TUGAS PERILAKU KONSUMEN TIPE KEPRIBADIAN DAN ANALISIS IKLAN

Posted: 17th October 2012 by Faidul Mannan in Uncategorized

NAMA          : FAIDUL MANNAN
NIM              : 105020207111073

TIPE – TIPE KEPRIBADIAN

Masing-masing manusia memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang berkarakter lembut,ramah, periang, dan ada pula yangberbanding terbalik dengan karakter itu seperti berkarakter keras kepala,pemalu dan lain sebagainya. Ada banyak tipe kepribadian, sepertidiungkapkan oleh parah ahli, diantaranya adalah Hiprocates dan Gelanus,C.G. Jung, Gerart Heymans, dan Eduard Spranger. Masing masing ahli inimemandang dan memberikan pendapat tentang tipe kepribadian dari sudutpandang yang berbeda.

  1. 1.      Tipe-Tipe Kepribadian Menurut Hiprocates dan Gelanus

Hiprocates dan Gelanus membagi tipe-tipe kepribadian menjadiempat bagian, yaitu :

  1. a.      Sanguinis

Tipe kepribadian sanguinis ditandai dengan sifat hangat,lincah, bersemangat, meluap-luap, dan pribadi yang menyenangkan.Pengaruh/kejadian luar dengan gampang masuk ke pikiran danperasaan yang meledak-ledak. Orang sanguinis sangat ramah kepadaorang lain, sehingga dia biasanya dianggap seorang yang sangateksrovert.

  1. b.      Koleris

Tipe kepribadian koleris tampil hangat, serba cepat, aktif, pasif, berkemauan keras, dan sangat independen. Dia cenderung tegasdan berpendirian keras, dengan gampang dapat membuat keputusanbagi dirinya dan bagi orang lain. dia tidak butuh digerakan dari luar,malah mempengaruhi lingkungannya dengan gagasan-gagasannya,rencana, tujuan, dan ambisinya yang tak pernah surut.

  1. c.       Melankolis

Tipe kepribadian melankolis adalah suka berkorban, analisis,betipe perfektionis dengan sifat emosi yang sangat sensitif. Tidak seorang pun yang dapat menikmati keindahan karya seni melebihiseorang melankolis. Apabila sedang bergembira maka sifatnya lebihekstrovert. Namun, apabila sedang murung, maka ia bisa menjadiseorang yang begitu antagonis.

  1. d.      Phlegmatis

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian phlegmatis adalah seorang yang hidupnya tenang, gampangan, tak pernah merasa terganggu sehingga dia hampir tak pernah marah. Dia adalah seorang dengan tipe yang mudah bergaul , dan paling menyenangkan diantar semua temperamen. Baginya hidup adalah suatu kegembiraan, dan kadang menjauh dari hal-hal yang tidak menyenangkan. Dia begitu tenang dan agak diam, sehingga tak pernah kelihatan terhasut,bagaimanapun keadaan sekitarnya.

 

  1. 2.      Tipe – Tipe Kepribadian Menurut C.G. Jung

C.G Jung membagi kepribadian ke dalam dua tipe, yaitu :

  1. a.         Ekstrovert

Orang yang memiliki Kepribadian Ekstrovert adalah orangyang perhatiannya diarahkan ke luar dari dirinya. Ciri ciri atau sifat yang dimiliki oleh orang ekstrovert adalah ia lancar dalam berbicara,mudah bergaul, tidak malau mudah menyesuaikan diri, ramah dan suka berteman.

  1. b.        Introvert

Orang yang memiliki kepribadiannya Introvert merupakan kebalikan dari kepribadian ekstrovert. Perhatiannya lebih mengarahpada dirinya. Sifat yang dimiliki oleh orang yang berkpribasian seperti ini adalah cendrung diliputi kekhawatiran, mudah malu dan canggung, lebih senang bekerja sendiri, sulit menyesuiakan diri dan jiwanya agak tertutup.

 

  1. 3.      Tipe-Tipe Kepribadian Menurut Gerart Haymens

Gerart Haymens menggolongkan kepribadian ke dalam tujuh tipeyaitu :

  1. a.       Gapasioneerden

Ciri orang yang memiliki kepribadian seperti ini akan terlihat sifat antara lain selalu bersikap keras, ambisius, egois, dan emosional.Selain itu sifat yang terlihat dari orang yang mempunyai kepribadian ini antara lain memiliki rasa kekeluargaan yang baik, dan suka menolong yang lemah.

