Matriks Pemikiran Tokoh Politik Dunia (Hubungan Internasional)

March 21, 2013 in International Journal, Sosial dan Politik by farayunanda

MATRIKS PEMIKIRAN DAN PRESPEKTIF  TOKOH POLITIK HI

 

Plato

Thomas Hobbes

Machiavelli

John Locke

J. J Rousseau

Karl Marx

- Lahir (428 sebelum masehi) dalam keluarga bangsawan dan aristocrat yang terpandang dan terkemuka di Athena.1

- Di masa mudanya sudah sering bergaul dengan politik dan politikus-politikus.

- Perang antara Athena dan Spartan (Peloponnesia) menjadi latarbelakang kehidupannya.

- Guru sekaligus mentornya, Sokrates dihukum mati karena pemikirannya yang menyinggung sistem politik dan pemerintahan.

- Mendirikan suatu tempat belajar/ akademik  bagi kaum pemuda Athena.

- Meninggal di umur 70 tahun meninggalkan murid terbaiknya Aristoteles.

- Karyanya yang mahsyur ialah The Crito, The Republic, The Statesman, dan The Laws.2

- Lahir (15 April 1588) di sebuah kota pinggiran London, dimana Ayahnya merupakan seorang pendeta lokal miskin yang bermasalah dengan pihak gereja di tempatnya.

- Diasuh pamannya, Hobbes menimba ilmu di Magdalen Hall dan Universitas Oxford.

- Ia merupakan pengagum Thucydides dan Eukledius.3

- Pernah bekerja dengan William Cavendish dan Francis Bacon (bangsawan di pemerintahan) yang membuat akses keluar masuknya di siding-sidang parlemen sangat mudah.

- Berlatar belakang gejolak perebutan kekuasaan di Eropa yang sangat kuat pada masa itu, serta antara pro-anti monarki yang juga fluktuatif di Inggris membuat pemikiran Hobbes dibukunya terlihat pesimis.

- Meninggal karena stroke di umur 91 tahun.

-  Karyanya yang terkenal The Leviathan dan De Cive

- Anak dari seorang pengecara/ahli hukum (Bernardo Machiavelli) terkemuka di Florence, Italia.5

Banyak belajar dari gurunya seperti Paulo Rinsiglione (Humanis) dan Prof. Marcello di Virgilio (ilmu hukum) serta Adriani (pro aktivis)

- Setelah lulus dari Universitas Florence, Ia bekerja di pemerintahan menjabat sekretaris negara serta menjadi  diplomat.

- Hidup di masa renaisans  di atas kuasa gereja oleh Paus dimana terjadinya peristiwa Vitelli (tentara bayaran).

- Pengamat pribadi Cesare Borgia, bangsawan  yang mau menakluukan Italia. Disinilah Machiavelli belajar mengenai politik, Negara, dan kekuasaan pada realitanya.

- Meninggal pada usia 58 tahun (tahun 1527), setelah sempat dipenjara dengan tuduhan mencoba menggulingkan pemerintahan.

- Il Principe atau The Prince dan The Discourses upon the First Ten Books of Titus Livius karyanya.

- Lahir (tahun 1632) di sebuah desa di Inggris dan mendapatkan pendidikan di sekolah Westminster dan Universitas Oxford secara gratis.6

- Peminat filsafat, politik dan medis yang merupakan pengagum Robert Boyle dan Descartes.

- Pernah menjabat sebagai anggota The Royal Society

- Bekerja pada  seorang pangeran Shaftesbury sebagai penasihat dan dokter pribadi.

Pergejolakan di pemerintahan Inggris yang sangat sering karena adanya persaingan antar penguasa untuk menguasai Negara dan gereja-gereja.

- Pemikirannya terbentuknya Hak Asasi Manusia

- Setelah banyak makan garam baik dalam kancah politik dan medis tak hanya di negaranya tetapi juga di luar Inggris, John Locke tutup mata di umur 72 tahun.

- Two Treaties of Government dan Essay : Concerning Human Understanding merupakan pemikirannya yang tertulis.

- Sudah hidup sebatang kara di umur 10 tahun, setelah kematian ibunya, dan ditinggalkan ayahnya.

- Sebelumnya Rousseau di ajarkan ayahnya untuk membaca tulisan-tulisan dari peradaban romawi.

