Iklan Yang Tidak Etis

Posted: 4th March 2013 by Faidul Mannan in Uncategorized
Comments Off on Iklan Yang Tidak Etis

NAMA                       : FAIDUL MANNAN

NIM                            : 105020207111073

MATA KULIAH      : MARKETING COMMUNICATION

JURUSAN                 : MANAJEMEN

FAKULTAS              : EKONOMI DAN BISNIS

 

KLINIK TONG FANG : Contoh Iklan Tidak Beretika

 

Salah satu contoh iklan yang tidak beretika yang pernah muncul di telvisi adalah iklan produk TCM (Traditional Chinesse  Medicine) yaitu Klinik Tong Fang. Ramainya iklan klinik tong fang beberapa saat ini menjadi bahan lelucon di beberapa sosial media, bahkan dalam group bbm (Blackberry Messenger) teman-teman saya menjadi berlomba lomba menulis kelucuan iklan klinik tong fang yang sebenarnya bukti sinisme masyarakat untuk Stop Iklan Tong Fang.

Iklan tersebut berisi tentang testimoni para pasien yang mengaku pernah berobat di tempat tersebut. Jika diamati, iklan tersebut terlalu berlebihan bahkan seolah membandingkan pengobatan tradisional lebih hebat daripada pengobatan secara medis yang dilakukan oleh rumah sakit dimanapun.

Selain itu, para pemeran dalam iklan tersebut juga menyatakan bahwa biaya di tempat tersebut sangat murah. Padahal dalam Etika Pariwara hal tersebut tidak diperbolehkan.Iklan ini tidak beretika dikarenakan pernyataan yang diungkapkan oleh penderita kelihatan berbohong. Coba kita bayangkan saja, tidak mungkin penyakit sejenis diabetes, sinusitis, dan lain-lain sembuh dalam waktu yang cepat. Padahal penyakit tersebut sangat susah untuk disembuhkan total.

Iklan tersebut secara tidak langsung telah membodohi masyarakat dengan pernyataan – pernyataan dari orang yang mengaku pernah berobat ke tempat tersebut dan hasilnya penyakit merekapun sembuh total.

Oleh karena itu, jika memang produk / jasa tersebut masih menginginkan melakukan promosi melalui media televise, ada baiknya member contoh yang lebih nyata dan tidak mengada-ada akan khasiatnya. Hal ini tentunya akan lebih terlihat menarik daripada iklan sebelumnya.

Berikut adalah video dari Klinik Tong Fang:

[youtube]http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=RiDcPfsdGM8[/youtube]