RSS Feed

Rangkuman, diskusi, dan Isu-isu Manajemen bab 8 dan bab 9

2 January 2013 by Ernisa Ika

Rangkuman Bab 8

  • Manajeman strategi

Manajeman stragtegi adalah Apa yang dilakukan para manajer untuk menggembangkan strategi organisasis.Strategi adalah rencana tentang bagaimana organisasi akan melakukan apa pun yang harus dilakukan dalam bisnis, bagaimana organisasi tersebut akan menang bersaing, dan bagaimana organisasi akan menarik serta memuaskan para pelanggannya untuk mencapai tujuannya.Model bisnis adalah bagaimana perusahaan menghasilkan uang. Manajeman startegik dianggap penting karena tiga alasan. Pertama, hal itu membedakan seberapa baik kinerja organisasi. Kedua, hal itu penting untuk membantu manajer menghadapi situasi yang terus berubah.Terakhir, manajeman strategic membantuk mengoordinasikan dan memfokuskan upaya karyawan pada apa yang penting.

  • Proses Manajeman Strategik

Enam langkah dalam proses manajeman strategic :

  1. Inditenfikasi misi, tujuan, dan strategi saat ini
  2. Pelaksanaan analisis eksternal
  3. Pelaksanaan analisis internal
  4. Pemformulasian strategi
  5. Pengimplimentasian strategi
  6. Pengevaluasian stragtegi

Langkah 2 dan 3 secara kolektif dikenal sebagai analisis AWOT.Kekuatan adala semua aktivitas yang dilakukan dengan baik oleh organisasi atau sumber daya unik yang dimilikinya. Kelemahan adalah aktivitas yang tidak dapat dijalankan dengan baik oleh organisasi atau seumber daya yang diperlukannya tetapi tidak dimiliki.Peluang adalah tren positif dilingkungan eksternal. Ancama adalah tren negative.

  • Strategi Korporat

Dengan strategi pertumbuhan, organisasi memperluas jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan, baik melalui bisnis yang sudah ada saat ini atau bisnis baru. Jenis strategi pertumbuhan meliputi konsentrasi, integrasi vertical (backward and forwad), integrasi horizontal, dan diversivikasi (yang berhubungan dan tidak berhubungan). Dengan strategi stabilitas, organisasi tidak melakukan perubahan yang signifikan dalam apa yang dilakukannya.Kedua strategi  pembaharuan –penggurangan biaya dan pemutarbalikan—memperlihatkan kelemahan organisasi yang menyebabkan penurunan kinerja. Dengan menggunakan matriks BGC sebagai cara untuk menganalisis portofolio bisnis perusahaan dengan melihat pangsa pasar perusaahan dan tingkat pertumbuhan industri yang diantisipasi. Empat kategori matriks BGC adalah sapi perah, binatang, tanda Tanya dan anjing.

  • Startegi Kompetitif

ü  Menggambarkan peran keunggulan kompetitif

ü  Menjelaskan lima model kekuatan Porter

ü  Menggambarkan tiga strategi kompetitif Porter

Keunggulan kompetitif organisasi adalah apa yang membedakan organisasi, keunggulan uniknya. Keunggulan kompetitif perusahaan merupakan dasar untuk memilih bisnis yang tepat atau strategi kompetitif. Lima model kekuatan Porter menilai lima kekuatan kompetitif yang mendekte peraturan persaingan dalam waktu industry; ancaman pendatang baru; ancaman produk pengganti, daya tawar pembeli, daya tawar pemasok  dan rivalitas saat ini. Tiga strategi kompetitif Porter adalah kemimpinan biaya (bersaing atas dasar memiliki biaya terendah dalam industry), diferensiasi ( bersaingan atas dasar memiliki produk yang unik yang dimiliki secara luas oleh pelanggan), dan focus (bersaing dalam segmen yang sempit, baik dengan keunggulan biaya maupun keunggulan diferensiasi).

