Bertani Organik di Lahan Sempit Maupun Tandus

2012
05.07

Pertanian dengan menggunakan sistem pot bertingkat (vertikultur) merupakan solusi atau jawaban bagi yang berminat dalam budidaya tanaman namun memiliki ruang atau lahan sangat terbatas.

Kelebihan sistem pertanian vertikultur: (1) Efisiensi dalam penggunaan lahan. (2) Penghematan pemakaian pupuk dan pestisida. (3) Dapat dipindahkan dengan mudah karena tanaman diletakkan dalam wadah tertentu. (4) Mudah dalam hal monitoring/pemeliharaan tanaman. Namun demikian, sistem budidaya vertikultur juga memiliki kelemahan, yaitu: (1) Investasi awal cukup tinggi. (2) Sistem penyiraman harus kontinyu serta memerlukan beberapa peralatan tambahan, misalnya tangga sebagai alat bantu penyiraman, dll.

Jenis tanaman yang dapat ditanam dengan sistem ini sangat banyak, misalnya a) tanaman sayur semusim (sawi,selada, kubis, wortel, tomat, terong, cabai dan lain-lainnya), b) tanaman bunga seperti anggrek, mawar, melati, azalea, kembang sepatu, dll; dan c) tanaman obat-obatan yang sekulen (Litbang Deptan). Beberapa model vertikultur kini mulai beredar di pasaran, salah satunya .

( sistim pot bertingkat) adalah paket per 12 (lusin) pot PVC paralon panjang/ tinggi 1m, diameter mulai 4 inchi, 2 set pasang kaki plat logam dikemas dalam karton duplex. Tiap pot PVC paralon sudah diisi media tanam yang telah teruji baik ( terdiri dari campuran kompos, tanah hitam dan bulking agent pada komposisi tertentu) dilengkapi berikut benih ( sayuran semusim seledri, sereh, cabai, azalea, kembang sepatu, sawi, selada, kubis, wortel, tomat) sehingga pelanggan dapat langsung melakukan budidaya tanpa harus mencari aneka bahan dari berbagai tempat.

Tiap paket 12 buah atau 1 lusin KVS 12 dilengkapi bahan habis pakai untuk penggantian dan perawatan berupa 1 kantong kompos, pupuk NPK Gramafix formula Sayuran dan 1 botol pupuk cair Gramafert. Bagi siapapun, dengan memiliki Vertikulture Kencana KVS 12 dapat melakukan budidaya pertanian guna menghasilkan sayuran secara mandiri.

Dengan ( sistem pot bertingkat KVS 12) akan merupakan solusi atau jawaban bagi yang berminat dalam budidaya tanaman namun memiliki ruang atau lahan sangat terbatas. Kelebihan sistem pertanian Kencana Vertikultur antara lain (1) Efisiensi dalam penggunaan lahan, (2) penghematan pemakaian pupuk dan bebas dari kebutuhan pestisida, (3) dapat dipindahkan dengan mudah karena tanaman diletakkan dalam wadah tertentu, (4) mudah dalam hal monitoring serta pemeliharaan tanaman.

KVS 12 cocok ditempatkan di berbagai bagian rumah dan pekarangan, atau bagi korporasi ( pabrik, hotel, restoran, pertambangan) menyediakan tanaman hidup di halaman kantor, pabrik, area kerja, lahan bekas tambang bagi penyediaan dan pemenuhan kebutuhan pangan maupun proyek lainnya ( pemerintah, lembaga dan instansi) yang berkepentingan menambah area teduh, hijau dan lingkungan lestari. Inilah usaha bertani organik di lahan sempit maupun tandus

Sumber : http://www.organik-indonesia.info/2012/03/bertani-organik-di-lahan-sempit-maupun.html