PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Pengertian perangkat lunak (Software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan  dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program  atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai  penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses  oleh perangkat keras. Orang atau ahli pembuat software (program komputer) ini disebut sebagai programmer. Melalui Software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat  menjalankan suatu perintah.

Perangkat Lunak memiliki karateristik seperti bagian sistem komputer yang tidak berwujud benda, tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, tapi bisa dioperasikan.

Fungsi dari Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :

  • membantu para pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi yang disediakan perangkat keras.
  • memproses data atau perintah / instruksi hingga  mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.
  • Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer  (user) dengan perangkat keras.

Cara Kerja Software

Garis besar sistem operasi dasar software :

  • Langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori.
  • Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai.
  • Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori.
  • OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan control eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta.
  • Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan.

Mengapa Belajar tentang Perangkat Lunak?

  • Perangkat lunak sangat diperlukan untuk sistem komputer apa pun
  • Perangkat lunak sistem diperlukan untuk input, perhitungan, dan output, pada seluruh proses sistem Informasi
  • Perangkat lunak aplikasi membantu produktivitas, termasuk di depan umum sektor
  • Tugas pribadi menggunakan perangkat lunak
  • Tugas administrasi harian
  • Melayani orang, dan memasukkan data ke database
  • Menjaga anggaran
  • Riset internet
  • Menyebarkan informasi
  • Game, dll.

Klasifikasi Software

Secara garis besar, dibagi menjadi dua macam:

System Software

Piranti lunak komputer untuk menggunakan / menjalankan komputer.

  • Operational System (sistem operasi)
  • Utilities Program (program utilitas)

Application Software

Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna.

  • Software Program Aplikasi
  • Software Program Paket

Sistem Operasi

  • Merupakan sebuah program yang mengatur/mengoperasikan perangkat keras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras (menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain dengan pengguna).
  • Bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.
  • Macam Sistem Operasi untuk komputer konvensional:
  1. MS DOS & MS Windows (95, 98, ME, 2000, XP, Vista, 7, 8),
  2. Linux (Ubuntu, sabily, SuSE, Fedora, Mandriva, Knoppix, dll),
  3. Mac OS X, khusus untuk komputer Macintosh keluaran Apple
  • Macam Sistem Operasi untuk Small Computer, Embedded Computers, and Special-Purpose Devices: Palm OS, Windows Embedded, Windows Mobile, Android, Symbian, IOS, Haiku (OpenBeOS).

Bisa dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

Berikut merupakan fungsi dari Sistem Operasi:

  1. Menjalankan operasi dasar
  2. Mengatur kerja hardware dan software
  3. Wadah program atau aplikasi
  4. Menyajikan tampilan
  5. Mengkoordinasi kerja perangkat computer
  6. Mengoptimalkan fungsi perangkat computer
  7. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program

Sistem Operasi

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory kernel. Kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah Sistem Operasi
  2. Shell atau Command Interpreter, yang bertugas membaca input perintah dari pengguna dan menyediakan fungsi standar & fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain.

Contoh dari kekerang adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows, Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam keluarga sistem operasi UNIX.

  1. Resource Allocator, yaitu bagian sistem operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  2. Driver untuk berinteraksi dengan hardware, sekaligus untuk mengontrol kinerja hardware.
  3. Handler, berperan dalam mengendalikan sistem agar terhindar dari error dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Microsoft DOS dan Microsoft Windows

Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunaan komputer secara banyak tugas (multitasking) dan sistem operasi baru memasuki dunia multitasking setelah Microsoft merilis sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows. Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasar perangkat lunak dunia, diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Macam Macam Operasi Windows

Macintosh dari Apple

Selain Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang lain adalah Apple dengan produknya yang dilabeli dengan nama Macintosh Operating System (MacOS). MacOS pertama diluncurkan pada tahun 1984Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. untuk menjalankan komputer apple yang diberi nama Macintosh. Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatan IBM.

Generasi MacOS diawali dengan penyebutan dengan menggunakan kata Sistem, seperti Sistem 6, Sistem 7 hingga kini menggunakan MacOS 9 dan yang terbaru adalah MacOS X (X=ten=sepuluh)

Sistem Operasi Mac OS X

Linux dan Opensource

Dua sistem operasi sebelumnya adalah sistem operasi berbayar, artinya kita harus membelinya untuk dapat menempatkan sistem operasi tersebut kedalam komputer pribadi kita. Pada beberap kasus memang ditemukan penggunaan sistem operasi windows dengan model mengkopi dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membeli namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.

Pada tahun 1991 muncul wacana membuat sistem operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa inggris yang bernama Linus Thorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh proyek ini kemudian disebut dengan Linux. Karena sifatnya yang gratis dan kode program yang terbuka (open source) maka Linux menjadi terus berkembang dan menjalar ke seluruh dunia, hingga saat ini banyak distro linux baru yang muncul disetiap belahan dunia.