  1. b.      Cholerici

Sifat yang terlihat dari orang yang memiliki kepribadian seperti ini antara lain orangnya agresif, giat bekerja, pemberani, optimistis,dan suka pada hal hal yang bersifat nyata. Selain itu ciri lainnya adalahbahwa orang ini mempunyai sifat boros dan suka bertindak ceroboh.

  1. c.       Sentimentil

Ciri – cirinya adalah emosional, pintar berbicara, senang dengan kehidupan alam, dan tidak suka keramaian.

 

 

  1. d.      Nerveuzen

Sifat yang terlihat dari kepribadian semacam ini adalah mudahnaik darah, suka memprotes, tidak mau berfikir panjang, dan tidak pendendam.

  1. e.      Flegmaciti

Sifat yang terlihat pada orang yang memiliki kepribadian iniadalah antara lain selalu bersikap tenang dan sabar, tekun bekerja,memiliki pemikiran yang luas, rajin dan cekatan.

  1. f.        Sanguinici

Orang yang memiliki kepribadian sanginici memiliki sifatseperti anak-anak. Sifat yang terlihat antara lain sukar atau plinlandalam mengambil keputusan, ragu ragu dalam bertindak dan sukamenyendiri.

  1. g.       Amorfem

Sifat yang terlihat dari tipe kepribadian ini adalah intelektualnyakurang, picik, tidak praktis, tidak punya jati diri dan terombangambing.

 

  1. 4.      Tipe – Tipe Kepribadian Menurut Eduard Spranger

Eduard menggolongkan tipe – tipe kepribadian seseorangberdasarkan sikap manusia yang hidup di dalam masyarakat. Tipe – tipe kepribadian tersebut antara lain :

  1. a.       Manusia Politik

Seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini cendrungmempunyai sifat ingin menguasai orang lain, dan setiap langkanyaselalu berbau hal politik.

  1. b.      Manusia Ekonomi

Orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini segalasesuatunya dipertimbangkan dengan hitung-hitungan bisnis. Kalaukita ingin mengetahui orang orang bertipe kepribaidan ekonomi kita bisa melihat pada ras china yang hidup di negara kita ini. Kebanyakanpara etnik china ini selalu mencari hal hal baik dan berpotensi bisnis.

  1. c.       Manusia Sosial

Orang yang memiliki kepribadian ini biasanya mudah dan sukabergaul (supel), suka menolong, dan rela berkorban untuk orang lain.

  1. d.      Manusia Seni

Orang yang memiliki kepribadian seni adalah orang yang jiwanya dipengaruhi oleh nilai-nilai keindahan. Untuk melihat orangyang memiliki kepribadian seni bagi kita tidak sulit. Kita bisa melihatpara musisi, penyanyi, pelukis dan lain sebagainya, atau kita bisamelihat orang orang yang dalam kesehariannya menghabiskanwaktunya untuk keindahan.

  1. e.      Manusia Agama

Orang yang memiliki kepribadian agama, yang terpenting bagimereka adalah menghambakan diri dan menghabiskan hidupnya demiTuhan Yang Maha Kuasa. Orang yang memiliki kepribadian sepertiini antara lain para ulama, pastur, pendeta dan pemuka atau tokohtokoh agama lainnya.

  1. f.        Manusia Teori

Ciri-ciri dari orang yang memili kepribadian teori antara lain iaadalah seorang pemikir, suka membaca, dan mengabdi pada ilmu.

 

ANALISIS IKLAN

IKLAN IM3

Bisa Dilihat di : YouTube Preview Image

Iklan IM3 ini ditujukan bagi pemirsa yang memiliki kepribadian sanguinis karena tipe sanguinis ini adalah tipe kepribadian yang periang, selalulu optimis, bersemangat, hangat, lincah, dll. Dimana dalam iklan tersebut pemirsa akan dibuat untuk memunculkan kepribadian sanguinis.

 

 

 

ARTIKEL JURNAL YANG MENYATAKAN PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

 

JURNAL 1

JUDUL :

CUSTOMER SATISFACTION PENGARUHNYA TERHADAP BRAND PREFERENCE DAN REPURCHASE INTENTION PRIVATE BRAND

RINGKASAN :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer kepuasan terhadap preferensi merek untuk produk merek pribadi, untuk mengetahui pengaruh preferensi merek pada niat pembelian kembali untuk produk merek pribadi, dan menguji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali pribadi merek produk. Hasil dari penelitian ini untuk kepuasan pelanggan memiliki dampak positif pada preferensi merek dengan merek swasta di Matahari Dept Store Surabaya. Ini menunjukkan kepada kita jika memberikan kepuasan yang lebih baik juga memberikan dampak yang baik pada merek preferensi. Preferensi merek memberikan dampak positif terhadap niat pembelian kembali untuk merek pribadi produk di Matahari Dept Store Surabaya. Hal ini juga menunjukkan kepada kita bahwa baik preferensi merek untuk konsumen, membuat niat pembelian kembali yang lebih baik. Kepuasan pelanggan memberikan dampak positif terhadap niat pembelian kembali secara pribadi Merek Matahari Dept Store Surabaya. Hal ini juga menunjukkan kepada kita bahwa pelanggan yang lebih baik.

