Mampukah Indonesia Menjadi Negara Maju?

September 20th, 2017

Pertanyaan yang sederhana tetapi membawa pengaruh yang sangat besar dalam jangka panjang. Beberapa pendapat, mengatakan Indonesia akan menjadi negara maju pada tahun 2030 mendatang. Indonesia juga akan dinilai mampu berdampingan dengan negara – negara maju seperti Amerika Serikat, China, Inggris, dll pada tahun 2030 nanti. Pendapat ini akan benar – benar bisa dibuktikan jika seluruh komponen dan seluruh masyarakat mampu untuk mewujudkannya. Begitu juga sebaliknya akan menjadi nasib yang buruk bila tidak adanya cita – cita yang besar dalam diri masyarakat Indonesia. Tentunya kita tidak akan mau mendapat nasib yang buruk seperti itu.

Sebelum melangkah lebih jauh, dapat dilihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai berada pada posisi yang stabil dalam kurun waktu 5 tahun terkahir. Dalam sektor penduduk, Indonesia memiliki bonus demografi yang cukup banyak dalam usia produktif. Pada saat ini tingkat pengangguran di Indonesia selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tingkat inflasi juga menurun dari tahun ke tahun. Menurut BPS, nilai ekspor meningkat sebesar 19,24% begitu pun juga impor meningkat sebesar 8,89%. Hal ini merupakan upaya – upaya yang dilakukan Indonesia untuk menjadi negara maju.

Potensi lainnya juga dapat dilihat dari letak geografis, Indonesia memiliki iklim tropis yang memiliki pengaruh besar dalam pertanian dan perkebunan. Sebagian besar macam buah – buah an dan sayuran dapat ditanam di Indonesia karena memiliki curah hujan dan suhu yang cukup untuk pertumbuhan dalam sektor pertanian dan perkebunan. Di sisi astronomis, Indonesia dilewati jalur perdagangan laut internasional yang sangat ramai. Pada sisi geologis, Indonesia menjadi pertemuan antara tiga lempeng yang menjadikan Indonesia kaya akan sumber mineral, batu bara, serta bahan tambang yang sangat besar. Di sisi lain, terdapat tiga hutan di dunia yang sampai saat ini menjadi penopang atau paru – paru dunia dan salah satunya di Indonesia. Begitu melimpah ruah sumber daya alam yan kita miliki, sekaran yang kita fikirkan adalah bagaimana seluruh potensi ini dapat menjadikan Indonesia menjadi negara maju. Selain sumber daya alam yang melimpah, sumber daya manusia di Indonesia juga cukup banyak. Saat ini, sudah banyak bermunculan inovasi dan kreatifitas anak bangsa yang tak kalah jika dibandinkan dengan negara maju.

Potensi yang sangat tinggi seharusnya mampu menjadikan Indonesia sebagai negara maju, hanya perlu merubah kebijakan – kebijakan pemerintahan yang lebih baik. Adapun beberapa pendorong pertumbuhan ekonomi yaitu pembangunan infrastruktur secara merata, peningkatan inovasi teknologi, peningkatan kualitas SDM, dll. Infrastruktur yang merata dan meningkat akan mendorong investasi yang besar.

Dari semua potensi yang ada masih saja ada yang menjadi kendala di Indonesia ini. Pemikiran masyarakat Indonesia hanya bertumpu pada hasil yang cepat dan tidak melihat proses. Hal ini menjadi penyakit yang dapat melumpuhkan perekonomian. Seperti contohnya saja, kita banyak mengekspor bahan baku ke luar negeri, oleh negara asing bahan tersebut di olah menjadi barang jadi dan dipasarkan ke Indonesia. Karena masyarakat Indonesia sangat konsumtif maka mereka suka membeli barang – barang tersebut daripada barang – barang dari Indonesia sendiri. Hal ini dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya tingkat kerja keras dan disiplin masyarakat.

Pandangan positif dan negatif yang saya paparkan diatas, bertujuan untuk mengubah pola hidup kita menjadi lebih baik. Tanpa kita sadari, perilaku kita sehari – hari juga akan berdampak pada Indonesia di masa mendatang. Menurut saya, Indonesia mampu menjadi negara maju hanya dengan mengubah pemikiran individu menjadi satu pemikiran dan satu visi yang sama.

Apa yang diinginkan dari proses belajar Ekonomi Pembangunan?

September 6th, 2017

Output atau tujuan dari mempelajari mata kuliah Ekonomi Pembangunan menurut saya adalah mahasiswa atau siapa saja yang mempelajarinya mampu mengidentifikasi serta mampu berfikir secara sistematis tentang persoalan – persoalan atau isu ekonomi yang sedang terjadi. Setelah kita tahu apa saja persoalan serta isu ekonomi yang terjadi, tentu saja kita harus memberikan solusi – solusi yang terbaik yang relevan dan dapat diterima oleh masyarakat. Isu ekonomi yang terjadi saat ini sangat luas sekali cakupannya. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa atau orang yang mempelajari ekonomi pembangunan harus mengerti apa yang dimaksud dengan ekonomi pembangunan terlebih dahulu.

Ilmu Ekonomi Pembangunan menurut Michael P. Todaro, yaitu memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Selain mengupas cara – cara alokasi sumber daya produktif langka seefisien mungkin serta kesinambungan pertumbuhannya dari waktu ke waktu, ilmu ekonomi pembangunan juga memberi perhatian pada mekanisme – mekanisme ekonomi, sosial, politik, dan kelembagaan, baik yang terkandung dalam sektor swasta maupun yang terdapat dalam sektor pemerintah atau publik.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, sangat banyak sekali isu perekonomian yang sudah terjadi terutama di Indonesia. Permasalahan ekonomi yang terjadi di Indonesia sejak dahulu mengenai ketimpangan, pengangguran, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang rendah, kurang mampu dalam mengalokasikan sumber daya yang ada, hutang luar negeri yang tinggi, pembangunan yang kurang merata, dan masih banyak lagi permasalahan ekonomi lainnya yang terjadi di Indonesia. Satu permasalahan ekonomi yang bagi saya sudah membaik yaitu rendahnya inflasi. Pada kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini, salah satu tujuannya adalah untuk menekan angka inflasi. Terjadi penurunan jika dibandigkan dengan tingkat inflasi tahun lalu.

Sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk mampu memecahkan persoalan – persoalan ekonomi yang terjadi di negara ini serta mampu memberikan solusi yang tidak menguntungkan salah satu pihak tetapi yang dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. Solusi yang diberikan juga diharapkan dapat terealisasi serta dapat diterapkan di Indonesia yang nantinya akan menjadikan Indonesia ini sebagai negara yang sejahtera masyarakatnya.

CONTOH CARA MENGUKUR KELAYAKAN INVESTASI

March 20th, 2017

MENGUKUR KELAYAKAN INVESTASI

Hello world!

March 20th, 2017

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!