Pengertian Pancasila sebagai Paradigma Nasional

Pembangunan nasional merupakan perwujudan dari tujuan negara yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Untuk mencapainya diperlukan suatu pedoman demi mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera, baik secara material maupun spiritual. Pedoman yang digunakan oleh bangsa Indonesia adalah Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. (Baca gagasan-gagasan lengkap tentang pancasila di sistemtenaga.com)

Berdasarkan hal itu, sesuai dengan sila-sila yang terdapat pada Pancasila sehingga pembangunan nasional diarahkan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang meliputi aspek jiwa, raga, pribadi, sosial, dan ketuhanan. Dengan diterimanya Pancasila sebagai bangsa, Pancasila.menjadi alat untuk melaksana.kan pembangunan nasional melalui pengamalan sila-sila yang terdapat pada Pancasila, sehingga Pancasila dapat menjadi sumber inspirasi, penggerak, serta pendorong dalam pembangunan nasional. Keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan akan berdampak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, pelaksanaan pembangunan harus berpedoman pada nilai-nilai Pancasila. Sebagai paradigma pembangunan nasional, Pancasila meliputi segala aspek kehidupan masyarakat, yang mencakup bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, pendidikan, agama., hukum, serta pertahanan dan keamanan.