Fakta Unik Dari Hajar Aswad Yang Harus Umat Muslim Ketahui

Posted: 2nd August 2018 by Yasin Rinaldi in Travel Umroh
Tags:
Comments Off on Fakta Unik Dari Hajar Aswad Yang Harus Umat Muslim Ketahui

Apa itu hajar aswad? Mungkin bagi Anda umat muslim tidak asing dengan benda ini. Hajar aswad merupakan salah satu batu yang dipercaya oleh banyak orang terutama umat muslim berasal dari surga. Karena dahulu yang pertama kali menemukan batu ini adalah Nabi Ismail as serta yang meletakkan batu tersebut adalah Nabi Ibrahim as.Dahulu ketika batu yang banyak orang percaya dari surga ini mempunyai sinar terang yang bisa menerangi semua jazirah di Arab.Tetapi sayang sekali semakin lama kelamaan sinar itu meredup dan sampai sekarang menjadi warna hitam. Batu ini memiliki banyak keunikan dan keajaiban yang membuat umat muslim mempercayai bahwa batu ini berasal dari surga. Namun adapun sejarah sendiri dari batu ini yang memiliki banyak keajaiban.

Hajar Aswad

Keajaiban Hajar Aswad

Adapun keunikan dari batu hajar aswad ini yang mempunyai aroma uniknya yaitu aroma yang amis. Aroma ini memang sudah alami sejak pertama ditemukan. Ketika batu ini diletakkan di bagian sisi luar dari Kabah, sehingga akan mudah setiap orang untuk mencium bau batu ini yang akan membawa keberkahan untuknya. Karena inipun merupakan salah satu sunah dari Nabi Muhammad SAW yaitu mencium batu Hajar Aswad setiap melakukan tawaf.Keunikan batu ini membuat banyak peneliti penasaran dan mancari tahu kebenaran dari batu tersebut.Banyak peneliti yang mengatakan bahwa batu ini adalah sebuah kerikil yang bisa mengembang di dalam air serta termasuk kerikil yang aromanya paling berbau tanah yang ada di dunia.

Selain beberapa pernyataan tersebut yang disebutkan oleh beberapa peneliti tentang batu Hajar Aswad tersebut. Perlu Anda tahu bahwa ada pula beberapa fakta unik paling istimewa yang harus umat muslim ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Mempunyai Aroma Harum

Banyak yang mengatakan bahwa ini hanyalah omong kosong saja, namun memang benar adanya. Meskipun batu ini sudah dicium oleh jutaan bahkan milyaran orang sekalipn, tetap saja aromanya masih sama seperti pada waktu semula ditemukan.

  1. Pernah Terpecah Menjadi Beberapa Bagian

Adanya peristiwa di masa lalu yang membuat batu ini pernah terpecah menjadi beberapa bagian.Batu ini yang dulunya berukuran 30 diameter pecah, namun sudah bisa disatukan kembali dengan dibingkai menggunakan perak, kemudian bisa disatukan kembali ke tempatnya seperti semula.

  1. Sunnah Mencium Batu Hajar Aswad Untuk Umat Muslim

Seperti yang dilakukan Rasulullah SAW dahulu sering mencium batu ini setiap melakukan Tawaf atau di saat sedang melakukan ibadah Haji. Maka bagi umat muslim juga hal ini di sunnah kan.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang batu Hajar Aswad di Mekkah.Jika  Anda penasaran ingin mengikuti sunnah rasul yang satu ini, bisa pergi melakukan ibadah haji atau umrah ke Mekkah. Dengan mempercayakan travel umrah Elharamain Wisata, maka Anda dapat dengan mudah melakukan ibadah umrah atau haji dengan mudah.