IF Corner Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

27Feb/11Off

Mikroprosesor dari Cyrix Corporation

Pertama kali mikroprosesor dikenalkan pada tahun 1971 oleh Intel Corp, yaitu mikroprosesor intel 4004 yang mempunyai arsitektur 4 bit.Dengan penambahan beberapa peripheral (memori, piranti I/O, dsb) mikroprosesor 4004 di ubah menjadi komputer kecil oleh intel.

Sekitar tahun 1989 Intel meluncurkan i80486DX. Seri yang tentunya sangat populer, peningkatan seri ini terhadap seri 80386 adalah kecepatan dan dukungan FPU internal dan skema clock multiplier (seri i486DX2 dan iDX4), tanpa tambahan instruksi baru. Karena permintaan publik untuk prosesor murah, maka Intel meluncurkan seri i80486SX yang tak lain adalah prosesor i80486DX yang sirkuit FPU-nya telah disabled . Seperti yang seharusnya, seri i80486DX memiliki kompatibilitas penuh dengan set instruksi chip-chip seri sebelumnya.

AMD dan Cyrix kemudian membeli rancangan prosesor i80386 dan i80486DX untuk membuat prosesor Intel-compatible, dan mereka terbukti sangat berhasil. Inilah yang disebut proses ‘cloning’, sama seperti cerita NEC V20 dan V30. AMD dan Cyrix tidak melakukan proses perancangan vertikal (berdasarkan sebuah chip seri sebelumnya), melainkan berdasarkan rancangan chip yang sudah ada untuk membuat chip yang sekelas.

Cyrix Corporation adalah salah satu pengembang mikoprosesor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson, Texas sebagai pemasok spesialis coprocessors matematika performa tinggi untuk mikroprosesor 286 dan 386. Perusahaan ini didirikan oleh mantan anggota staf Texas Instrumen (TI) dan memiliki hubungan yang panjang namun bermasalah dengan TI sepanjang sejarah. Pendiri Cyrix yaitu Jerry Rogers agresif merekrut insinyur dan mendorong mereka, akhirnya merakit sebuah tim desain kecil namun efisien 30 orang.

Produk Cyrix pertama untuk komputer pribadi adalah x87 kompatibel FPU coprocecor . The Cyrix FasMath 83D87 dan 83S87 diperkenalkan pada tahun 1989. Para FasMath adalah coprocessor 386-kompatibel tercepat dan disediakan sampai dengan kinerja 50% lebih dari Intel 80387. Cyrix FasMath 82S87, sebuah 80.287 kompatibel chip dikembangkan dari 83D87 Cyrix dan telah tersedia sejak 1991.

Berikut ini adalah generasi prosesor yang dibuat oleh Cyric/Via.