  • Masalah Manajeman Strategik Saat Ini

Fleksibilitas Strategik—yaitu kapabilitas untuk menyadari perubahan lingkungan eksternal yang utama, berkomitmen pada sumber daya secara cepat, dan menyadari ketika keputusan strategic itu tidak berhasil—merupakan hal yang penting karena manajer sering menghadapi lingkungan yang sangat tidak pasti.Manajer dapat menggunakan strategi e-business untuk mengurangi biaya, mendeferensiasikan produk dan jasa perusahaannya, atau membidik (berfokus pada) kelompokpelanggan khusus atau menurunkan biaya dengan menstandardisasi fungsi kantor tertentu. Strategi e-business yang penting lainnya adalah startegi click and bricks, yang menggabungkan lokasi online dan toko tradisional. Manajer strategi dapat mengambil strategi  yang lebih berorentasi pada pelanggan , termasuk memberikan apa yang mereka inginkan , berkomunikasi secara efektif pada pelanggan, dan menerapkan budaya yang menekankan layanan pelanggan. Manajer strategi dapat menerapkan strategi yang lebih inovatif, termasuk memutuskan penekanan inovasi organisasinya ( riset ilmiah dasar, penggembangan produk, atau penggembangan  proses) dan menetapan waktu inovasinya ( penggerak pertama atau pengikut).

 

Isu-Isu Manajeman Bab 8

1)      Keunggulannya yaitu Manajer mampu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari sebuah organisasi tersebut dan manajer telah siap untuk memformulasikan strategi yang tepat, yaitu strategi penggalian kekuatan organisasi dan peluang eksternal.

a)      – Perusahaan berukuran besar cocok menggunakan strategi kompetitif karena memberikan keunggulan kompetitif pada perusahaan dan mempunyai banyak alternative ketika mengambil keputusan strategis.

-Perusahaan berukuran kecil cocok menggunakan strategi korporasi dengan keunggulan dapat menspesifikasikan bisnis apa yang di geluti dan apa yang dilakukan perusahaan.

-Perusahaan nirlaba cocok untuk menggunakan strategi pertumbuhan mempunyai keunggulan yaitu digunakan sebuah organisasi yang ingin mengembangkan jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan.

-Perusahaan global cocok menggunakan strategi inovasi karena mempunyai keunggulan yaitu mencerminkan filosofi inovasi organisasi dan pengendalian terhadap sumber daya yang langka dan membuat pesaing tidak dapat mengaksesnya.

2)      Setuju, bagi organisasi nirlaba melaksanakan apa itu konsep keunggulan kempetitif sama pentingnya dengan organisasi yang bertujuan mencari laba. Karena dengan konsep keunggulan kompetitif, organisasi nirlaba akan dapat menunjukkan lebih baik dari organisasi nirlaba lain. Sebagai contoh, sebuah lembaga pendidikan yang melakukan perbaikan mutu pengajaran dan meningkatkan sarana agar dapat menghasilkan lulusan murid dengan nilai dan karakter yang bagus sehingga dapat meningkatkan kualitas dari lembaga pendidikan itu sendiri, karena dengan berhasilnya usaha tersebut, akan menjadi daya tarik bagi donatur-donatur untuk memberikan sedikit kucuran dana dan dari dana tersebut dapat digunakan untuk biaya operasional atau merenovasi fasilitas lain agar lebih baik lagi.

3)      Perkembangan etika dalam analisis atas lingkungan internal dan eksternal organisasi harus dimasukkan karena etika dalam organisasi memunculkan hubungan antara organisasi dengan pihak eksternal dan internal. Hubungan Organisasi dengan karyawaannya adalah untuk menghasilkan standart prilaku tertentu yang dianggap etis.

4)      Internet dapat membantu manajer dengan cara menjual barang-barang secara online. Misalnya, ‘Dell’ melopori model bisnis yang baru untuk menjual komposisi secara langsung kepada konsumen melalui internet. Jadi, ‘Dell’ bisa menghasilkan uang dengan cara tersebut. Ketika manajer berfikir mengenai strategi, mereka harus berfikir mengenai viabilitas ekonomis dari model bisnis perusahaannya.

5)      –     Misi ‘PepsiCo’ adalah menjadi perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia yang berfokus pada makanan dan minuman siap saji  . ‘PepsiCo’ mengejar misinya dengan strategi korporasi yang menempatkan pada bisnis yang berbeda.

-          Misi ‘Facebook’ adalah utilitas social yang menghubungkan anda dengan orang lain.

-          Misi ‘National Heart Foundation of Australia’ adalah mengurangi penderita dan kematian akibat penyakit jantung, stroke dan pembuluh darah di Australia

-          Misi ‘Nutrisifood’ adalah berusaha untuk menjadi pioneer dan memimpin dalam member solusi kepada pelanggannya untuk meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh arti, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang.

