PERBEDAAN ARTIKEL ILMIAH DAN ARTIKEL POPULER

MEREVIEW ARTIKEL ILMIAH DAN ARTIKEL POPULER

Analisis Perbandingan Artikel Ilmah dan Artikel Populer

 

1. Perbedaan

a)     Judul

  • Artikel Ilmiah

Judul artikel ilmiah berisi bahasa baku sesuai (EYD) Ejaan yang Disempurnakan serta cukup menarik minat orang untuk membaca isi tulisan namun bahasa dan tulisan tetap formal.

ü  Bukti tulisan: Analisis Bibliometrika terhadap Artikel Penelitian Penyakit Malaria di Indonesia Tahun 1970-April 2004 Menggunakan Database Online PubMed

  • Artikel Populer

Judul artikel populer menggunakan bahasa menarik dan tidak dibatasi pada bahasa baku atau bisa menggunakan bahasa yang non-formal yang dapat menarik hati pembaca.

ü  Bukti tulisan : Permainan Video Game yang Bisa Bantu Diagnosis Malaria

b)    Teknik penulisan

  • Artikel Ilmiah

Teknik Penulisan ilmiah, memiliki teknik penulisan yang baku dan sesuai dengan kaidah kebahasaan yaitu EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Ada beberapa teknik penulisan yang umum digunakan, salah satunya yaitu: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Pembahasan, dan Kesimpulan. Teknik penulisan ilmiah disesuaikan dengan masalah dari materi yang akan dibahas dan sesuai dengan teori dari teknik penulisan pembahasan suatu penelitian.

ü  Bukti tulisan : Dalam artikel ilmiah ini terdapat teknik penulisan yang diawali dengan abstrak, latar belakang, kajian literatur, kesimpulan dan saran serta kepustakaan seperti catatan pustaka dan daftar pustaka.

  • Artikel Populer

Pada tulisan populer, teknik penulisan yang digunakan yaitu bebas, runtut, singkat dan jelas. Tulisan populer tidak mengacu pada suatu teknik penulisan tertentu, dan biasanya berisi informasi yang menarik pada waktu tersebut.

ü  Bukti tulisan : Dalam artikel populer bagian teknik penulisan ini, berupa beberapa paragraf yang berisi tentang Permainan Video Game yang Bisa Bantu Diagnosis Malaria. Pada artikel popular juga tidak disertai bab ataupun subbab tertentu.

c)     Bahasa penulisan

  • Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa penulisan ilmiah yang baik dan juga benar yaitu Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

ü  Bukti tulisan : Penelitian tentang penyakit malaria terus dilakukan untk menemukan konsep dan metode dalam upaya pencegahan dan pengobatan.

  • Artikel Populer

Artikel populer biasanya menggunakan bahasa umum yang ada di masyarakat, bahasa yang digunakan sehari-hari dan bahasa yang tidak terlalu terikat dengan kaidah penulisan seperti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

ü  Bukti tulisan : Para pemain video game akan segera bergabung dalam baris pertahanan dalam menangulangi malaria.

d)    Tujuan penulisan

  • Artikel Ilmiah

Tulisan ilmiah ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah di universitas, untuk menyelesaikan laporan praktikum, maupun untuk melakukan suatu penelitian secara mendalam terhadap objek yang diteliti. Selain itu, tujuan menulis artikel ilmiah juga untuk memublikasikan pemikiran penulis ke khalayak akademik yang lebih luas melalui media jurnal yang sesuai dengan disiplin ilmu, baik lingkup nasional maupun antar bangsa.

ü  Bukti tulisan : Tujuan analisis bibliometrika ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil penelitian malaria di Indonesia yang diterbitkan pada jurnal internasional tahun 1970 sampai April 2004, mengetahui jurnal inti untuk artikel malaria dengan menggunakan hokum Bradford, dan tingkat kolaborasi penelitian penyakit malaria.

 

  • Artikel Populer

Sementara artikel populer ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi tertentu kepada masyarakat umum, memberikan pemikiran berdasarkan informasi atau wawasan penulisnya dan sebagai bahan wacana tentang topik tertentu bagi pembacanya.

