PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

Perangkat keras komputer atau biasa juga disebut dengan hardware adalah seluruh bagian atau komponen komputer yang berebentuk fisik yang dapat di lihat, di raba atau di sentuh secara langsung yang saling bekerja sama antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam sistim komputer untuk mencapai tujuan.

Menurut Loudun & Loudun 20017,Terdapat 7 komponen utama yang harus dikoordinasikan untuk menyediakan infrastruktur TI yang saling berhubungan, seperti gambar dibawah ini :

Teknologi Informasi  memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sistem informasi. Teknologi informasi merupakan bentuk teknologi untuk menangani informasi yang diinginkan. Sedangkan Sistem Informasi memiliki bagian tersendiri dalam menjalankan fungsinya, diantaranya:

  1. Integrasi komponen pemrosesan, penyimpanan dan diseminasi informasi dalam suatu organisasi.
  2. Studi interdisiplin suatu sistem untuk menyediakan informasi pada suatu organisasi.
  3. Salah satu unsur diantaranya adalah TI

Berikut ini adalah beberapa contoh dari Teknologi Informasi dan Sistem Informasi:

Teknologi Informasi:

  • Perangkat Keras (PC, Unix Server, Router)
  • Perangkat Lunak (e-mail, Windows, Internet, Word Processing)
  • Consumer devices (mobile phone, token)

Sistem Informasi:

  • File systems, databases, e-mail servers/clients
  • E-commerce
  • SAP (ERP)

Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi. komputer terdiri dari dua kelompok perangkat: perangkat keras dan perangkat lunak.  Perangkat keras adalah seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin/komponen yang secara lahiriah ada dan dapat dilihat sedangkan perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, didalamnya termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh computer. Perbedaan yang paling mendasar antara perangkat keras dan perangkat lunak adalah perangkat keras mempunyai wujud sedangkan perangkat lunak tidak berwujud.

Komputer memiliki Struktur :

Input Unit (Alat Masukan) :

  • Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
  • alat yang digunakan untuk memasukkan input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input ataupun maintenance input.
  • Di dalam sistem komputer, signal input berupa data (diketikkan) yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program (di-klik) yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
  • Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Terdapat 2 alat input, yaitu alat Input yang langsung dan tidak langsung:

Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).

Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Output Unit (Alat Keluaran)

  • Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
  • Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), softcopy (monitor), USB, disket ataupun berupa suara.

Processing Unit

Unit yang terdiri dari komponen elektronik terkoordinasi secara sistematis mengolah perintah dari input menjadi output.

  • Processor
  • Mainboard/Motherboard
  • Memori
  • Video Graphic Accelerator
  • Power Supply
  • dll

Processor

  • Merupakan otak sistem komputer, dan tempat pemroses instruksi-instruksi program
  • Memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  • Berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
  • Mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register .

2 Bagian dari fungsi Operasional Processor yaitu ALU dan CU:

ARITMATIK LOGIC UNIT (ALU)

  • Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
  • ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut juga adder.

CU (CONTROL UNIT)

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Processor mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Register

  • Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi
  • digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.
  • Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:

  1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
  2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
  3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

Motherboard

  • Motherboard adalah bagian komputer yang paling utama (PCB utama) karena berisi sistem BIOS (Basic input output system), pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).
  • BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input output pada komputer.
  • Beberapa merk motherboard yang terkenal adalah Asus, Gigabyte, Albatron, Abit, PCchips, ECS, Biostar, dan Jetway.
  • Yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan  dari sebuah merk.

Memori

Memori terbagi dua bagian: memori internal (ikut bekerja dalam unit pemroses) dan memori eksternal (bertindak sebagai penyimpan data/storage unit)

Memori internal berupa :

  1. RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan data dan sifatnya untuk sementara waktu
  2. ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Memori RAM

  • Generasi RAM dari waktu ke waktu :
  1. Static RAM (SRAM)
  2. Non Volatile RAM (NV-RAM)
  3. Dynamic RAM (DRAM)
  4. Syncronous DRAM (SDRAM)
  5. DDR RAM (Dual data rate RAM)
  6. DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  7. DDR III RAM (DDR generasi ketiga)
  • Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip.
  • Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan.
  • Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

Memori ROM

  • ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer,
  • Misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan program bootstrap.
  • Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.

Video Graphics Array (VGA)

  • VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor.
  • Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan.
  • Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu:
  1. VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect)
  2. VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor)
  3. VGA Card PCI-E (PCI Express)
  • Manufaktur prosesor grafis: ATI, NVIDIA, S3, SIS, dan Trident.
  • Merk VGA: Digital Alliance, Leadtec, Pixelview, ASUS

Soundcard

  • Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara.
  • Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.
  • Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity) atau Azalia.
  • Contoh merk soundcard yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek, Cmedia, dll.

Storage Unit

  • Disebut juga sebagai memori eksternal
  • Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama.
  • Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram.
  • Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd, dan flash disk.

Fungsi Komputer (TIK/Umum)

Komputer sebagai peralatan TIK memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai media :

  • Informasi
  • Komunikasi
  • Transaksi
  • Hiburan

Fungsi Komputer (Informasi):

  • Sebagai infrastruktur utama Sistem Informasi
  • Sarana untuk mengolah data menjadi informasi.
  • Sarana untuk memberikan/menyebarkan informasi.
  • Sarana memperoleh informasi dengan cepat.
  • Memberikan pengaruh yang cukup besar dalam penghematan dan efisiensi waktu.

Komputer tercanggih

  • Superkomputer merupakan sebuah komputer yang memimpin dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC).
  • Sekarang ini, pasar supercomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Komputer tercanggih 2013

  • Superkomputer Tianhe-2
  • built by China’s National University of Defense Technology (NUDT) & Inspur
  • Guangzhou, China
  • 32,000 Intel Xeon E5- 2692 12C with 2.200 GHz 48,000 Xeon Phi 31S1P
  • 17.6 MW (24 MW with cooling)
  • Kylin Linux
  • 1,375 TiB
  • 33.86 PFLOPS

Komputer tercanggih 2016

  • Sunway TaihuLight
  • dirancang oleh Pusat Penelitian Nasional Komputer Paralel Rekayasa & Teknologi (NRCPC) dan berlokasi di Pusat Supercomputing Nasional di Wuxi di kota Wuxi, di Provinsi Jiangsu, China.Guangzhou, Cina
  • 40.960 SW26010 yang dirancang Cina untuk RISC 64 bit prosesor berdasarkan arsitektur Sunway. Setiap prosesor chip berisi 256 core pemrosesan, dengan total 10.649.600 Inti CPU di seluruh sistem
  • Memori 1,31 PB (5591 TB / s total bandwidth)
  • Sunway RaiseOS 2.0.5 (berdasarkan Linux)
  • Penyimpanan 20 PB, Daya 15 MW
  • PFLOPS 93,01, dan puncak 125 PFLOPS

Satuan Performance Komputer

Name—Unit—Value
kiloFLOPS—kFLOPS—103
megaFLOPS—MFLOPS—106
gigaflops—GFLOPS—109
teraflops—TFLOPS—1012
petaFLOPS—PFLOPS—1015
exaFLOPS—EFLOPS—1018
zettaFLOPS—ZFLOPS—1021
yottaFLOPS—YFLOPS—1024