SISTEM INFORMASI MANAJEMENT PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI SMKN 4 MALANG

Sistem informasi manajemen adalah suatu system informasi manajemen yang menghasilkan output dengan masukan input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen. Sistem informasi manajemen akan berjalan lancar apabila didukung dengan teknologi canggih dan sumber daya yang berkualitas. Didalam dunia pendidikan juga perlu adanya fasilitas teknologi, karna dengan adanya teknologi para siswa lebih mudah dalam mencari informasi pembelajaran serta mempermudah mengakses belajar.

SMKN 4 MALANG adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada dimalang yang beralamat di Jalan. Tanimbar 22 Malang. Di sekolah ini ada 6 jurusan, yaitu Produksi Grafika, Persiapan Grafika, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, dan TKJ.

System informasi yang digunakan di SMKN 4 MALANG sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dari pada sebelumnya. Di sekolah ini menggunakan system entry nilai, dalam system ini guru tidak menggunakan form tetapi langsung memasukkan data nilai ke web sekolah yang berisikan nilai harian dan nilai prakerin online. Ujian siswa juga sudah menggunakan Via In-Line, ujian ini dilaksanakan dengan barang elektronik dan dapat masuk kedalam server sekolah langsung. Dan nilai siswa otomatis akan masuk ke dalam aplikasi nilai di bagian UAS, guru hanya memasukan nilai UTS dan lain-lain sehingga otomatis akan muncul nilai rata-rata siswa. Ujian sekolah bisa dilakukan menggunakan handphone. Selanjutnya teknologi BNI Patrol,  BNI Patrol ini dilakukan pada saat pembayaran SPP dengan cara mengakses melalui smartphone dengan mengetahui aplikasi “BNI Patrol” dalam aplikasi tersebut terdapat jumlah besarnya SPP yang akan dibayar dan dapat dipantau langsung oleh wali murid. Teknologi disekolah ini juga dilengkapi dengan hotspot, berfungsi membuat user agar bisa tersambung di jaringan komputer, untuk menikmati fasilitas hotspot para siswa bisa log in menggunakan nomer induk dan password. Para siswa juga menggunakan teknologi jual online (MAUGRAFIKA.COM) untuk dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia. Dengan menggunakan system informasi ini mempermudah pihak sekolah, siswa-siswi, serta wali murid untuk mengakses berbagai informasi yang berkaitan di sekolah tersebut.

Di sekolah SMKN 4 MALANG juga menggunakan teknologi server, yaitu sebuah system komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan system operasi khusus yang disebut dengan system operasi jaringan. Server load balancing adalah sebuah proses dan teknologi yang mendistribusikan trafik pada beberapa server dengan menggunakan perangkat networking kemudian perangkat tersebut menerima sebuah trafik kemudian diarahkan ke beberapa server lain.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sora. 2016. “Pengertian informasi manajemen dan manfaatnya umum”.

http://www.pengertianku.net/2016/09/pengertian-sistem-informasi-manajemen-dan-manfaatnya.html. Diakses 31 Mei 2018

Doe. John. 2017. “Pentingnya teknologi untuk pendidikan”.

http://stiaprima.ac.id/syscontent/read_more_article/c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c. Diakses 31 Mei 2018

Efendi. Ilham. 2016. “Apa yang dimaksud dengan server”. https://www.it-jurnal.com/apa-yang-

di-maksud-dengan-server. Diakses 31 Mei 2018

Charter. Denny. 2008 .”pengenalan server load balancing”.

https://dennycharter.wordpress.com/2008/07/25/pengenalan-server-load-balancing. Diakses 31 Mei 2018