- Di umur 30 tahun ia mulai menghasilkan karya-karyanya baik bersangkutan dengan seni ataupun politik yang sarat dengan kritikan.

- Menjadikannya sebagai tokoh penting Revolusi Perancis atas sumbangannya dalam pemikiran demokratis dan idealis.

- Ia menutup mata pada umur 66 tahun, bukan di tempatnya lahir yaitu Jenewa, Swiss. Tetapi di Perancis.

- Karyanya dalam menalar dan mengkritisi politik ialah A Dsicourse on The Origin of Inequality dan yang paling terkenal The Social Contract.7

- Karl Marx terlahir di lingkungan Yahudi yang kuat.9

-  Akan tetapi seluruh anggota keluarganya akhirnya berpindah ke protestan untuk menghindari diskriminasi

- Mengenyam pendidikan di Universitas Berlin, dimana dari situ ia belajar mengolaborasikan paham hegel  dengan sosialisme dan ekonomi politik yang pada saat itu menjadi hot issue.

- Pernah menjadi editor suatu surat kabar yang radikal sampai perusahaan tersebut ditutup oleh pemerintah

- Pertemuan dengan Friedrich Engel menjadi titik awal kebesaran nama Karl Marx dalam kancah politik di dunia.

- Akhirnya bertemu kematiannya di umur 64 tahun, dimana sesaat sebelumnya juga terjadi beberapa pergerakan revolusionernya.

- Bekerjasama dengan Engels menelurkan karya The Communist Manifesto yang menjadi awal komunisme dimasanya.8

- Pemikiran Plato sedikit banyak dipengaruhi oleh gurunya Sokrates, khusunya mengenalkan Plato tentang ide,

-   Bagi Plato, ide adalah realita dan sesuatu yang di telaah secara rasional oleh panca indera dan pemikiran tersebut menghasilkan tentang Polis.

- Negara kota yang menganut prinsip mementingkan virtue

(kebajikan) sehingga akan menciptakan Negara ideal yang di atur oleh pemerintahan ideal dan ditaati oleh masyarakat ideal.4

- Pemerintahan yang mementingkan suatu sistem pengaturan komunis (menonjolkan sifat kolektivitas /kebersamaan) dengan fundamental virtue dan ideal.

- Sangat melarang dengan yang namanya individualisme dan demokrasi yang bisa menimbulkan kekacauan dan kecemberuan sosial. Sehingga dalam Negara ideal Plato terdapat stratifikasi sosial.

- Seorang penganut paham empirisme dan materialism yang menitik beratkan filsafat politiknya terhadap kajiannya akan manusia.

- Manusia dipandangnya sebagai makhluk mekanis dan individualis yang memiliki hasrat, ego, nafsu, dan haus kekuasaan. Analoginya manusia ialah serigala bagi sesamanya.

- Oleh karenanya konsep state of nature terjadinya perang setiap manusia dengan manusia lainnya harus terikat dengan kontrak sosial ala Hobbes

- Keberadaan Negara Monarki Absolut sebagai bentuk dari perjanjian kontrak sosial harus bisa menekan setiap hasrat individual setiap manusia dengan kekuasaannya akan tetapi berani menjamin terciptanya keadilan dan perdamaian.

- Lebih jauh lagi muncul paham hedonisme menjadi bentuk binatang buas yang secara mutlak memaksakan perjanjian tersebut.

- Paham realisme yang dibawa oleh Machiavelli dalam buku-bukunya yang termahsyur seringkali mengkoneksi antara politik kekuasaan dan penguasa Negara.

- Politik kekuasaan ala Machiavelli merupakan suatu keadaan dimana seorang pemimpin bisa menghalalkan segala cara (mengindahkan moral dan membolehkan kekejian) untuk mencapai suatu titik tertinggi kekuasaan.

- Kekuasaan yang didapat juga akan dipergunakan untuk kekuasaan. Yaitu memperkokoh kekuasaan dengan menarik kembali simpati rakyat dan melenyapkan saingan – saingan politiknya.

- Kekuatan tentara/ militerisme yang murni dan paham sekular menjadi factor penting untuk mencapai kediktatoran.

- Sehingga atas nama negara yang memiliki kekuasaan mutlak dapat mengatur rakyatnya secara totalitas dan taat dalam menjalankan hukum.