-          Misi ‘CocaCola’ adalah memberi kesegaran kepada pelanggan dan konsumen dengan rasa bangga dan semangat sepanjang hari, setiap hari,

 

 

Pertanyaan Diskusi Bab 8

  1. Strategi pertumbuhan yang digunakan oleh ‘Live Nation’ adalh menggunakan peluang dengan baik dan jeli terhadap selera pasar serta kemampuan ‘Live Nation’ dalam menghubungkan jutaan orang yang menghadiri pertunjukkan setiap tahun dan tetap penjaga kontak informasi penggemar untuk menawarkan produk.
  2. Semua aktivitas yang dilakukan dengan baik oleh ‘Live Nation dengan sumber daya unik yang dimiliknya.Serta dengan analisis SWOT, Mike Rapino dapat melihat peluang pasar sertapesaing yang ada.
  3. Kunci strategi pertumbuhan live nation adalah kemampuan menghubungkan jutaan orang yang menghadiri pertunjukan setiap tahun. Strategi yang digunakan oleh live nation  juga adalah membuat sebuah database yang berisi informasi kontak penggemar yang dapat memberikan cara yang efisien yang menawarkan produk dan jasa tambahan yang berhubungan dengan musik. Tujuan live nation yang dapat kita ketahui adalah merevolusi industri musik, baik di panggung maupun secara online dengan strateginya yaitu menghubungkan artis dengan para penggemarnya. Live nation juga menawari artis-artis untuk operasi satu atap dan akan menangani semua kebutuhan musik mereka. Strategi yang digunakan oleh live nation tampaknya membantu live nation dalam mencapai tujuannya. Terlihat saat live nation berkerjasama dengan Jay-Z, Madonna, dan Nickelback yang turut ikut bergabung dengan manajemennya.
  4. Menurut saya, Rapino ingin mengembangkan strategi organisasi karna strategi itu diperlukan untuk memahami kemana arah perusahaan live nation dan bagaimana hal ini akan tercapai, dan untuk mengetahui pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada para pelanggan dan kompetitor. Strategi yang digunakan oleh Rapino adalah strategi yang mengarah ke revolusi industri musik. Rapino ingin menangani semua kebutuhan bintang musik yang selama ini sedang dikejarnya yang dianggap sebagai aset terpenting bagi label rekamannya. Karena Rapino tidak puas dengan hanya mendominasi bisnis konser saja. Namun, rapino ingin terus memfokuskan dirinya pada aset musik langsung. Langkah yang ingin diambil oleh Rapino adalah menjual produk para bintang musik, menjalankan websitenya, dan memproduksi video serta sejumlah produk yang bahkan belum pernah terpikirkan.

 

Rangkuman Bab 9

Secara tradisional,spesialisasi kerja dipandang sebagai cara untuk membagi  kegiatan kerja ke dalam tugas-tugas terpisah.Sudut pandang sekarang memandang spesialisasi kerja sebagai  mekanisme organisasi yang penting,teteapi hal ini bisa mengakibatkan berbagai masalah.Rantai komando dan penyertanya-wewenang,tamggung jawab dan kesatuan komando dipandang sebagai cara cara yang penting dalam menjaga kendali organisasi.Sudut pandang sekarang menganggap bahwa hal hal tersebut  ki ni kurang relevan lagi di dalam organisasi.Sudut pandang tradisional tentang  rentang kendali menyatakan bahwa manajer seharusnya mengawasi secara langsung maksimal lima atau enam bawahan.Sudut pandang kontemporer menganggap bahwa rentang kendali tergantung pada kemampuan dan keahlian manajer dan pekerja serta situasi yang dihadapi.

Beragam bentuk departementalisasi antara lain adalah kelompok fungsional berdasarkan fungsi-fungsi yang dikerjakan,kelompok produk berdasarkan lini produksi,kelompok geografis berdasarkan wilayah geografis,kelompok proses berdasarkan aliran produk atau konsumen dan kelompok konsumen berdasarkan kelompok konsumen yang khas dan spesifik.