Program Utilitas

Merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer.

Contoh:

driver perangkat keras, yakni perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras.

Contoh perangkat yang membutuhkan instalasi driver yaitu :

SoundCard, VGA Card, dan LAN Card.

anti virus, misal: McAfee, AVG, Kaspersky, Avira, Komodo, Panda, Symantec, dll.

manajemen hardisk (partisi), misal: partition magic, Disc Genius, dll

Contoh dari Program Utilitas :

Perangkat Lunak Aplikasi

Menurut McLeod Dibagi menjadi:

  1. Peranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software/peranti lunak off the shelf), yakni software siap pakai telah langsung tersedia dengan biaya lebih murah.
  2. Peranti lunak aplikasi khusus (custom application software), yakni software yang dibuat oleh programmer dan konsultan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi tertentu. Biasanya karena organisasi memiliki operasi yang unik.
  3. Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna, yakni software aplikasi yang dibuat oleh pengguna akhir dalam jumlah yang signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya.

Contoh: memodifikasi lembar kerja Excel dan Access dengan pemrograman sederhana untuk membuat laporan pekerjaan sehari-hari.

Perangkat Lunak memiliki Application Software,

  • Merupakan software yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
  • Mempunyai karakteristik : diinstalkan/dipasang pada sistem operasi, tidak bisa berjalan sendiri pada hardware, dan dibuat & digunakan untuk tugas/tujuan/kepentingan spesifik.

Di dalam Perangkat lunak aplikasi terdapat 2 software program yaitu:

1.Software Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.

2. Software Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti:

  • Pengolah kata/editor naskah: Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll;
  • Pengolah angka/lembar kerja: Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll;
  • Presentasi: MS PowerPoint, dll;
  • Web browser: Internet Explorer, Netscape, dll;
  • Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, dll;
  • Multimedia: Macromedia flash, Media Player, dll;
  • SIG (Sistem Informasi Geografis): Mapinfo, ArcInfo, ArcGis.

Software User-Friendly

Software User-Friendly merupakan Peranti lunak yang sederhana dan penggunaannya intuitif  (aplikasi telah dibuat seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi). User-friendly ≠ programmer-friendly.

User-Friendly memiliki Karakteristik :

  • Dialog box berfungsi sebagai panduan untuk mengarahkan user;
  • Tersedia menu dan daftar perintah dengan menggunakan menu drop down box serta ikon;
  • Menyediakan pola formulir isian ketika akan memberikan perintah;
  • Bantuan yang sensitif pada konteks/bagian tertentu yang mungkin membingungkan pengguna; dan
  • Menyediakan antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol/ikon yang terstandarisasi.

Sumber: McLeod, 2011, h.139)

Penggunaan Software

Penggunaan perangkat lunak bisa juga digolongkan menurut area penggunaannya berdasar jenis hardwarenya:

  • Komputer kecil (small/pocket komputer) – windows mobile, dll;
  • Komputer Personal (PC Dekstop, Laptop) -Windows 7 Ultimate,dll;
  • Komputer Server Jaringan -Windows Server 2012, dll; dan
  • Komputer Enterprise (Supercomputer) -Mainframe OS, dll.  PHP (PHP Hypertext Processor)
  • PHP adalah singkatan untuk PHP: Hypertext Preprocessor, bahasa interpreter yang mempunyai kemiripan dengan Bahasa-C dan Perl yang mempunyai kesederhanaan dalam perintah namun memiliki kemampuan yang memadai untuk menangani keamanan proses yang terjadi dalam suatu website.
  • Alasan pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan user (user requirement), alasan kedua, PHP secara universal sering digunakan oleh para pengembang aplikasi berbasis web sehingga mudah mencari referensi apabila ditemukan kelemahan atau bugs pada penggunaan PHP.
  • PHP memiliki fungsi-fungsi yang mendukung konektivitas dengan berbagai DBMS seperti MySQL, MSSQL

Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server 2000 merupakan sistem manajemen basis data yang memakai perintahperintah Transact-SQL untuk mengirim perintah dari komputer client ke komputer server. Transact-SQL adalah bahasa SQL yang dikembangkan Microsoft. Microsoft SQL (MSSQL) Server 2000 berisi database, mesin database, dan aplikasi yang diperlukan untuk mengelola data dan komponen-komponennya.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa script yang dikembangkan Netscape dimana menyediakan fasilitas pemrograman untuk lingkungan browser web, membuat web menjadi lebih dinamis dan atraktif, membuat aplikasi berbasis web bereaksi terhadap suatu event dalam halaman web, berguna dalam validasi data yang akan dikirimkan ke server.