Faumana Hidayatullah 115020201111042

Tugas Struktural Mata Kuliah Perilaku Konsumen
Nama : Faumana Hidayatullah
NIM : 115020201111042
Kelas : BA
Dosen : Nanang Suryadi
Apa yang anda lakukan dalam mengambil keputusan pembelian dengan tahapan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi berbagai alternatif, keputusan pembelian dan keputusan setelah pembelian, Apabila ingin membeli ?
1. Obat Sakit Kepala
Saat merasakan sakit kepala yang parah, saya biasanya sangat sulit untuk berkonsentrasi. Sakit kepala tidak bisa dihindari, setiap orang selama hidunya pasti pernah mengalami masalah ini. Meminum obat sangat ampuh untuk menghilangkan sakit kepala. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan obat sakit kepala dengan berbagai merk. Namun apabila saya sakit kepala, saya membeli obat ke apotek karena sakit kepala itu bermacam-macam. Nah, ketika di apotek baru sampaikan terlebih dahulu gejala apa saja yang saya rasakan. Dengan begitu apoteker akan bisa memberikan obat yang tepat untuk saya. Beberapa obat sakit kepala yang sering saya pergunakan antara lain aspirin, ibuprofen, dan asetaminofen. Namun saya harus berhati-hati mengkonsumsi obat-obatan karena bisa menimbulkan efek samping. Jika saya mengalami masalah pencernaan atau memar-memar setelah meninum aspirin, saya segera berhenti mengkonsumsinya. Obat lain yang dosisnya lebih kuat adalah kodein. Namun, apabila sakit kepala yang saya alami tidak kunjung sembuh. Saya memilih pergi ke dokter dan bertanya kepada dokter untuk mendapatkan obat dengan dosis yang tepat.
2. Baju
Dalam hal memilih dan membeli baju saya selalu kesulitan karena banyak pilihan-pilhan baju yang tersedia di Mall. Namun cara efektif bagi saya dalam membeli baju yaitu harus disesuaikan dengan budget/dana yang saya punya. Nah, setelah itu apabila kriteria baju sudah sesuai budjet baru saya akan memilihnya berdasarkan kualitas dan model yang sopan/rapi. Setelah mendapatkan baju dengan kualitas dan model yang saya inginkan baru saya akan mencobanya. Apabila baju tersebut terlihat cocok dan ukurannya pas untuk saya, maka saya akan membelinya.
3. Sepatu
Apabila saya membeli sepatu, pertama yang saya perhatikan adalah ukuran yang pas dengan kaki saya dan kenyamannya ketika saya pakai supaya tidak sakit waktu saya pakai beraktivitas dan tidak cepat bau. Oleh karena itu saya sering kali mencoba bolak balik sepatu-sepatu yang ingin saya beli ketika di toko sepatu. Ketika saya sudah merasa cocok dengan sepatu tersebut baru saya akan membelinya.
4. Laptop
Sebelum saya membeli laptop ataupun produk elektronik, saya terlebih dahulu mencari tahu harga pasaran produk tersebut saat ini. Biasanya saya mencari informasi dengan browsing di internet. Biasanya harga di kota anda tidak akan berbeda jauh dengan harga di internet, bisa juga jadi lebih murah. Apabila mencari laptop yang lebih murah biasanya saya juga pergi ke pameran komputer / Laptop, harga di pameran komputer biasanya lebih murah. Walaupun demikian ini tidak menjamin kalau di harga pameran lebih murah seperti yang anda inginkan. Namun demikian bisa menjadi referensi saya berapa kisaran harga produk laptop yang saya inginkan. Disana saya juga mendapatkan info took-toko mana saja yang menjual laptop dengan harga yang lebih murah. Laptop pilihan saya jatuh ke Laptop Acer Aspire V5 karena harga yang sesuai dengan budget dan memiliki kualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak(Garansi 2 tahun).

5. Sepeda Motor
Pada saat ingin membeli sepeda motor, saya akan membeli dengan budget/dana yang saya punya dan sesuai kenyamanan saya saat berkendara. Apabila sepeda motor tersebut akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, saya lebih baik bila membeli sepeda motor matic, misalnya Yamaha Mio Soul GT karena sesuai dengan saya, memiliki perlengkapan keselamatan, harga beli yang terjangkau relative lebih murah dari sepada motor matic lainnya dan memiliki harga jual yang masih tinggi dipasaran serta memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup rendah.

6. Hadiah
Ketika saya membelikan hadiah ulang tahun untuk adik perempuan saya yang masih duduk dibangku SD. Saya akan membelikan hadiah sesuai budget/dana saya. Budget saya sekitar Rp. 100.000, terlebih dahulu saya akan mencari tahu barang apa yang di inginkan oleh adik saya disesuaikan dengan dana tersebut. Setelah saya mengetahuinya baru saya akan membeli barang tersebut. Di hari ulang tahun adik saya memberi hadiah boneka Minion seharga Rp. 80.000 yang saya beli di toko boneka.

7. Shampoo
Saya membeli shampoo sesuai dengan shampoo yang sudah cocok dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala saya supaya rambut saya tetap sehat dan tidak mengalami iritasi pada kulit kepala saya. Shampoo yang selalu menjadi pilihan saya yaitu Head and Shoulder Men.

8. Sabun Mandi
Sama dengan Shampoo, dalam membeli Sabun mandi saya juga akan membeli yang sudah cocok dengan jenis kulit saya supaya kulit saya tetap sehat, terlihat segar dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit saya. Sabun Mandi yang selalu menjadi pilihan saya yaitu Dettol Original Sabun Cair Mandi.

9. Minuman
Sewaktu saya haus dan dehidrasi saya akan membeli minuman yang menyegarkan. Biasanya saya membeli di Indomaret karena dekat dengan rumah saya. Di Indomaret banyak sekali pilihan berbagai macam minuman. Minuman favorite saya adalah Buavita. Karena Buavita merupakan minuman jus buah yang memberikan kesegaran buah alami yang lezat dan baik untuk dikonsumsi serta menyehatkan.

10. Makanan
Sewaktu saya akan membeli makanan pertama-tama yang saya lihat adalah tempat yang menjual makanan tersebut. Apabila tempatnya bersih dan makanannya halal maka saya akan membelinya. Apabila saya sudah mengetahui kalau tempatnya kumuh, tampilan makanannya tidak wajar dan menimbulkan aroma tidak sedap di makanannya serta terdapat bahan-bahan yang membahayakan maka saya tidak akan membelinya.

Tags:

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*