Comments Off on Belajar Energi Hijau dari Barbados

Belajar Energi Hijau dari Barbados

2012
05.07

Barbados, negara pulau yang terletak di persempadan laut Karibia dan samudera Atlantik ini berhasil mengubah tantangan ketergantungan energi menjadi peluang ekonomi. Sebagaimana dikutip dalam situsGreen Economy milik Program Lingkungan PBB (UNEP), ketergantungan yang sangat tinggi terhadap bahan bakar fosil impor adalah salah satu masalah lingkungan terbesar di Barbados.
Pemerintah Barbados dalam Rencana Strategis Nasional 2006-2025 ingin mengubah pola ketergantungan ini dengan meningkatkan pasokan energi terbarukan dengan berfokus pada pasokan pemanas panel surya ke rumah tangga hingga 50% pada 2025. Tenaga surya saat ini menjadi energi terbarukan yang paling banyak digunakan di Barbados. Hampir separuh pemanas air yang digunakan masyarakat saat ini adalah pemanas air tenaga surya.
Pada tahun 2002, Barbados berhasil mengurangi 15.000 metrik ton emisi karbon dan menghemat dana lebih dari US$100 juta dari 35.000 pemanas air tenaga surya yang telah dipasang pada saat itu. Baru-baru ini pemerintah Barbados juga telah menciptakan beberapa skema untuk meningkatkan jumlah pemasangan pemanas air tenaga surya di rumah-rumah. Sebagai contoh, pemerintah Barbados meningkatkan alokasi dana audit energi, yang berasal dari modifikasi peraturan pajak perumahan pada 2008, sebesar US$1.000 menjadi US$5.000 setiap tahun.
Pemerintah, di bawah peraturan konservasi energi dan pengurangan pajak dari energi terbarukan, juga telah mengusulkan dana untuk membantu mengurangi biaya renovasi rumah dan pemasangan fasilitas listrik, dengan sumber energi selain bahan bakar fossil, hingga separuhnya. Upaya mengedukasi publik, termasuk dengan mendirikan Rumah Surya (Solar House) pada 2007, juga berperan penting untuk memromosikan konservasi energi dan pemakaian energi terbarukan.
Barbados juga memiliki pusat latihan kerja bernama Barbados Training Board, yang memberikan pelatihan pada masyarakat keahlian untuk menjadi teknisi pemanas panel surya. Saat ini, tiga perusahaan lokal di Barbados menguasai produksi dan pemasangan pemanas air tenaga surya di negara pulau itu dan mereka mulai berekspansi ke pulau-pulau terdekat seperti Kepulauan Trinidad and Santa Lucia.
Insentif keuangan bagi produsen pemanas panel surya, seperti pemberian kredit ringan, juga bisa lebih membantu proses diversifikasi dan pertumbuhan industri pemanas air. Inisiatif lain, seperti program efisiensi energi di industri perhotelan di Karibia bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain juga terus mencari cara-cara alternatif untuk menerapkan praktek efisiensi energi di sektor pariwisata.
Hingga 2008, sekitar 40.000 pemanas air tenaga surya telah digunakan di Barbados – dengan 75% instalasi berasal dari pemakaian rumah tangga.
Berdasarkan perkiraan, saat ini ada 91.406 unit pemanas air yang dipasang di negara pulau itu. Hal ini menunjukkan bahwa pemanas air tenaga surya telah berhasil mengambil alih pasar. Keberadaan industri panel surya di Barbados tidak hanya berhasil memromosikan penggunaan energi terbarukan, namun juga telah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sumber : http://www.hijauku.com/2011/10/10/belajar-energi-terbarukan-dari-barbados/