browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TABEL Dan DIAGRAM (tugas uts)

Posted by on 9 April 2013

Ada kalanya sebuah informasi disajikan  tidak dalam bentuk tulisan, tetapi disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, atau bagan. Penyajian dengan  bentuk tabel, diagram, grafik, atau bagan ini dimaksudkan untuk memudahkan pembaca dalam memahami gagasan yang disampaikan penulis.

Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah besar data informasi yang biasanya berupa kata-kata atau bilangan yang disusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah dicermati.
Diagram adalah gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari objek tertentu secara garis.
Selain tabel dan diagram, bentuk penyajian yang disajikan tidak dalam bentuk tulisan, ada juga bentuk grafik dan bagan.
Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Data-data dari tabel dapat dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut.
Bagan merupakan alat visual yang membantu pembaca memahami secara cepat informasi  yang disajikan. Bagan berfungsi sebagai petunjuk adanya suatu hubungan antara beberapa bagian dan biasanya tanpa disertai keterangan angka-angka.
Berikut ini merupakan contoh dari Diagram :
gambar grafik
Biasanya setiag grafik diberikan analisis serperti :
” grafik diatas menerangkan bahwa berat badan dari febi adalah seberat 75kg, fariza seberat 44kg, fahma 54kg, fincha 60kg, fefira 53kg. Dengan usia mereka rata-rata adalah 19tahun. Jarak rumah kost mereka dari kampus juga berbeda-beda, tetapi tidak ada yang diatas 1km karena umumnya mereka berjalan kaki menuju kampus.”
Berikut ini merupakan contoh dari Tabel :
gambar tabel
Manfaat dari menggunakan Tabel dan Diagram adalah sebegai berikut :
  • Menunjukkan fakta dengan jelas dan mudah dipahami. Fakta  yang ditampilkan dalam tabel dan diagram  akan lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembacanya jika dibandingkan dengan fakta yang ditulis menggunakan kalimat-kalimat  dalam sebuah paragraf. Hal ini disebabkan oleh bentuk tabel dan diagram disajikan dalam bentuk yang singkat dan padat, dan tidak ada kemungkinan hadirnya kalimat yang bertele-tele.
  • Menjadikan proses komunikasi lebih cepat dan menarik. Informasi yang dikemas dalam bentuk tabel dan diagram memang membuat proses komunikasi menjadi lebih cepat dan tentu saja menjadi lebih menarik. Jika dibandingkan dengan tulisan atau kalimat-kalimat, informasi dalam tabel dan diagram akan lebih cepat diserap/dipahami karena bentuknya yang lebih singkat. Selain itu, biasanya tabel dan diagram dikemas menggunakan berbagai bentuk dan warna yang menarik sehingga membuat seseorang tertarik untuk membacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>