Wewenang merujuk pada hak mutlak pada posisi manajerial untuk memerintahkan kepada orang-orang apa yang harus mereka lakukuan dan mengarapkan mereka melakukannya.Tanggung jawab merupakan obligasi atau ekspetuasi untuk melakukan tugas tugas yang diemban.Kesatuan komando menyatakan bahwa seseorang pekerja hendaknya melapor kepada satu orang manajer saja.

Sentralisasi-desentralisasi merupakan keputusan struktural tentang siapa yang membuat keputusan,manajer level atas atau pekerja level bawah.Formalisasi terkait dengan seberapa jauh yang diterapkan organisasi untuk masalah standarisasi dan aturan ketat agar memberikan konsistensi dan pengendalian.

Organisasi mekanistik merupakan struktur yang kaku dan sangat ketat terkontrol.Organisasi organik sangat adaptif dan fleksibel.Struktur organisasi hendaknya mendukung strateginya.Jika strateginya berubah,strukturnya juga sebaiknya berubah.Ukuran organisasi bisa mempengaruhi strukturnya hingga titik tertentu.

Tiga tantangan dessain organisasi yang kini dihadapi para manajer adalah mengupayakan agar para pekerja tetap terhubung,membangun organisasi pembelajar dan menangani permasalahan struktur global.

 

Isu-isu manajemen Bab 9

 

  1. Struktur organisasi dapat berubah dengan cepat. Struktur suatu organisasi hendaknya mendukung strateginya. Jika strateginya berubah, strukturnya juga berubah. Struktur organisasi umumnya bersifat fleksibel sesuai dengan perkembangan organisasi tersebut. Namun, struktur organisasi tidak harus berubah dengan cepat. Struktur organisasi bisa berubah jika dirasa perlu dan sudah saatnya berubah untuk menyempurnakan dan mengembangkan struktur yang sudah ada sebelumnya.
    1. Organisasi mekanik. Ciri-ciri organisasi mekanik antara lain spesialisasi tinggi dan sentralisasi. Suatu organisasi akan mencapai hasil maksimal apabila anggotanya menjalankan tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing dan mendapat perintah dari satu sumber saja untuk menghindari kebingungan atas beberapa perintah yang berbeda
    2. Seorang manajer yag memiliki keahlian dalam meminute waktu, mengambil keputusan yang benar,berani mengambil resiko serta bertanggung jawab..
    3. setuju, karena organisasi tenpa batas adalah dimana desain suatu organisasi tidak didefinisaikan atau dibatasi,pada batas batas horizontal,vertikal,eksternal yang diterapkan oleh struktur yang diharapkan oleh struktur yang dibuat sebelumnya.Sehingga dapat berpotensi untuk melakukan pergeseran dalam tata cara seseorang dalam bekerja.
    4. Ya, karena di setiap perusahaan sangat diperlukan pengorganisasian untuk membagi tugas tugas atau membuat hirarki wewenang yang formal.Dengan adanya teknmologi informasi yang canggih ,tentu sangat membantu seseorang manajer serta karyawannya dalam memecahkan masalah.
    5. Ya,karena menurut saya upaya menyederhanakan tugas tugas kerja itu tidak akan memaksimalkan produksi dari perusahaan tersebut,sehingga SDM dari karyawan tidak tersalurkan dengan maksimal yang mengakibatkan dampak-dampak negatif bagi perusahaan dan karyawannya.

 

Pertanyaan Diskusi Bab 9

 

  1. D.Phizer mencoba memecahkan masalah dengan cara memanfaatkan masalah itu sendiri.
  2. Hal ini memiliki keunggulan pengenalan biaya dari spesialisasi(skala ekonomis,duplikasi minimal dari personel dan peralatan), para pekerja dikelompokkan kedalam pembagian tugas yang sejenis.
  3. Tidak,karena setiap perusahaan memiliki konsep bagaimana cara bekerja sendiri-sendiri sehingga apabila konsep ini diterapkan ke perusahaan/organisasi lain hanya akan membuat organisasi tersebut mengalami kemunduran karena harus beradaptasi dan membiasakan hal-hal baru.
  4. Struktur organisasi sejatinya merupakan kumpulan susunan tiugas secara formal jadi dalam hal ini apabila efisiensi dan efektivitas suatu perusahaan ingin ditingkatkan maka struktur organisasilah yang harus dirubah karena disana berisi apa apa saja aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut untuk mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas yang maksimal.

 


1 Comment »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>