota, diantaranya sebagai taman rekreasi, taman ekologi, taman hidrologis, taman kesehatan, taman simbolik serta taman estetika.

Aktifitas Pengunjung

Taman Tugu ini juga ramai dikunjung oleh para warga sekitar, yang datang sengaja untuk menikmati keindahan taman ini, ataupun yang tidak sengaja melewati taman Tugu ini dan kemudian singgah untuk sejenak. Berbagai macam aktifitas yang dilakukan masyarakat diantaranya adalah kegiatan berolahraga bagi para tua dan muda, duduk-duduk santai menikmati keindahan taman, bercengkerama dan bersendagurau bersama keluarga, kerabat, ataupun bersama kekasih hati tercinta serta asyiknya mereka yang berfoto-foto untuk mengabadikan kenangannya di Taman Tugu ini.

Aktifitas yang terlihat di pagi hari pada bundaran Taman Tugu ini yaitu  menjadi sport tracking, bagi para sport mania yang menghirup segarnya udara pagi dengan berolahraga di Taman Tugu ini ditemani oleh para petugas kebersihan yang bertugas pada pagi hari. Serta bapak ibu yang mengajak anak balitanya menikmati indahnya bunga teratai yang bermekaran di sana sini. Jika siang tiba, taman ini tidak begitu diramaikan oleh para pengunjung. Maka keadaan ini lah yang membuat Taman Tugu ini bagaikan oase ditengah panas terik matahari namun tak dapat terjamah akibat penuhnya jadwal kegiatan kita pada saat itu. Taman Tugu ini menyimpan keindahan dalam gelas kaca guys..

Namun jika sore hari tiba, taman ini diramaikan oleh para pengunjung yang silih berganti menikmati keindahannya. Seperti para pegawai kantoran yang menyempatkan waktu nya dengan sejenak berjalan-jalan pada taman disela-sela aktifitas kantor, para siswa siswi yang asyik duduk bercengkerama menceritakan serunya hari mereka, sepasang sejoli yang memadu kasih hingga para grup cherrleader yang berlatih di tengah-tengah taman ini. Ada pula beberapa pengunjung yang menikmati fasilitas wifi yang disediakan oleh pihak setempat.

Tidak berbeda jika malam tiba, Taman Tugu ini masih menjadi tujuan masyarakat untuk menghabiskan sisa harinya. Di dukung dengan indanya air mancur yang mulai beroperasi pukul 7 malam menambah kemesraan yang dipancarkan oleh Taman Tugu ini. Sehingga tidak salah apabila banyak pengunjung yang datang dan memenuhi seluruh bangku-bangku taman dengan berbagai macam tujuan, seperti duduk santai, bercengkerama, bersendagurau, bercumbu rayu, serta tidur dengan lelapnya.

Jeprat-Jepret


Aktifitas Pagi,

kegiatan olahraga pagi…

seorang bapak sedang mengajak putrinya mengunjungi taman Tugu

Aktifitas Siang dan Sore Hari


aktifitas cherrleader yang oke punya... tetep semangat yaa sist...

para pegawai kantoran yang menyempatkan diri bermain di taman Tugu

asyiknya bercengkrama bersama teman atau pun kekasih hati… hahay…

biarpun on-line sendirian pun tak jadi masalah... wifi gratiss...

Aktifitas Malam Hari


duduk-duduk santai…

poto-poto dulu yaa naak... okeh.. action...

bobok duluu ah... pengunjung yang terlelap tidur di taman

Visit To Taman Tugu Malang


Tugu Malang at the night

balai kota Malang

indahnya taman Tugu di malam hari

nice garden n tentu model nya ini…. hihiihi..

warna warni yang menghiasi taman Tugu

elemen taman ada bangku, tempat sampah, jalan setapak dan lampu taman.

kereta kuning,, punya bapak petugas kebersihan

nona merah ne... hihihihi

Jika anda sedang melintasi kawasan Tugu, maka tidak ada salahnya untuk mampir sejenak menikmati indahnya Taman Tugu Kota Malang ini. Akan banyak manfaat yang anda dapatkan dengan menghabiskan waktu sejenak di sini. Dan tentunya jangan lupa untuk tetap ikut menjaga kebersihan serta kelestarian alam tercinta ini guys… 😀

By : Fetty Dwi P

Agribusiness / 0810440071

Sore dan Malam Hari