Lenovo Thinkcentre

img2801-1347185318

 Processor: I5Image_03b

 Pembahasan

Processor Main Features :

  • Intel Extended Memory 64 Technology,
  • Enhanced Intel SpeedStep Technology,
  • Intel Execute Disable Bit,
  • Intel Turbo Boost Technology 2,
  • Intel Virtualization Technology

Processor yang terdapat pada perangkat keras Komputer Lenovo ini Intel(R) Core(TM) i5-3470 CPU @ 3.20 GHz, dengan Ratting 4,8 ada spesifikasi yang menjelaskan berapa subscore yang terdapat pada Processor dan Memory (RAM) mencapai 7,5, Graphics mencapai 4,8, Gaming graphics mencapai 6,3 dan Primary hard disk mencapai 5,9.

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard.

Motherboard:

a. image moth b. motherboard

Pembahasan: Motherboard (mainboard ) adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.

a. Motherboard-nya menggunakan chipset Intel B75 yang memang dikhususkan untuk segmen bisnis. Chipset ini mendukung kemudahan pengelolaan data, hingga perlindungan keamanan PC yang lebih baik. Salah satu featurenya yaitu teknologi Intel Anti -theft. Intel Panther Point B75, Intel Ivy Bridge.

b. Mother Board Lenovo model Mahobay, dimana mempunyai fungsi yang pertama sebagai empat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor, vga card, sound card, memori, dan lain-lain. Kemudian yang kedia sebagai Media tranfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer, misalnya prosesor untuk memberi  perintah kepada komonen seperti memori atau harddisk dengan menggunakan  jalur pada motherboard yang disebut bus dock.

Memori:

memory

Pembahasan:

Memory yang terdapat pada Komputer Lenovo  sebesar 4096MB RAM. Installed memory (RAM) sebesar 4,00 GB (3,33 GB usable) 4 GB DDR3-1600. Memory Standar 4 GB DDR 3 PC-12800, Maximal Memory 16 GB (2 x 8 GB) dan Memory Slot 4.

RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsusmsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin. Ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama pada awal tahun 2005. Namun, produknya sendiri benar-benar muncul pada pertengahan tahun 2007 bersamaan dengan motherboard yang menggunakan chipset Intel P35 Bearlake dan pada motherboard tersebut sudah mendukung slot DIMM.

Grafis:

grafis

Pembahasan:

Graphics pada Lenovo Thinkcentre ini adalah Desktop performance for Windows Aero. Grafis ini berguna untuk memberikan peningkatan pada performance dengan rating yang diperolehnya. Grafis perangkat ini ditangani oleh chipset Intel Graphics X4500HD. Perangkat ini telah mendukung Direcx 10 dan Shader Model 2.0. Chip grafis bawaan jenis ini memang lazim digunakan pada PC AiO yang diperuntukan bagi aktivitas non-gaming. 

Intel Graphics Media Accelerator, atau GMA, adalah serangkaian prosesor grafis terintegrasi diperkenalkan pada tahun 2004 oleh Intel, menggantikan sebelumnya Intel seri Grafis Ekstrem. Seri ini menargetkan pasar murah solusi grafis. Produk dalam seri ini diintegrasikan ke motherboard, memiliki keterbatasan kekuatan pemrosesan grafis, dan menggunakan memori utama komputer untuk penyimpanan bukannya dedicated video memory. Mereka biasanya ditemukan pada netbook, laptop murah dan komputer desktop, serta komputer bisnis yang tidak memerlukan tingkat tinggi kemampuan grafis. Di awal tahun 2007, 90% dari semua motherboard PC yang dijual memiliki GPU terintegrasi.

Intel Graphics Media Accelerator memberikan kesempatan pada komputer atau cpu anda untuk memainkan grapic atau game yang digunakan tanpa tambahan Vga atau graphic addons. Dengan intel Gma anda dapat menghemat biaya dan juga daya pada cpu anda,Intel GMA /VGa intel mengambil memory dari ram yang anda pasang.,jadi semisal anda menggunakan ram 1gb .,dan biasanya intel gma ini bisa shared memory skitar 384mb.,jadi sudah tentu kapasitas ram anda akan terpangkas oleh penggunaan Vga intel ini. VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

Input Device:

input device

Input device atau perangkat masukkan adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer berupa teks grafik gambar suara dan lain lain.

Type dari Input Device Lenovo Thinkcentre ialah Mouse, Keyboard, CPU dan monitor, USB, Card Reader, LAN, disket, cd room, modem.

Output Device:

put

Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara,menampilkan data pengolahan, 3-5mm jack, VGA, USB, HDMI, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.

a. Monitor

monitor

 

Monitor : alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.

b. Printer

printer

Printer : alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.

c. Speaker

speakr

Speaker/Headset : adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.

d. Plotter

plotter-large

Plotter : merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

Proyektor : alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.

Performance:

perform 12

Performance dari Manufacture Lenovo Thinkcentre ini rating nya mencapai 4,8 Windows Experience Index. 4,8 ini adalah rating terendah yang ada di Lenovo dan perlu adanya perbaiakn dan perkembangan yang terdapat pada menu Grafisnya. karena grafis yang di miliki spesifikasinya rendah maka komputer ini sangat tidak seru untuk di gunakan bermain game

Produk PC buatan Lenovo seri 92z ini menggunakan generasi Ivy Bridge yaitu Intel Core i5-3570S 3,1 GHz yang dapat digenjot hingga 3,8 GHz. Untuk pendukungnya, PC ini  menggunakan motherboard chipset Intel B75 yang memang dikhususkan untuk segmen bisnis. Chipset ini mendukung kemudahan pengelolaan data, hingga perlindungan keamanan PC lebih baik yang dibantu dengan salah satu feature unggulannya yang menggunakan teknologi Intel Anti-theft.

Kelebihan:

1) Lenovo mewarisi nama IBM, yang berarti merk ini adalah buyutnya komputer

2) Untuk seri Thinkpadnya benar2 merupakan Laptop tahan banting dan air

3) harga relatif murah untuk seri idea-pad

kekurangan:
1) Service center yang tidak banyak tersebar di Indonesia menjadikannya sulit untuk penggaransian langsung

2) Kualitasnya tidak setangguh pada saat masih dipegang Amerika.

Sumber:

1. http://sipitoon.wordpress.com/pengertian-unit-keluaranoutput-device/

2. http://yogi-blogs-sharing.blogspot.com/2012/08/pengertian-input-device-pada-komputer.html

3. http://yezchind.wordpress.com/2012/11/23/pengertian-tentang-ram-random-access-memory/

4. http://sufian.info/2010/03/fungsi-ram-spesifikasi-ram/

5. http://perangkatkeraskomputer.net/