Waspadai Jebakan ‘Mengintip Profil Teman’ di Facebook

malware facebook

Siapa yang sering melihat profil Anda di Facebook? Pertanyaan itu tentunya memancing rasa penasaran para pengguna jejaring sosial tersebut. Tapi awas, itu adalah jebakan.

Jika biasanya jebakan seperti itu beredar di Facebook dalam bentuk aplikasi, maka kali ini teror tersebut disebarkan dalam bentuk yang berbeda di luar sistem Facebook.

Berbagai postingan soal Profile View Tracker disebarkan pelaku di Facebook. Agar lebih meyakinkanm, pelaku pun membuat screenshot beberapa orang yang diklaim sering melihat profil pengguna.

Untuk mengelabui sang mangsa, postingan tersebut disertakan sebuah link yang diperpendek oleh soo.gd. Dan ketika diklik, link itu akan mengantarkan korbannya ke situs http://videopalac*.biz.

Di situs itulah aksi teror mulai dilakukan. Pengguna akan ditawari untuk menginstal plugin palsu Adobe Flash Player untuk browser Chrome dan Firefox, komponen ini yang dijadikan alat pelaku untuk menyebarkan postingan ‘pengintip profil’.

Dalam keterangan yang diterima detikINET dari vaksincom, Selasa (25/6/2013), plugin tersebut tergolong salah satu komponen yang berbahaya dan harus segera dihapus. Sebab korban yang sudah kadung menggunakannya bakal secara otomatis ikut menyebarkan teror ‘pengintip profil’ di Facebook.

sumber: detik.com