(UAS LTI) Zodiak dalam Ilmu Psikologi

Astrologi dalam Pandangan Ilmu Psikologi

Oleh

Erlia May Noorlayla

(205120307111058)

 

Beberapa dari kalian masih ada yang suka baca-baca astrologi atau zodiak kalian masing-masing ga sih? Nah, kali ini aku mau coba bahas nih fakta dan mitos astrologi dalam pandangan ilmu psikologi.

Pada dasar nya Astrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pergerakan benda-benda langit seperti Matahari, Bulan, dan Bintang. Para ahli Astrologi percaya bahwa posisi benda-benda langit ini mempengaruhi kehidupan manusia dan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Tentu saja ramalan-ramalan ini tidak lah memiliki dasar ilmu ilmiah, tapi ramalan ini hanya lah berdasarkan dari legenda.

Mitos yang sering dipercayai oleh sebagian orang dalam Ilmu Astrologi ini adalah bahwa Ilmu Astrologi atau yang sering kita kenal juga dengan Zodiak dapat menentukan sifat dari seseorang.

Namun, fakta nya adalah sampai saat ini belum ada ilmuan yang bisa membuktikan secara ilmiah bahwa ramalan zodiac dapat berpengaruh pada sifat atau kepribadian seseorang.

Dalam Psikologi sendiri, kasus-kasus seperti Astrologi, Weton, Palmistry, dan Numerology ini tergolong sebagai Ilmu Semu atau yang biasa disebut juga dengan Pseudosains.

Pseudosains ini sendiri adalah sebuah pengetahuan atau metodologi atau keyakinan semu yang di klaim sebagai ilmu ilmiah, namun ilmu ini masih belum dapat memenuhi persyaratan dari metode ilmiah yang dapat diuji kebenaran nya.

Jadi, hasil dari ramalan-ramalan yang anda rasa tepat dalam menggambarkan sifat diri anda itu sendiri hanyalah manipulasi psikologis terhadap diri anda. Sifat dan kepribadian seseorang juga tidak bisa selalu ditentukan oleh rasi bintang belaka, karna secara biologis, sifat dan kepribadian seseorang dipengaruhi oleh Gen dan juga Lingkungan dan rasi bintang tidak memiliki kaitan apapun dengan sifat atau kepribadian yang kita miliki karena itu semua hanyalah Barnum Effect yang merupakan teori psikologi yang membuktikan bahwa orang yang mempelajari ilmu psikologi bukan lah peramal.

 

Video Penjelasan : https://youtu.be/RISPp23jr5E