Kaskus ( Social Networking)

Nama : Eldo Herbadella Tobing

NIM : 0911240051

DOSEN: Nanang Yudi S, ST
TUGAS: Social Networking

Forum Jual-Beli (FJB) Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia. Kaskus dibentuk pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia, pengguna Kaskus disebut Kaskuser. Salah satu fungsi Kaskus sebagai Forum Jual- Beli (FJB) yang merupakan situs jual- beli online terlaris dan terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan yang luas, tidak hanya dalam negeri, tetapi juga luar negeri dan jual-beli melalui FJB Kaskus sangat praktis dan tidak memerlukan biaya yang besar karena setiap hari dipenuhi orang yang mencari barang atau jasa tertentu dan selan berdagang, kita juga dapat dengan cepat dan mudah menemukan produk yang diinginkan.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya dan mempunyai anggota mencapai 1,568,303 orang serta total postnya mencapai 152.420.122. Menurut Alexa.com, pada bulan Agustus 2008 Kaskus berada di peringkat 290 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Kaskus sudah memperoleh penghargaan sejak terbentuknya seperti Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Kaskus juga pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan. Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server) dan mengalami masalah kembali pada  tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya.Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus, tapi akhirnya Kaskus dapat mengatasi masalah tersebut dan pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Sebelum dilaksanakan UU ITE Kaskus memiliki dua forum kontroversial, BB17 dan Fight Club. BB17 (kependekan dari buka-bukaan 17 tahun) adalah sebuah forum khusus dewasa dimana pengguna dapat berbagi baik gambar maupun cerita dewasa dan Fight Club adalah forum yang dikhususkan sebagai tempat berdebat yang benar-benar bebas tanpa dikontrol, sehingga seringkali masalah yang diperdebatkan berkaitan dengan SARA. Penghinaan terhadap suku dan agama sering terjadi. Akhirnya setelah diberlakukannya UU ITE, Kaskus segera menutup BB17 karena bertentangan dengan UU ITE tentang penyebaran materi pornografi. Fight Club diubah namanya menjadi Debate Club yang mempunyai fungsi yang sama tetapi kontrolnya lebih diperketat. Sampai saat ini ada beberapa layanan yang dibuat oleh Kaskus yaitu Kaspay yang dapat menyediakan sistem pembayaran secara online.Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, Kaskus juga direncanakan akan membuat Real-Time Search.

Kelebihan Kaskus dibandingkan forum lain yaitu  Kaskus tidak ada matinya, secara update-an kaskus  sudah perdetik ,khususnya the Lounge dan juga Kaskus dapat menyediakan banyak berita, mulai dari berita, gosip, jual-beli, segala hal tentang komputer dan hal lainnya, sedangkan kekurangannya  sering maintenance eror tapi tidak ada perbaikan dari server.  Banyak junk post, tetapi junk adalah hal biasa dalam revolusi, maksudnya di dalam forum.

Untuk Kaskus FJB kelebihannya yaitu bagi buyer,bisa dapat barang bagus dengan harga murah,tergantung kejelian dalam menawar dan bagi seller,terutama yang baru ,barang bisa laku cepat dengan harga tidak mengecewakan. Sedangkan kekurangannya yaitu banyak penipuan dan
masih banyak yang price police. Intinya harus berhati – hati dalam menggunakan FJB Kaskus dan diusulkan untuk menggunakan forum ini karena banyak manfaatnya dan juga hasil karya anak bangsa.