  1. Generasi Processor Cyrix 486SLC
    Produk CPU pertama adalah 486SLC dan 486DLC yang dirilis pada tahun 1992. Cyrix dan Texas Instruments telah membuat serangkaian chip 486SLC. Chip-chip tersebut menggunakan kumpulan perintah yang sama seperti 486DX, dan bekerja secara internal 32 bit seperti DX. Tetapi secara eksternal bekerja hanya pada 16 bit (seperti 386SX). Oleh karena itu, chip-chip tersebut hanya menangani RAM 16 MB. Lagipula, hanya mempunyai cache internal 1 KB dan tidak ada mathematical co-processor. Sesungguhnya chip-chip tersebut hanya merupakan perbaikan 286/386SX. Chip-chip tersebut bukan merupakan chip-chip clone. Chip-chip tersebut mempunyai perbedaan yang mendasar dalam arsitekturnya jika dibandingkan dengan chip Intel.
    _
  2. Generasi Prosesor Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 Mhz
    Pada tahun 1996 Cyrix merilis MediaGX CPU, yang mengintegrasikan semua komponen diskrit utama dari PC, termasuk suara dan video, ke satu chip. Awalnya berbasis pada teknologi 5×86 tua dan berjalan pada 120 atau 133 MHz, kinerjanya secara luas dikritik namun harga rendah membuatnya berhasil. The MediaGX menyebabkan kemenangan besar pertama Cyrix, ketika Compaq digunakan dalam harga terendah- Presario 2100 dan komputer 2200. Hal ini menyebabkan penjualan MediaGX lebih lanjut untuk Packard Bell dan juga tampaknya memberikan legitimasi Cyrix, sebagai 6×86 penjualan ke Packard Bell dan eMachines segera diikuti.eMachines. Kemudian versi dari MediaGX berlari pada kecepatan hingga 333 MHz dan menambahkan dukungan MMX. Sebuah chip kedua ditambahkan untuk memperluas kemampuan videonya.
    _
  3. Generasi Prosesor Cyrix 6×86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
    Chip dari perusahaan Cyrix yang diperkenalkan 5 Februari 1996 ini merupakan tiruan Pentium yang murah. Chip ini kompatibel dengan Pentium, karena cocok dengan Socket 7. Cyrix memasarkan CPU-CPUnya dengan membandingkan pada frekuensi clock Intel. Cyrix 6×86 (M1). dikenal dengan unjuk kerja yang buruk pada floating pointnya. Cyrix mempunyai masalah saat menjalankan NT 4.0. Prosesor ini meneruskan tradisi Cyrix membuat pengganti untuk soket yang dirancang Intel. Prosesor 6×86 diberi nama seperti P166 yang menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada prosesor Pentium 166MHz. Bahkan prosesor 6×86, kecepatan clock jauh lebih rendah daripada Pentium. Perbedaan utama adalah bukan salah satu performa komputasi yang sebenarnya di coprocessor, tetapi kurangnya pipelining instruksi. Kemudian 6x86L adalah 6×86 direvisi yang dikonsumsi lebih sedikit daya, dan 6x86MX (M2) menambahkan MMX instruksi dan L1 cache yang lebih besar. The MII , berdasarkan desain 6x86MX, tidak lebih dari perubahan nama dimaksudkan untuk membantu chip bersaing lebih baik dengan Pentium II.
    _
  4. Generasi Prosesor Cyrix MII dengan kecepatan 180-233 Mhz
    Cyrix juga mempunyai chip dengan unjuk kerja tinggi, berada diantara generasi ke- 5 dan ke-6. Jenis pertama didudukkan melawan chip Pentium MMX dari Intel. Jenis berikutnya dapat dibandingkan dengan K6. Prosessor kelompok P6 yang powerful dari Cyrix diumumkan sebagai “M2”. Diperkenalkan pada 30 Mei 1997 namanya menjadi 6x86MX. Kemudian diberi nama MII. Chip 6x86MX ini kompatibel dengan Pnetium MMX dan dipasangkan pada motherboard Socket 7 biasa, 6x86MX mempunyai 64 KB cache L1 internal. Cyrix juga memanfaatkan teknologi yang tidak ditemukan di dalam Pentium MMX. 6X86MX secara khusus dibandingkan dengan CPU generasi ke-6 lainnya (Pentium II dan Pro dan K6) karena tidak bekerja berdasar kernel RISC. 6X86MX menjalankan perintah CISC asli seperti Pentium MMX. 6X86MX mempunyai – seperti semua prosessor dary Cyrix – masalah yang berhubungan dengan unit FPU. Tetapi, jika hanya digunakan untuk aplikasi standart, hal ini bukan masalah. Masalah akan muncul jika memainkan game 3D. 6x86MX chip yang cukup powerful. Tetapi chip-chip ini tidak punya FPU dan MMX yang berunjuk kerja baik. Chip-chip ini tidak memasukkan teknologi 3DNow!Dua jenis 6X86MX dan MII, pada 14 April 1998 versi Cyrix MII diluncurkan. Chip ini sebenarnya chip yang sama dengan 6x86MX hanya bekerja pada frekuensi clock yang lebih tinggi. Selanjutnya tegangannya dikurangi hingga 2.2 volt.
    _
  5. Generasi Prosesor Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz
    VIA C3 adalah keluarga x86 central processing unit untuk komputer pribadi yang dirancang oleh Centaur Teknologi, mantan anak perusahaan IDT dan pembuat C6 WinChip dan dijual oleh VIA Technologies. VIA membeli Centaur dari IDT pada tahun 1999. Core CPU yang berbeda dibangun mengikuti desain metodologi Centaur Teknologi. VIA awalnya direncanakan untuk mengembangkan III Cyrix sebagai penerus Cyrix MII , kode nama “Yosua”. Sementara itu tim Centaur bekerja pada pengganti untuk itu, teknologi WinChip 4 inti berdasarkan kode nama “Samuel”. Setelah penundaan banyak, proyek Yosua akhirnya dibatalkan karena kurangnya kinerja dan lebih awal dari jadwal Samuel diganti dan dirilis sebagai Cyrix III pada bulan Juni 2000. Namun, VIA menyimpan nama “Cyrix III” untuk menghindari membuang-buang uang perusahaan itu sudah dihabiskan di kampanye pemasaran. Dari sudut pandang teknis, Cyrix III tidak ada hubungannya dengan Cyrix lagi.
27Feb/11Off

