Cara Scan menggunakan Aplikasi Scan di Windows 8.1 Start Screen

windows 8.1 scan apps

Salah satu aplikasi yang ditambahkan pada Windows 8.1 yaitu SCAN. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berguna untuk scan document dan picture with SIMPLY!  Apa saja yang menarik di aplikasi ini? Yuk kita simak.

Aplikasi SCAN  ini support untuk hampir semua device scanner yang ada di pasaran sekarang. Kita tidak perlu lagi menginstall driver untuk device scanner kit karena aplikasi SCAN ini akan secara otomatis mendeteksi scanner yang kita sambungkan pada PC/Laptop.

scan apps on windows 8.1

Tampilan aplikasi SCAN saat pertama kali di jalankan adalah seperti gambar diatas. Untuk mengakses pengaturan scan, klik “Show more”. Nah disini kita bisa mengatur beberapa settingan, seperti :

  • Color mode: Pilih mode warna, misalnya pilih “Color” untuk item yang berwarna seperti foto atau majalah. Pilih “Grayscale” untuk membuat item kita berwarna abu-abu. Dan pilih Black and White jika kita ingin warna item kita setelah discan menjadi hitam putih.
  • Resolution (DPI): Pengaturan kedalaman resolusi (dpi). Nilai 300 baik untuk segala jenis item. Apabila kita ingin mendapatkan lebih banyak detail, kita bisa meningkatkan nilai dpi, tapi dengan konsekuensi size dari file kita akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya.
  • Save File To:  Secara default, aplikasi SCAN akan membuat folder “Scan” pada folder Picture di PC/Laptop kita untuk menyimpan hasil scan. Kita dapat mengubahnya sesuai selera kita.

Di Screenshot diatas kita bisa melihat dua pilihan tombol, yaitu Preview dan Scan. Perbedaannya adalah ketika kita klik tombol Scan, aplikasi akan langsung melakukan scanning menyeluruh pada item yang kita scan dan menyimpannya. Tetapi apabila kita klik tombol “Preview”, maka aplikasi akan melakukan scan tetapi kita dapat mengedit bagian mana yang akan discan, kita dapat menentukan area bagian mana yang akan discan seperti cropping gitu. 

Yap, Windows 8.1 Scan Apps memang sangat simpel tetapi tidak mengorbankan fitur-fitur pentingnya  😆

sumber gambar: http://media.wiley.com/Lux/40/393340.image0.jpg