NAMA : FAIDUL MANNAN
NIM : 105020207111073
MATA KULIAH : MARKETING COMMUNICATION
JURUSAN : MANAJEMEN
FAKULTAS : EKONOMI DAN BISNIS
METODE BUDGET MARKETING COMMUNICATION
NO |
METODE |
KELEBIHAN |
KEKURANGAN |
||
1 | Affordable ( terjangkau )
Menetapkan anggaran promosipada level yang dianggap manajemen mampu dikeluarkan perusahaan
|
Hanya mengeluarkan sedikit dana, dari sisa dana operasional dan investasi | Mengabaikan dampak promosi pada penjualan.
Hanya mengandalkan pemasangan iklan.
|
||
2 | Percentage of sales
Menetapkan anggaran promosi pada persentase tertentu dari penjualan sekarang atau yang diperkirakan/ menetapkan anggran promosi sebagai sebuah persentase dari harga jual per unit
|
– Mudah digunakan
– Membantu manajemen memikirkan hubungan antara pengeluaran promosi, harga jual dan laba per unit
|
– Memandang penjualan sebagai sebab dari promosi dan bukannya sebagai hasil.
– Metode ini hanya didasarkan pada ketersediaan dana, bukannya pada peluang yang ada
|
||
3 | Competitive parity
Menetapkan anggran promosi untuk menandingi anggran para pesaing
|
– Membelanjakan sebesar belanja promosi pada pesaing sehingga membantu mencegah perang promosi.
– Responsif terhdap kondisi pesaing
|
– Tidak selamanya valid, karena tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama.
– Kebutuhan promosi perusahaan kita belum tentu sama dengan kebutuhuan pesaing.
|
||
4 |
Objective and task |
– Membantu perusahaan secara focus menuju tujuan promosi perusahaan.
– Menentukan tugas dan biaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan promosi
|
Perusahaan sering sulit menentukan tugas apa yang dapat mencapai tujuan promosi. |
CONTOH BIAYA :
TELEVISI
Televisi memang menjadi media promosi yang bagus di era jaman sekarang ini, Mengiklan di tv juga sangat cepat dan bisa di lihat oleh jutaan orang per sekali tayangnya. Namun perlu di catat harga tarif pertayang dan menurut jam tayangnya harganya mahal dan berbeda-beda. Kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang Harga Iklan Di Televisi . Pasti anda sudah bertanya-tanya seberapa mahal sih pasang iklan di televisi itu? Nah berikut adalah daftar dan kategori Harga Iklan Di Televisi.
- Karakteristik Stasiun Televisi
Stasiun televisi yang menyiarkan khusus berita, Olahraga, Musik, atau film akan lebih menguntungkan advertiser, karena mereka bisa memilih stasiun tv yang sesuai dengan market. Untuk stasiun yang ber-rating tinggi, maka mematok biaya iklan tv cukup besar, sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah per 15 hingga 30 detik penayangan. Beda lagi tarif untuk tv lokal, biaya iklan tv hanya berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per spot atau sekali tayang dengan durasi sekitar 30 detik.
- Rating Program Acara
Semakin tinggi sebuah rating acara, maka semakin mahal biaya yang dibandrol untuk iklan tv, contohnya acara Termehek-mehek di Trans TV mematok harga iklan Rp 5,5 juta per slot durasi 30 detik
- Jenis Penyiaran Acara
Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung, harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda.
- Jam Penayangan
Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan tv yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai penonton. Seputar Indonesia Pagi RCTI mematok Rp 8 juta, untuk Petang Rp 16 juta, sementara malam hanya Rp 5 juta.
- Peletakan Iklan
Letak antara iklan dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program acara berlangsung akan dianggap sebagai posisi pasang iklan yang paling strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang di antara iklan lain. Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti chanel siaran ketika iklan berlangsung.
Apabila dikalkulasikan, maka rata-rata tarif iklan tv terbagi dalam dua jenis, tarif murah berkisar 50 ribu hingga 350 ribu rupiah per spot (durasi 15-30 detik) dan tarif mahal berkisar 6 juta hingga 16 juta rupiah per spot (durasi 15-30 detik).
KORAN
Media Cetak |
Tarif Perbaris |
Min Baris |
Max Baris |
Karakter/Brs |
Berita Kota |
Rp.13.200 |
3 baris |
10 baris |
35 krktr |
Bisnis Indonesia |
Rp.20.900 |
3 baris |
10 baris |
38 krktr |
Harian Indonesia |
Rp.16.500 |
3 baris |
10 baris |
19 krktr |
Harian Terbit |
Rp.8.800 |
3 baris |
10 baris |
35 krktr |
Indopos |
Rp.16.500 |
2 baris |
10 baris |
35 krkt |
Jakarta Post |
Rp.38.500 |
3 baris |
7 baris |
35 krktr |
Kompas Nusantara |
Rp.60.500 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Kompas Batavia |
Rp.49.500 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Kompas Backgrd Warna Batavia |
Rp.78.100 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Kompas Backgrd Warna Nusantara |
Rp.86.900 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Kompas Mini Biru Batavia |
Rp.67.100 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Kompas Mini Biru Nusantara |
Rp.75.900 |
3 baris |
12 baris |
27 krktr |
Koran Tempo |
Rp.30.250 |
3 baris |
10 baris |
33 krktr |
Kontan |
Rp.13.200 |
3 baris |
8 baris |
30 krktr |
Lampu Hijau |
Rp.16.500 |
3 baris |
10 baris |
38 krktr |
Media Indonesia |
Rp.25.575 |
3 baris |
10 baris |
36 krktr |
Poskota |
Rp.12.000 |
4 baris |
10 baris |
34 krktr |
Poskota Khusus Mobil |
Rp.14.000 |
4 baris |
10 baris |
34 krktr |
Poskota Khusus Motor |
Rp. 13.000 |
4 baris |
10 baris |
34 krktr |
Poskota No. Cantik |
Rp.15.400 |
4 baris |
10 baris |
39 krktr |
Poskota Mini Kotak |
Rp.88.000 |
– |
– |
125 krktr |
Pikiran Rakyat Sabtu |
Rp.33.000 |
3 Brs |
7 Brs |
26 Krktr |
Pikiran Rakyat Hari Biasa |
Rp.24.750 |
3 Brs |
7 Brs |
26 Krktr |
Pikiran Rakyat Warna Sabtu |
Rp.38.500 |
3 Brs |
7 Brs |
26 Krktrr |
Pikiran Rakyat Warna Hari Biasa |
Rp.30.250 |
3 Brs |
7 Brs |
26 Krktrr |
Rakyat Merdeka |
Rp.19.800 |
3 baris |
5 baris |
40 krktr |
Republika |
Rp.22.000 |
3 baris |
8 baris |
30 krktr |
Seputar Indonesia Nusantara |
Rp.42.900 |
3 baris |
10 baris |
37 krktr |
Seputar Indonesia Batavia |
Rp.36.300 |
3 baris |
10 baris |
37 krktr |
Suara Pembaruan |
Rp.28.050 |
3 baris |
10 baris |
39 krktr |
Wartakota |
Rp.18.000 |
3 baris |
10 baris |
39 krktr |
SUMBER :
http://kamerabaru.blogspot.com/2012/09/harga-iklan-di-televisi-tv.html