ü  Bukti tulisan : Ilmuwan telah menciptakan sebuah game online yang bisa membantu mendiagnosis infeksi malaria. Para peneliti mengembangkan permainan video game internet ini untuk mengenali pola berdasarkan pencitraan sel darah asli. Harapannya, permainan online ini dapat mempersingkat waktu yang dihabiskan untuk membedakan sel-sel darah merah yang terinfeksi dengan yang sehat.

e)     Validitas

  • Artikel Ilmiah

Validitas merupakan suatu nilai dari sebuah tulisan apakah dapat dipercaya, benar, dan tepat sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah ada. Pada tulisan ilmiah, validitasnya sangat penting, karena kualitas dari sebuah tulisan ilmiah, salah satu tolak ukurnya yaitu validitas.

ü  Bukti tulisan : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap hasil penelitian artikel malaria di Indonesia pada database online PubMed (http://www.ncbi.nlm.nih.gov). Data yang digunakan adalah haisl penelitian malaria di Indonesia dari tahun 1970 sampai April 2004. Data digunakan untuk mengetahui jurnal inti (core journal) dan tingkat kolaborasi peneliti penyakit malaria dengan pendekatan analisis binliometrika.

  • Artikel Populer

Sementara pada tulisan populer, validitas suatu karya tidak terlalu dipersoalkan, karena sifatnya bebas namun tetap harus bisa dipertanggungjawabkan.

ü  Bukti tulisan : Dengan variasi tingkat ketepatan sebesar 1,25% dibandingkan dengan profesional kesehatan, video game yang disebut crowdsourcing ini dapat dijadikan sebagai cara pengobatan malaria yang lebih baik.

f)      Pembahasan dan analisis

  • Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah diuraikan secara singkat, rinci, logis, sistematis, padat,  komprehensif, dan jelas dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), sehingga pembahasan dan analisisnya dapat dipahami oleh masyarakat intelektual maupun masyarakat umum.

ü  Bukti tulisan : Untuk pengujiaan tingkat kolaborasi peneliti ditentukan sampel sebesar 148 (60,66%) dari 244 artikel yang ditemukan. Pemilihan sampel dilakukan dengan memilih nomor record genap sejumlah 122 artikel melalui program Winlsis dan 26 artikel selebihnya dipilih nomor ganjil dengan penambahan 4 dan 6, misalnya record 1, 5 11, 15, 21 dan seterusnya. Kemudian setiap record yang dijadikan sampel dihitung satu per satu untuk mengetahui jumlah pengarang tunggal dan pengarang yang berkolaborasi. Rumus yang digunakan untuk menentukan tingkat kolaborasi peneti digunakan metode Subramanyam (1983).

  • Artikel Populer

Sedangkan pada artikel populer pembahasan dan analisis tidak perlu terlalu mendalam dan rinci, namun logika serta sistematika pemikiran harus tetap diperhatikan, agar pembaca dapat menangkap pesan sesuai dengan yang ingin penulis sampaikan.

ü  Bukti tulisan : “Idenya adalah, jika secara hati-hati menggabungkan keputusan banyak orang, bahkan yang bukan pakar, maka forum akan menjadi sangat kompetitif. Respon 1 orang mungkin baik, tetapi jika menggabungkan 20 sampai 50 orang atau para pakar dan para pemain video game bersama-sama, tingkat ketepatan akan sangat meningkat,” kata Aydogan Ozcan, profesor teknik elektro dan bioteknologi seperti dilansir Computer World, Senin (7/5/2012).

g)     Sistematika isi

  • Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah selayaknya ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan sehingga memuat informasi dan fakta empirik yang akurat, mutakhir dan komprehensif dengan metodologi yang jelas.

ü  Bukti tulisan : Bibliometrika yang mengkaji distribusi publikasi merupakan kajian kuantitatif terhadap literatur, hal ini ditandai dengan munculnya tiga dalil Lotkah untuk menghitung distribusi produktivitas berbagai pengarang, dalil Zipf untuk memberi peringkat kata data dan frekuensi dalam literature dan hokum Bradford untuk menentukan core journal suatu subjek tertentu.

  • Artikel Populer

Sedangkan pada artikel populer, materinya tidak harus berdasarkan pada fakta- fakta empirik (penelitian), tetapi bisa juga dari hasil pengamatan (observasi) ataupun perenungan penulis.