Tentang Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah sebuah komponen rangkaian elektronik terpadu yang terdiri dari rangkaian aritmatik, logik dan kontrol yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi sebuah CPU (Central Processing Unit) dari sebuah komputer digital. Rangkaian elektronika terpadu tersebut dapat menerjemahkan dan menjalankan instruksi dari sebuah program serta menangani operasi aritmatik. Mikroprosesor merupakan suatu komponen digital jenis LSI(Large Scale Integration) dengan kompleksitas rangkaian sangat tinggi yang mampu melaksanakan fungsi suatu unit pemroses sentral, CPU.

Mikroprosesor secara umum terdiri dari: ALU (Arithmetic Logic Unit), Control and Timing Unit, dan Array Register (Register Larik). ALU berfungsi sebagai bagian yang melakukan operasi aritmatik dan logika dalam memproses data. Bagian ini yang melakukan operasi bagian dalam mikroprosesor. Sedangkan Register Larik berfungsi untuk menyimpan data sementara hasil proses oleh mikroprosesor. Fungsinya hampir sama dengan piranti memori mikroprosesor dengan perbedaan bahwa memori berada diluar mikroprosesor sedangkan register berada didalam mikroprosesor, memori diidentifikasi dengan alamat sedangkan register diidentifikasi oleh nama register oleh mikroprosesor. Bagian Timing & Control berfungsi sebagai pembangkit daur-waktu untuk antarmuka dengan peripheral pada bus alamat, data dan kontrol. Selain itu mengendalikan bus-bus tambahan lainnya seperti interupsi, DMA dan lain sebagainya, tergantung arsitektur mikroprosesor itu sendiri. Arsitektur mikroprosesor pada saat ini banyak ragamnya, mulai yang paling sederhana hingga yang komplek.

Sebagai contoh , 8088 dan 80X8 adalah suatu mokroprosesor. Untuk dapat bekerja, mikroprosessor membutuhkan perangkat pendukung yang dapat berupa RAM, ROM, dan I/O(Input/Output). Bila sebuah mikroprosesor dikombinasikan dengan I/O dan memori, akan dihasilkan mikrokomputer. Pada kenyataannya mengkombinasikan CPU dengan memori dan I/O dapat juga dilakukan dalam level chip yang menghasilkan single chip mikrokomputer untuk membedakannya dengan mikrokomputer.

Karakteristik Mikroprosesor

  1. Ukuran bus data internal (internal data bus size): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.
  2. Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
  3. Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh mikroprosesor secara langsung.
  4. Kecepatan clock (clock speed): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.
  5. Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya.

Perkembangan kemajuan teknik pembuatan IC mendukung perkembangan mikroprosesor. Kemajuan teknik pembuatan IC tersebut membuat kemasan IC menjadi lebih kecil dengan kemampuan yang lebih besar serta pemakaian daya yang relatif lebih kecil dibandingkan IC sebelumnya. Untuk aplikasi pengontrolan yang sederhana system mikroprosesor dikemas dalam satu keping tunggal yang lazim disebut mikrokontroler.

Sistem minimum adalah penerapan mikroprosesor pada suatu rangkaian digital, dengan komponen minimal sehingga sistem mikroprosesor dapat bekerja. Sistem minimum Intel 8031 merupakan rangkaian digital dengan konfigurasi minimal (menggunakan komponen paling sedikit), yang dapat membuat IC mikrokontroler Intel 8031 dapat digunakan sebagai sistem mikroprosesor.

Dalam sistem minimum diperlukan perangkat-perangkat seperti : mikroprosesor, unit memori, unit masukan dan keluaran, dan rangkaian pendukung lain. Seperti pada gambar di samping ini.