Pakaian Organik: Trendi dan Ramah Lingkungan

2012
05.05

Tidak hanya makanan organik, saat ini Anda juga bisa membeli pakaian organik. Pakaian organik adalah pakaian yang ditenun dari serat-serat alami, yang ditanam dengan tidak menggunakan pupuk kimia, pestisida dan bahan-bahan kimia berbahaya lain.
Manfaat memakai pakaian organik sama besar dengan memakan makanan organik dan pasar serat organik kini berkembang pesat. Anda bisa dengan mudah menemukan pakaian atau kain organik di pasar. Jenis serat atau kain organik beragam. Ada yang terbuat dari katun organik, wool organik bahkan rami organik. Konsumen bisa membeli serat organik sesuai dengan kebutuhan. Dari ketiga jenis serat tersebut katun tetap yang terpopuler. Perusahaan besar seperti Nike, Levi Strauss, American Apparel, bahkan Wal-Mart menurut situs American Progress kini menawarkan pakaian dari katun dan linan organik. Mereka saat ini menjadi konsumen serat-serat organik terbesar di dunia. Dengan ekspansi pasar besar-besaran dari para produsen raksasa itu, banyak petani yang tertarik untuk memproduksi katun organik yang pada efeknya akan meningkatkan popularitas tanaman organik. Produksi katun organik meningkat 15% dari 2009 ke 2010 menjadi 1.1 juta bal walau kondisi perekonomian masih terpuruk.
Produksi katun organik yang terus tumbuh memiliki efek positif bagi lingkungan. Tanaman katun adalah tanaman yang paling banyak dibudidayakan di dunia, namun tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman yang kurang ramah lingkungan. Walau hanya 2,5% lahan pertanian di dunia yang membudidayakan tanaman ini namun kebutuhan insektisida untuk tanaman ini sangat mengejutkan, mencapai 16% dari seluruh kebutuhan insektisida dunia.
Efek negatif lain, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi tanaman katun memiliki sifat “carcinogens” atau memicu penyakit kanker, sehingga berdampak buruk bagi kesehatan pekerja. Bahan-bahan kimia yang dipakai dalam proses produksi juga bisa menimbulkan efek negatif bagi konsumen, terutama bagi mereka yang alergi atau sensitif terhadap bahan-bahan kimia.
Produksi katun organik dan bahan tekstil organik lain berpotensi mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya ini secara siginifikan. Serat organik memiliki pesaing yaitu serat sintetis. Serat-serat sintetis jika diproduksi secara benar bisa menjadi serat yang ramah lingkungan. Namun produksi serat sintetis membutuhkan energi yang besar dan bahannya sulit terurai di alam.
Saat ini hanya satu kelemahan yang dimiliki pakaian organik: harganya yang masih mahal. Namun dengan membeli pakaian organik Anda bisa menyelamatkan lingkungan dan meningkatkan permintaan pasar.
Membeli pakaian organik juga akan meningkatkan produksi sehingga harga bisa ditekan. Jika Anda tertarik untuk mengampanyekan pakaian organik, berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti:
– Beli pakaian atau kain organik. Ini adalah cara termudah untuk menjaga minat produsen terhadap pakaian organik sehingga mereka akan terus meningkatkan produksi.
– Minta toko pakaian favorit Anda untuk menjual pakaian atau kain organik. Banyak toko yang belum menyadari akan tren baru ini. Mereka baru sadar bila ada permintaan dari konsumen.
– Menuntut produsen pakaian dan tekstil untuk mulai menggunakan kain organik. Jika merek pakaian favorit Anda belum memiliki model organik, Anda bisa menuntut mereka memproduksi pakaian dengan cara yang lebih ramah lingkungan.
– Sebarkan tren pakaian organik ke masyarakat. Cara ini adalah cara paling efektif untuk menjaga dan meningkatkan permintaan sehingga produsen akan terus memproduksi pakaian organik bahkan tidak mustahil beralih sepenuhnya untuk memproduksi pakaian organik. Tren pakaian organik adalah bukti nyata bahwa kepedulian kita terhadap lingkungan adalah semudah memakai pakaian di pagi hari.

Sumber : http://www.hijauku.com/2011/05/06/995/