ü  Bukti tulisan : Permainan ini diciptakan oleh para peneliti di Henry Samueli School of Engineering and the Applied Science UCLA dan David Geffen School of Medicine. Saat ini crowdsourcing masih berfokus pada diagnosis malaria. Namun bisa juga diubah untuk berbagai keperluan biomedis dan lingkungan. Permainan ini dapat dimainkan siapa saja di seluruh dunia lewat berbagai perangkat komputer, mulai dari ponsel hingga komputer pribadi.

h)    Struktur artikel ilmiah dan populer dari segi penyampaian

  • Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah berisi tentang suatu masalah yang penyampaiannya disertakan bukti dan opini yang mendukung, kemudian diakhiri dengan ringkasan dan kesimpulan. Pembuatan artikel ilmiah harus memperhatikan langkah-langkah pembuatan artikel ilmiah yang baik dan benar, tidak hanya sekedar menyampaikan pendapat tetapi harus memperhatikan kaidah yang berlaku.

ü  Bukti Tulisan : Penghitungan dilakukan dengan bantuan indeks berdasarkan judul jurnal dari program Winlsis. Selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan hukum Bradford yaitu perbandingan jumlah jurnal yang memuat artikel pada setiap daerah (zone) lebih kurang sama, dengan rumus: 1: n : n2 : n3

  • Artikel Populer

Artikel populer disajikan dengan struktur penyampaian yang relatif sederhana, sehingga dapat dimengerti oleh semua lapisan masyarakat, tulisan popular ditulis secara ringan dan tidak rumit serta bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang digunakan cenderung bebas seperti tulisan di majalah. Pada artikel populer, lebih banyak menyajikan gagasan, komentar atau ulasan terhadap suatu permasalahan.

ü  Bukti Tulisan : Di negara berkembang, proses menganalisis sampel darah cukup memakan waktu. Apalagi ketika jumlah dokter sedikit, diagnosis akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Memiliki banyak gamer untuk menyelesaikan masalah ini tidak hanya mempercepat proses diagnosis, tetapi juga meningkatkan ketepatan hasil analisis.

 

2. Persamaan

a) Memberikan informasi

Persamaan dari artikel ilmiah dan populer secara umum yaitu membuat suatu tulisan menjadi bisa dipahami oleh pembaca serta sebagai sarana informasi tentang apa yang disampaikan penulis melalui karya yang dibuatnya, entah untuk menyelesaikan tugas akhir ataupun untuk sekedar memuat pendapat penulis sehingga bisa dibaca oleh khalayak umum.

ü  Bukti tulisan artikel ilmiah: Temuan tersebut dapat mengidentifikasikan bahwa penelitian penyakit malaria di Indonesia menjadi faktor utama meningkatnya penelitian terhadap penyakit malaria di Indonesia.

ü  Bukti tulisan artikel populer : Memahami peran bahwa protein berperan penting dalam perkembangan penyakit dapat membantu para ilmuwan memecahkan kode penyakit berbahaya. Pengubahan protein ini bahkan bisa mengarah pada penciptaan protein baru untuk keperluan penelitian obat.

b) Tema

Dalam tugas ini, dibahas tema yang sama yaitu masalah kesehatan tentang Diabetes Melitus, yang keduanya berisi tentang informasi untuk menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi pembaca.

ü  Bukti tulisan tema artikel ilmiah : Analisis Bibliometrika terhadap Artikel Penelitian Penyakit Malaria di Indonesia Tahun 1970-April 2004 Menggunakan Database Online PubMed

ü  Bukti tulisan tema artikel populer : Permainan Video Game yang Bisa Bantu Diagnosis Malaria

c) Fakta yang Obyektif

Keterangan yang disajikan pada artikel ilmiah dan artikel populer sama- sama mengacu pada fakta yang obyektif atau fakta yang sebenarnya.

ü  Bukti tulisan artikel ilmiah : Tingkat kolaborasi peneliti penyakit malaria di Indonesia tahun 1970 sampai April 2004 dihitung menggunakan metode Subramanyam, hasilnya dapat dilihat pada jurnal Tabel-7.

ü  Bukti tulisan artikel populer : University of California Los Angeles sebenarnya bukan yang pertama kalinya mengembangkan permainan ini. Universitas Washington juga telah mengembangkan permainan online yang disebut Foldit, di mana para pemainnya bersaing melipat-lipat dan mengubah struktur protein dalam konfigurasi berbagai yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>