KESIMPULAN :

Berdasarkan dari hasil analisis dan pembahasan maka simpulan yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :

  1. Customer satisfaction berpengaruh positif terhadap  brand preference pada  produk merek privat pada Matahari Dept. Store Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kepuasan yang dialami konsumen, maka preferensi mereknya juga semakin baik.
  2. Brand preference berpengaruh positif terhadap  repurchase intention produk merek privat pada Matahari Dept. Store Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik preferensi merek pada konsumen, maka niat beli ulang konsumen juga semakin baik.
  3. Customer satisfaction berpengaruh positif terhadap repurchase intention pada produk Matahari Dept. Store Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kepuasan yang dialami konsumen, maka niat beli ulang konsumen juga semakin baik.

JURNAL 2

JUDUL :

DAMPAK RESPON EMOSI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN ONLINE DENGAN SUMBERDAYA YANG DIKELUAKAN DAN ORIENTASI BELANJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI.

RINGKASAN :

Penelitian bertujuan untuk menguji dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online. Respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif ditimbulkan karena stimulus dari iklan online. Format media iklan online diformat dalam bentuk audio-visual, animasi gambar, dan teks gambar.  Tujuan utama dari penelitian ini, lebih difokuskan pada format media online, namun digunakan media offline brosur sebagai pembanding stimulus media. Penelitian diformat dalam rancangan percobaan faktorial dengan menggunakan format media online dan offline sebagai faktor. Untuk menguji dampak tidak langsung respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif, digunakan sumberdaya yang dikeluarkan dan orientasi belanja konsumen sebagai mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh stimulus antara format media offline dengan media online terhadap respon  emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Ditemukan bahwa stimulus dari format media online memberikan dampak respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif yang lebih kuat. Dalam kelompok format media online ditemukan juga bahwa bentuk format audio-visual dan teks gambar mempunyai stimulus yang tidak berbeda secara statistik dan lebih kuat dibandingkan format animasi gambar. Hasil temuan lainya. menunjukan bahwa respon emosi mempunyai dampak positip secara langsung terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Selain itu sumberdaya yang dikeluarkan dapat merupakan mediasi positip antara respon emosi dengan orientasi belanja rekreasi, dan negatip untuk orientasi belanja kenyamanan. Orientasi belanja kenyamanan merupakan mediasi positip antara sumberdaya yang dikeluarkan dengan kecenderungan perilaku pembelian impulsif, sedangkan orientasi belanja rekreasi merupakan mediasi negatip.

KESIMPULAN :

Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat perbedaan pengaruh stimulus antara bentuk format media iklan  online dengan model format  offline terhadap respon emosi dan kecenderungan pembelian impulsif, walaupun demikian terdapat pengaruh stimulus yang lebih kuat dinampakan oleh bentuk format media iklan online.
  2. Walaupun  online mempunyai pengaruh kuat secara total terhadap respon emosi maupun kecenderungan perilaku pembelian impulsif, namun media yang mempunyai pengaruh paling besar terletak pada media audio-visual dan teks-gambar. Menunjukan bahwa konsumen memerlukan informasi yang lebih lengkap, baik melalui teks, gambar, maupun berita secara audio tentang produk yang diingini.
  3. Orientasi belanja kenyamanan maupun rekreasi mempunyai peranan sebagai mediasi antara respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif, sehingga seseorang dalam berperilaku sebagai pembeli  online, tidak hanya dipengaruhi oleh respon emosi secara yang ditimbulkan secara langsung, namun juga terdapat proses kognitif melalui orientasi belanja yang dimilikinya.
  4. Sumberdaya yang dikeluarkan (resources expenditure) tidak mempunyai peranan sebagai intervening antara respon emosi dengan orientasi belanja rekreasi dalam model online.

