Belajar Energi Hijau dari Barbados

2012
05.07

Barbados, negara pulau yang terletak di persempadan laut Karibia dan samudera Atlantik ini berhasil mengubah tantangan ketergantungan energi menjadi peluang ekonomi. Sebagaimana dikutip dalam situsGreen Economy milik Program Lingkungan PBB (UNEP), ketergantungan yang sangat tinggi terhadap bahan bakar fosil impor adalah salah satu masalah lingkungan terbesar di Barbados.
Pemerintah Barbados dalam Rencana Strategis Nasional 2006-2025 ingin mengubah pola ketergantungan ini dengan meningkatkan pasokan energi terbarukan dengan berfokus pada pasokan pemanas panel surya ke rumah tangga hingga 50% pada 2025. Tenaga surya saat ini menjadi energi terbarukan yang paling banyak digunakan di Barbados. Hampir separuh pemanas air yang digunakan masyarakat saat ini adalah pemanas air tenaga surya.
Pada tahun 2002, Barbados berhasil mengurangi 15.000 metrik ton emisi karbon dan menghemat dana lebih dari US$100 juta dari 35.000 pemanas air tenaga surya yang telah dipasang pada saat itu. Baru-baru ini pemerintah Barbados juga telah menciptakan beberapa skema untuk meningkatkan jumlah pemasangan pemanas air tenaga surya di rumah-rumah. Sebagai contoh, pemerintah Barbados meningkatkan alokasi dana audit energi, yang berasal dari modifikasi peraturan pajak perumahan pada 2008, sebesar US$1.000 menjadi US$5.000 setiap tahun. Read the rest of this entry »

10 Trend Bangunan Hijau Terbaik

2012
04.18

Earth Advantage mengidentifikasi 10 tren gedung berwawasan lingkungan terbaik tahun ini.
Tren-tren baru ini, sebagaimana dilaporkan oleh Sustainable Business, adalah hasil masukan dari berbagai pihak seperti pemerintah, pengembang, arsitek, broker properti, termasuk para pemilik rumah.
Menurut Tom Breunig, Direktur Pemasaran dan Komunikasi di Earth Advantage Institute, penggunaan perabot pintar (smart appliances), analisis masa pakai bahan bangunan, serta pemanfaatan energi berbasis komunitas yang makin terjangkau oleh masyarakat termasuk di dalamnya. Read the rest of this entry »

Mewariskan Bumi untuk Generasi Mendatang

2012
04.17

Setiap manusia adalah agen perubahan. Bersama kita bisa menciptakan masa depan yang kita inginkan 20 tahun yang akan datang. Pesan ini adalah pesan utama yang ingin disampaikan kepada para pemimpin dunia dan berbagai komponen masyarakat yang akan terlibat dalam Konferensi Pembangunan Berkelanjutan atau Rio+20 yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil, pada 20-22 Juni nanti.

Dua puluh tahun setelah Rio menggelar “Earth Summit” pada 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa kembali mengorganisir forum global yang akan membahas strategi yang harus diterapkan jika dunia ingin mewariskan bumi yang layak ditinggali untuk generasi mendatang. Di tengah perang dan perebutan sumber daya alam yang saat ini masih berlangsung di sejumlah negara, dunia harus menyelesaikan dua masalah penting yaitu masalah kemiskinan dan kerusakan lingkungan guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Jumlah penduduk dunia tahun ini telah mencapai 7 miliar. Jumlah ini akan melonjak menjadi 9 miliar penduduk pada 2050. Dan seperlima penduduk dunia – 1,4 miliar jiwa – saat ini masih hidup dengan pendapatan US$1,25 (Rp11.000) setiap hari bahkan kurang. Read the rest of this entry »

10 Aksi Hijau yang Membawa Perubahan

2012
04.17

Walaupun terlihat sederhana, beberapa aksi hijau ini mampu membawa perubahan besar bagi lingkungan. Saatnya bagi Anda untuk beraksi. Read the rest of this entry »

Pertanian Organik Menghijaukan Indonesia dan Dunia

2012
04.17

Dari Indonesia hingga ke seluruh dunia, pertanian organik mulai mengisi celah produk yang sehat dan ramah lingkungan. Pertanian organik adalah pertanian yang berusaha mengurangi atau menghindari penggunaan pupuk dan pembasmi hama kimia. Sistem ini juga berupaya menggabungkan sistem pertanian dan peternakan, sehingga petani bisa mendaur ulang nutrisi – seperti memanfaatkan limbah peternakan sebagai pupuk – dan mendiversifikasi produk-produknya.

Read the rest of this entry »