At the end of the day what matters the most?

At the end of the day what matters the most? –Anon (Quora)

Saya menemukan pertanyaan ini di sebuah situs bernama Quora, pertanyaan Simple namun cukup membuat kening saya berkerut (berpikir keras). Tentu saja semua orang memiliki jawaban yang berbeda entah itu jawabannya adalah keluarga, orang yang disayang, sahabat, peliharaan, tempat kesukaan, benda kesukaan, dan banyak lainnya. Atau bahkan ada yang hanya memikirkan dirinya sendiri saat semuanya berakhir.

Menurut saya setelah membaca beberapa artikel mengenai hidup, beberapa yang dapat simpulkan yang terpenting dalam kehidupan adalah…

EXPERIENCE. Life is all about experiences. Hidup itu untuk pengalaman. Emosi, titik teratas perasaan itu adalah kebahagiaan dan titik terendah perasaan itu adalah kesedihan. Hidup itu sebenarnya tentang perasaan. Bagaimana kamu bisa merasa bahagia dengan cara kamu sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam hidup, yaitu :

  • Love Selflessly and Unconditionally

Love someone so selflessly and unconditionally without any expectations. Itu merupakan kasih sayang termurni. Menyayangi dengan sungguh-sungguh, selalu ada, peduli, merasa sakit tapi tetap menyayangi. Itu merupakan pengalaman yang mungkin gak akan terlupakan. It is once in a lifetime experience.Cherish it.

  • Talk to people to understand them, not just listen

Deep conversations with the ones you love and care for gives you peace and it indeed is so soul relaxing.Berusaha mengerti tidak hanya mendengarkan. Someone told me to always maintain eye contact with the person. That means you care for them and are really listening to them. Saya mengingat kata-kata seseorang, kamu tidak hidup sendiri, ada keluarga, sahabat, teman, sebagai manusia yang hidup berdampingan, dan hidup cuman sekali, tidak ada salahnya menjadi sumber kebahagiaan seseorang, walaupun kamu tidak dapat memberi apapun (uang,barang mahal,dll) kamu bisa memberikan waktumu, bagi beberapa orang waktu mu akan sangat berharga.

  • Perform on Stage

Music, Dance, Standup comedy or whatever. Entertain people and see the fun in them. Be a reason for someone to smile. Make others happy whenever you can and make their day. Menjadi sumber kebahagiaan bagi orang lain secara tidak langsung akan menjadi sumber kebahagiaan mu sendiri. Karena sebenarnya tuhan tidak pernah menciptakan jiwa yang buruk dan kasar, tuhan itu menciptakan jiwa yang baik untuk berbagi sesama, dan menciptakan jiwa yang lembut agar kamu juga bisa merasakan kebahagian mereka.

  • Go on a road trip without any plan and make crazy plans on the go

Go somewhere without a solid plan, with your loved one. Take pictures, hike, go to a random lake, some random beach, some random sunset place, and make memories. Life is all about these pleasant memories. Do what you like for a weekend. Do what makes you happy.

  • Experience a broken heart

It teaches you a lot of things in life. Ini menunjukan siapa teman mu sesungguhnya. Ini juga mengajarkan mu banyak hal dalam hidup, dan mengajarkan mu untuk menyayangi diri sendiri. Kenyataannya kau akan terjatuh di jalan yang salah agar kau tersadar dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  • Develop a new hobby

Melakukan hobi yang baru dapat menambah pengalaman hidup, dan bertemu orang baru.

  • Stop ruminating over what others think about you

Berhenti mementingkan pemikiran orang tentang kamu. It is just their perception, not your character. They just know your story, not what you have been through.

  • Forgiving those who hurt you

This takes a lot of energy and a lot of wisdom. Memaafkan dapat mengambil banyak sisi mu, memaafkan bukan berarti lemah. Tapi.. kamu memaafkan mereka karena kebaikan dan kedewasaan kamu. Membenci hanya akan menyiksa batin mu sendiri.

  • Fail and fail miserably and have an emotional breakdown

Fail in something, in your love, job, etc. and fail miserably. Hidup itu tidak selalu datang dengan mudah, Life isn’t all about Cupcakes and Rainbows. Terkadang kamu harus merasakan kegagalan agar dapat mengerti arti sukses yang sesungguhnya. Cry it out. As hard as you can. Have an emotional breakdown after a hard failure, heartbreak and vent it out.

  • Understanding yourself

Ini merupakan hal tersulit yang selalu kita lakukan. We keep learning about ourselves every once in a while, Don’t Stop. Ini akan membawa mu menjadi orang yang lebih baik.

Saya pernah baca artikel yang menarik, bahwa tentang hidup itu dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Financial Freedom: Dapatkan pekerjaan dengan upah tinggi, menjadi orang yang financialnya kuat dan dapatkan segala tujuan matrealistis mu, berusahalah dan dapatkan itu semua ! temukan kebahagiaan mu disana.
  2. Personal Freedom: memilih kesibukan yang tidak memberi mu banyak “financial freedom” tetapi juga tidak mengeksploitasi diri sendiri. (meneksploitasi spiritual mu, bakat mu, atau waktu mu). If you have goals for the self- traveling, being with the family or etc that can makes you happy.

Pada akhirnya yang paling terpenting adalah menjadi bahagia. Money is happiness, practically (YES) but saying that money cannot buy happiness isn’t wrong either. Apa yang paling penting adalah “Individual’s priority”. Apa yang penting untuk kamu? Financial freedom atau personal freedom? Karena percayalah pada kebanyakan kasus, keduanya tidak berjalan seiring. Pastikan juga,  jika kamu memilih “personal freedom” sebagai prioritas, tidak ada seorang pun yang berhak untuk mengeksploitasi kamu atau membuat kamu merasa rendah setiap saat.

Stay happy, stay excited because what matters the most are the little things we miss while in the game of achieving bigger things

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*