 

JURNAL 3

JUDUL :

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN DUA POSNEL (GSM DAN CDMA)

 

 

RINGKASAN :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan faktor budaya analisis, faktor sosial, faktor pribadi,dan faktor psikologi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan dua handphone (GSM dan CDMA). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor mempengaruhi perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, faktor, faktor pribadi, dan faktor psikologi yang bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan dua handphone (GSM dan CDMA). Hasil ini juga menunjukkan bahwa variabel budaya faktor faktor variabel dan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan dua handphone (GSM dan CDMA), sedangkan personal Faktor variabel dan variabel faktor psikologi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pemakaian dua handphone (GSM dan CDMA).

KESIMPULAN :

Bedasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Uji signifikan simultan (uji F) membuktikan variabel celebrity endorser yang terdiri faktor daya tarik (attractiveness) dan kredibilitas (credibility) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha Mio pada Mio Automatic Club (MAC) Medan. (F hit > F tab => 16,176 > 2,29) Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,48.Hal ini berarti bahwa sebesar 48% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
  2. Uji signifikan partial (uji t) menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser yang paling mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada Mio Automatic Club (MAC) Medan adalah Variabel Kredibilitas (Credibility). Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien regresi 0,24 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 atau perhitungan korelasi yang dilakukan secara partial menunjukkan keeratan hubungan yang positif X1 terhadap Y = 0,610 dan X2 (Kredibilitas) terhadap Y = 0,643

 

 

JURNAL 4

JUDUL :

ANALISIS PENGARUH DEAD ENDORSER TERHADAP BRAND PERSONALITY PADA IKLAN KOMPAS DI TELEVISI

RINGKASAN :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: (a) simultan efek keahlian, kepercayaan, dan daya tarik pada kepribadian merek, (b) parsial pengaruh keahlian, kepercayaan, dan daya tarik pada merek kepribadian, (c) adalah kepercayaan variabel dominan yang berpengaruh terhadap merek kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, keahlian, kepercayaan, dan tarik pada kepribadian merek. Hasil penelitian juga indicat bahwa secara parsial, keahlian, kepercayaan, dan daya tarik pada kepribadian merek variabel yang dominan berpengaruh terhadap Kepribadian merek.

KESIMPULAN :

Secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri variable expertise, trustwothiness, attractiveness berpengaruh signifikasi terhadap  Brand Personality. Hal ini berlaku baik bagi Chairil Anwar, Soe Hoek Gie, Harry Roesli. Variable kepercayaan memiliki pengaruh dominan kepribadian pada sosok Chairil Anwar, dan Harry Roesli. Sedangakan Soe Hoek Gie pada variable daya tarik.

 

JURNAL 5

JUDUL :

ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

KONSUMEN

RINGKASAN :

Penelitian ini didasarkan pada fenomena munculnya baru merek khusus untuk kategori produk minuman isotonik. Masalah penelitian adalah “Bagaimana untuk mempengaruhi keputusan pembelian ekuitas merek minuman isotonik Merek Fatigon Hydro “.? Penelitian ini secara khusus meneliti unsur-unsur merek ekuitas yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari empat unsur ekuitas merek terhadap keputusan pembelian merek Fatigon Hydro isotonik minuman. Setelah melakukan kajian literatur dan menyiapkan hipotesis, saat ini Penulis mengumpulkan data dengan memberikan kuesioner kepada 100 isotonik Fatigon Hydro minum pelanggan di Kabupaten Banyumas, khususnya di Purwokerto, dengan sengaja Teknik pengambilan sampel yang terlibat. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif metode analisis. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa empat independen Variabel yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas yang dipersepsikan, dan Loyalitas Merek adalah layak untuk menguji Keputusan Membeli variabel dependen.

KESIMPULAN:

Berdasarkan pada hasil pembahasan mengenai shopping lifestyle,  fashion involvement terhadap impulse buying behavior, dapat disimpulkan beberapa hal yaitu:

  1. Shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying behavior pada masyarakat  high income di Galaxy Mall Surabaya
  2. Fashion involvement  berpengaruh signifikan terhadap  impulse buying behavior pada masyarakat high income di Galaxy Mall Surabaya
  3. Shopping lifestyle memiliki pengaruh yang paling dominan diantara variabel lain yang ada terhadap impulse buying behavior pada masyarakat  high income di Galaxy Mall Surabaya.

 

SUMBER :

  1. http://id.scribd.com/doc/98152898/Tipe-Tipe-Kepribadian
  2. http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/rebis/article/view/42/32
  3. http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16571/16563
  4. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/232/170
  5. http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18388/18212

 

 

 

 

 

CAPTCHA Image
*