RSS
 

Tugas Internet Sehat

04 Dec

Pengertian internet sehat

Internet Sehat merupakan program yang berangkat dari kepedulian komunitas TI terhadap citra Internet di mata masyarakat. Dimana di dalamnya tidak terkandung nilai-nilai citra negatif yang mengandung dampak buruk bagi orang yang mengkonsumsinya, melainkan memberikan manfaat yang dapat berarti dalam sebuah kehidupan baik dalam masyarakat ataupun pribadi.

 Faktor pendukung terciptanya internet sehat

Dengan pemahaman yang cukup tentang Internet serta didukung kedewasaan kita dalam memilih maupun memilah hal yang baik dan buruk, maka kita akan memaksimalkan dampak positif Internet serta sekaligus meminimalkan dampak negatifnya.Pastinya, semua pihak memiliki andil dalam membantu, menyediakan atau menyelenggarakan Internet yang aman dan nyaman bagi anak, remaja atau siswa didik :
• Orang tua harus tetap mendampingi anaknya ketika mereka bereksplorasi dengan Internet di rumah
• Guru harus senantiasa membimbing siswa didiknya agar dapat menggunakan Internet dengan baik dan benar saat di sekolah
• Komunitas, termasuk pengelola warung Internet (warnet), pelaksana program ekstra-kurikuler, lembaga pelatihan dan sebagainya harus bahu-membahu dalam mengedukasi masyarakat tentang berinternet yang sehat.
• Anak, remaja maupun siswa didik diharapkan dapat belajar bertanggung-jawab atas perilaku mereka sendiri, termasuk ketika menggunakan Internet, tentunya dengan bimbingan dan arahan dari orang-tua, guru dan komunitas.

Penangkal materi negatif dalam internet

Perilaku kita ber-Internet berkaitan langsung dengan sedikit-banyaknya materi negatif yang mengancam kita. Semakin kita waspada dan tidak ceroboh ketika menggunakan Internet, maka akan makin kecil kemungkinan kita, anak, remaja atau anak didik kita terpapar berbagai materi negatif dari Internet. Salah satu langkah antisipasi untuk menangkal materi negatif tersebut adalah dengan menginstal software pengaman di komputer kita. Yang harus diingat adalah, berbagai macam software yang tersedia tidaklah menggantikan peran orang-tua, guru ataupun komunitas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan anak, remaja atau anak didik kita selama ber-Internet.

software pengaman tersebut terdiri atas :

  1.  Software Anti-Spyware, Software ini secara khusus akan berfungsi mendeteksi dan mencegah program jahat seperti sypware dan adware yang gemar menyedot data-data rahasia / privasi kita secara diam-diam.
  2. Software Browser Anak, Software browser adalah yang menjadi perantara utama antara Internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar atau teks yang tak layak diterima anak. Browser anak juga didisain untuk menarik dan mudah digunakan oleh anak.
  3. Software Anti-Virus, Software ini untuk mencegah agar program jahat perusak data semisal virus, worm dan trojan horse bercokol dan berkembang-biak di komputer kita,.
  4. Software Parental (Filter, Monitor dan Penjadwalan), Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membukan dan atau melihat berbagai gambar yang tak layak (pornografi, sadisme, dan sebagainya) yang terdapat di situs Internet.

jadi kesimpulan internet adalah media sumber pengetahuan yang tidak ternilai dan menyediakan kekayaan informasi untuk mendukung kegiatan setiap orang. sebagai perangkat fasilitator yang efektif dan efisien, internet adalah fasilitas wajib untuk peningkatan perangkat kualitas seseorang.

 
Comments Off on Tugas Internet Sehat

Posted in Uncategorized

 

Undang -Undang ITE

18 Sep

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Internet & Transaksi Elektronik (ITE) Undang-undang ini, yang telah disahkan dan diundangkan pada tanggal 28 November 2016,UU ITE ini diharapkan dapat menjadi sebuah undang-undang cyber atau cyberlaw guna menjerat pelaku-pelaku cybercrime yang tidak bertanggungjawab dan menjadi sebuah payung hukum bagi masyarakat pengguna teknologi informasi guna mencapai sebuah kepastian hukum.

          Apa itu Informasi eletronik ?

undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (disingkat UU ITE) atau Undang-undang nomor 11 tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum. UU ini memiliki yurisdiksi yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia.

          Hal -Hal yang Diatur :

  1. Tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan konvensional (tinta basah dan bermaterai). Sesuai dengan e-ASEAN Framework Guidelines (pengakuan tanda tangan digital lintas batas).
  2. Alat bukti elektronik diakui seperti alat bukti lainnya yang diatur dalam KUHP.
  3. UU ITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia yang memiliki akibat hukum di Indonesia.
  4. Pengaturan Nama domain dan Hak Kekayaan Intelektual.

Larangan -Larangan yang tertulis  di UU ITE

  1. Pasal 27 (Asusila, Perjudian, Penghinaan, Pemerasan).
  2. Pasal 28 (Berita Bohong dan Menyesatkan, Berita Kebencian dan Permusuhan).
  3. Pasal 29 (Ancaman Kekerasan dan Menakut-nakuti).
  4. Pasal 30 (Akses Komputer Pihak Lain Tanpa Izin, Cracking).
  5. Pasal 31 (Penyadapan, Perubahan, Penghilangan Informasi).
  6. Pasal 32 (Pemindahan, Perusakan dan Membuka Informasi Rahasia).
  7. Pasal 33 (Virus?, Membuat Sistem Tidak Bekerja (DOS?)).
  8. Pasal 35 (Menjadikan Seolah Dokumen Otentik (phising?)).

1. Jangan membuat, membagikan atau memberikan akses konten bermuatan kesusilaan.                                                   2. Jangan sembarangan mengancam, memeras dan mencemarkan nama baik seseorang.                                                     3. Jangan sembarang menyadap .                                                                                                                                                         4. muatan perjudian .                                                                                                                                                                               5. pencemaran nama baik.                                                                                                                                                                     6. Berita Hoax                                                                                                                                                                                           7. Ujaran Kebencian.

Hukuman Yang Diterima

  1.  pidana 6 tahun / denda 1 milyar
  2. pidana 4 tahun / denda 1 miliar
  3. Eletronik akan ditransmisikan
  4. pidana 6 tahun / denda 1 miliar
  5. pidana 4 tahun / denda 750 juta
  6. pidana 6 tahun / denda 1 miliar
  7. pidana 6 tahun / denda  1 miliar
 
Comments Off on Undang -Undang ITE

Posted in Uncategorized

 

yeah website baru

11 Sep

alhamdulillah punya website  baru 🙂

 
Comments Off on yeah website baru

Posted in Uncategorized

 

Hello world!

11 Sep

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!