- Pemikirannya condong sangat membenci suatu kekuasaan kerajaan absolute. Sehingga ia memiliki perspektif liberalisme untuk mencapai suatu demokrasi di dalam negara.

- Negara Demokrasi yang memberikan kebebasan kepada setiap individual masyarkat untuk mencapai kebahagiaan dan kebutuhannya.

- Pada dasarnya setiap manusia sejak lahir telah memiliki hak-haknya yang harus dipenuhi dan negara adalah wadah yang mengkoordinir.

- Untuk mengatur keinginan mecapai hasratnya, manusia menggunakan akalnya. Dan pada dasarnya John Locke berpendapat bahwa manusia menggunakan akal selalu untuk membedakan baik dan benar.

- Negara dan hukum yang mengatur kehidupan pun sebenarnya juga merupakan manifestasi dari kemampuan akal manusia.

- Jadi nature of state dan kontrak sosial ala John Locke berfundamental akal dari kesadaran manusia itu sendiri.

- Pemikiran Rousseau tentang moralitas, politik, dan negara dipengaruhi dari perspektif liberalisme, sosialisme, dan emosionalnya.

- Secara alamiah manusia merupakan makhluk sosial yang satu sama lain membutuhkan dukungan untuk hidup karena alaminya manusia itu makhluk yang lemah.

- Teori Kontrak Sosial ala Roeussau yang membedakannya dari teori lain ialah setiap individu dalam masyrakat secara sadar dengan sengaja menyerahkan sebagian hak-haknya untuk saling bekerja sama menjaga ketertiban dalam suatu negara.

- Legitimasi dan mandat yang diberikan masyarakat juga dijaga oleh masyarkatanya sendiri.

- Rouseau adalah orang pertama yang berusaha menciptakan sintesis antara pemerintahan terwakil dan self-governance dalam konsep kehendak sosial—realisasi dari apa yang baik untuk semua kebutuhan yang menjadi tuntutan masyarakat.10

- Pemahaman revolusi dan penuh inovasi yang dikemukakan oleh Karl Marx perspektif tersendiri yang ia gunakan yaitu marxistme

- Pemikiran tersebut merupakan implementasi komunisme ala Marx.

- Menelurkan tentang analisis sejarahnya yaitu teori kelas.

- Dalam tulisannya Manifesto Communist dapat diartikan bahwa kelas ialah suatu kelompok sosial dalam suatu negara yang memiliki kepentingan politik, sosial, dan ekonomi bersama. Dan pada saat bersamaan juga memiliki kepentingan dengan kelompok lain. Negara dan politik berhubungan erat terhadap kekuasaan. Dan kekuasaan dengan ekonomi kapitalis mengahasilkan kelompok-kelompok yang diterjemahkan sebagai kelas. Kelas yang terbagi kedalam kelas borjuis dan proletar.11

- Negara kelas akan terjadi apabila borjuis berkuasa dan revolusi terjadi apabila kelas proletar bungkam dari kapitalis.

 

Footnote

1Gary K Browning. Chapter 7 : Political Thought. Hal 154.

2Gary K Browning. Op. Cit., Hal. 154-155.

3Gary K Browning. Op. Cit.,Hal. 157.

4. Michael H. Hart, 1978. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. PT Dunia Pustaka Jaya. Chapter : 40. Plato (427 SM- 327 SM)

Diakses dari : http://media.isnet.org/iptek/100/Plato.html

5. Michael H, Hart. 1978. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. PT Dunia Pustaka Jaya. Chapter : 88. Machiavelli (1469-1527)

Diakses dari : http://biografi-tokohdunia.blogspot.com/2009/03/88-niccolo-machiavelli-1469-1527.html

6Gary K Browning. Op. Cit., Hal 159.

7Gary K Browning. Op. Cit., Hal. 161.

8Gary K Browning. Op. Cit.,Hal 167.

9Halim, Prof. Dr. Paisal. Biografi Karl Marx. 2009.

Diakses dari : http://doktorpaisal.wordpress.com/2009/11/23/biografi-karl-marx/

10Miriam Budiardjo, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta: Gramedia, 1982. Hal. 282-283.

11Miriam Budiardjo, Op. Cit., Hal 77-83.