Nama                  : Faidul Mannan
NIM                    :105020207111073
Kelas                  : BB
Mata Kuliah    : Perilaku Konsumen

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Apa yang saya harapkan terhadap Mata Kuliah Perilaku Konsumen ?

Perilaku Konsumen merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa khususnya mahsiswa yang mengambil Konsentrasi Pemasaran. Dan saya tertarik untuk mempelajari mata kuliah ini karena dalam mata kuliah ini menjelaskan bahwa bagaimana suatu proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang – barang ataupun jasa.

Dalam Ilmu Ekonomi yang dimaksud dengan kegiatan konsumen adalah seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa. Pengertian lain tentang konsumen adalah orang atau sesuatu yang membutuhkan, menggunakan dan memanfaatkan barang atau jasa. Konsumen biasanya memiliki kebiasaan dan tingkah laku yang berbeda – beda. Di desa berbeda dengan kebiasaan yang ada di kota, tergantung pada jumlah pendapatan mereka. Maka konsumsi seseorang itu tergantung pada pendapatan, pendidikan, kebiasaan dan kebutuhan. Menurut para ahli Perilaku Konsumen dapat didefinisikan sebagai berikut :

  • Menurut James F Engel, Perilaku konsumen didefinisikan tindakan – tindakan individu secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang – barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8).
  • Menurut David L Loundon, Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang di libatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang – barang atau jasa (1984:6).
  • Menurut Gerald Zaltman, Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)

Dari beberapa Definisi tersebut di atas maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa Perilaku Konsumen adalah ilmu atau studi tentang tindakan – tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, ataupun organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang – barang ataupun jasa yang dapat di pengaruhi lingkungan. Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan nyata konsumen yang dipengaruhi faktor – faktor kejiwaan dan faktor luar lainnya yang mengarahkan mereka untuk memilih dan mempergunakan barang dan jasa yang diinginkannya. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keyakinan konsumen terhadap produk yang bersangkutan, keyakinan terhadap referensi serta pengalaman masa lalu konsumen. Berkaitan dengan keinginan konsumen untuk membeli dikenal istilah minat beli. Minat beli merupakan bagian dari proses menuju kearah tindakan pembelian yang dilakukan seorang konsumen.

Harapan saya dalam mempelajari Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini adalah :

  1. Dalam hal ini, saya berharap bisa menambah wasawasan atau pengetahuan terhadap kepentingan dalam penyusunan strategi pemasaran dan bauran pemasaran berdasarkan sikap atau perilaku dari para konsumen.
  2. Dan juga saya berharap bisa mengatasi masalah – masalah yang sering terjadi di dalam menghadapi konsumen.
  3. Dengan memahami Perilaku Konsumen membantu saya untuk dapat memahami dan mengenali dengan tepat kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan selera sehingga dapat terwujudnya kepuasan pelanggan.
  4. Perilaku Konsumen juga dapat membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
  5. Dalam pasar yang semakin intensif tingkat persaingannya, tuntutan konsumen yang semakin tinggi dan sangat ingin diperlakukan secara khusus, pemahaman akan konsumen begitu tinggi. Untuk itu sangatlah dibutuhkan pengetahuan tentang perilaku konsumen demi memuaskan konsumen dan memenangkan persaingan.

Pada intinya, Dalam memahami, mengikuti serta mempelajari Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini, saya dapat menambah atau meningkatkan wawasan serta pengetahuan saya tentang memahami apa dan bagaimana kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan apa yang mereka inginkan sehingga dapat terwujudnya kepuasan konsumen. Dan juga saya berharap bisa menyerap serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang saya dapat dalam Mata Kuliah Perilaku Konsumen, sehingga saya bisa menjadi seorang manajer yang baik, serta handal. Dan juga ilmu Perilaku Konsumen yang saya dapat semoga bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Daftar Pustaka :

  1. http://www.tugaskuliah.info/2010/01/makalah-perilaku-konsumen-dalam-ilmu.html
  2. http://rizkyhaerunisa08.student.ipb.ac.id/2011/08/21/23/