RSS
 

Sampel, Grafik dan Tabel

24 Mar

Top of Form

Sampel, Grafik, Tabel dalam Statistika

A.  Sampel

Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi Dengan kata lain sebagian dari populasi yang apabila diambil dengan benar maka dapat merepresentasikan dari populasi

Populasi adalah Yaitu sekumpulan data atau objek yang sedang diteliti (keseluruhan obyek yang sedang diteliti).

 

1.Sampel random

Untuk menghilangkan kemungkinan biasanya, kita perlu mengambil sampel random sederhana atau sampel acak. Pengambilan sampel dari semua anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam anggota poipulasi. Hal ini dapat dilakukan apabila anggotapoipulasi dianggap homogen. Teknik sampling ini seperti pada gambar berikut:

2.Sampel Sistematis

Teknik sampling ini merupakan teknik penarikan sampel dengan cara penentuan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Sebagai contoh jumlah anggota populasi sebanyak 200 orang. Anggota populasi diberi nomor urut dari no 1 sampai nomor 200. Selanjutnya pengambilan sampel dilakukan dengan memilih nomor urut ganjil, atau genap saja, atau kelipatan dari bilangan tertentu, seperti bilangan 5 dan lainnya.

3.Sampel luas

Sampel luas adalah di ambil dari kelompok areal tertentu, jadi prosedur pengambilannya berdasarkan lokasi geografis dan sampel luas  biasanya dapat di katakana Teknik sampling daerah (cluster sampling) digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas, misalnya penduduk suatu negara, propinsi atau kabupaten. Untuk menentukan penduduk mana yang akan dijadikan sumber data, maka pengambilan sampelnya berdasarkan daerah dari populasi yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh Indonesia terdiri dari 30 propinsi, sampel yang akan diambil sebanyak 5 propinsi, maka pengambilan 5 propisnsi dari 30 propinsi dilakukan secara random. Suatu hal yang perlu diingat adalah bahwa karena propinsi yang ada di Indonesia juga berstrata, maka pengambilan sampel untuk 5 propinsi juga dilakuykan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik cluster sampling dilakukan dalam dua tahap yaitu: (1) menentukan sampel daerah, dan (2) menentukan orang-orang yang ada pada daerah dengan cara sampling juga.

4.Sampel Bertingkat

Proses pengambilan sampel dilakukan bertingkat, baik bertingkat dua maupun lebih.

Misalnya: provinsi kabupaten Kecamatan desa Lingkungan KK.

5.Sampel Kouta

Sampling kuota adalah teknik penarikan sampling dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai pada jumlah (quota) yang diinginkan. Sebagai contoh akan melakukan penelitian terhadap pegawai golongan II pada suatu instansi, dan penelitian dilakukan secara kelompok. Jumlah sampel ditetapkan 100 orang sementara penelitian sebanyak 5 orang, maka setiap anggota peneliti dapat memilih sampel secara bebas dengan karakteristik yang telah ditentukan (golongan II) sebanyak 20 orang.

 

B.  Grafik

merupakan data atau populasi-popoulasi yang digambarkan maupun berbentuk visual secara garis, batang lingkaran, poligon dan lain-lainya

1.Grafik  Garis

Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau diagram garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

Contoh:

2.Grafik  Batang

Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh

Jumlah kecelakaan di kota A adalah

sebagai berikut.

3.Grafik Histogram

Dari suatu data yang diperoleh dapat disusun dalam tabel distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk diagram yang disebut histogram. Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini.

4.Grafik Polygon

Apabila pada titik-titik tengah dari histogram dihubungkan dengan garis dan batangbatangnya

dihapus, maka akan diperoleh poligon frekuensi

contoh

5.Grafik Ogive

Merupakan grafik dari ditribusi kumulatif

6. Grafik Lingkaran

Merupakan suatu data yang diperoleh lalu dihitung presentasenya dan hasil yang di dapat dari perhitungan tersebut akan terbagi pada sebuah lingkaran

Contoh

C.  Tabel

Adalah Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas. Menurut supranto tabel adalah kumpulan angka-angka yang disusun menurut kategori-kategori tertentu sehingga memudahkan pembuatan analisis data (Supranto, 2000).

 

1. Tabel referensi

Tabel referensi adalah berfungsi sebagai gudang keterangan karena memberikan keterangan-keterangan yang terperinci (umum) dan disusun khusus untuk kepentingan referensi sehingga disebut juga tabel umum (general table).

 

2.Tabel ikhtisar

Tabel ikhtisar disebut juga tabel naskah (text table), umumnya berbentuk singkat, sederhana dan mudah dimengerti. Tabel ikhtisar seringkali diperoleh dari tabel referensi atau didasarkan pada tabel ikhtisar lainnya. Tabel ikhtisar memiliki fungsi untuk memberikan gambaran yang sistematis tentang peristiwa-peristiwa yang merupakan hasil penelitian/observasi. Contoh,

3.Tabel umum

Tabel umum merupakan tabel yang berisi seluruh data / variabel hasil penelitian. Biasanya tabel ini berisi data absolut / asli.

Contoh tabel umum

 

4.Tabel distribusi

Tabel distribusi adalah bentuk penataan data yangdibuat oleh pengolah data berdasarkan hasil-hasil data yng dikumpulkan oleh penelitian tersebut yang betujuan untuk memproleh gambaran karakteristik dari data yang akan diolah.

Contoh tabel distribusi

 

 

 

 
 

Leave a Reply

 
*