Verifikasi 4 blog (WordPress, Blogspot, Blog UB, dan idHostinger) dengan Webmaster Bing dan Google

May 21st, 2012

Berikut adalah langlah-langkah verivikasi menggunakan http://www.bing.com/toolbox/webmaster/atau www.google.com/webmasters/tools/

– Sign in pada Bing Webmaster atau Google Webmaster

– Setelah sukses masuk home, klik “Add Site” dan akan muncul box yang meminta anda memasukan alamat blog anda yang akan di verivikasi (contoh: blog123456@blogspot.com atau blog1234567@wordpress.com), klik “Submit”

– Setelah itu akan muncul box lain “Verify Ownership”, klik “Option 2: Copy and paste a tag in your default webpage”, lalu copy box abu-abu kode <meta> (contoh: <meta name=”msvalidate.01″ content=”5D68EA140B0C27A9EF33E57F25CF7EAE” /> )

 

  • Blogspot

– Sign in blogspot dan pilih “Dashboard” , klik “Design” di opsi kiri, klik “Edit html”.

– Copy kode <meta> di atas dan paste tepat setelah <head> pada html tampilan blog, lalu klik “Save”.

– Setelah itu kembali ke halaman Bing Webmaster atau Google Webmaster dan klik “Verify”

 

  • WordPress

– Sign in WordPress dan pilih “Dashboard” , klik “Tools” di opsi kiri, .

– Copy kode <meta> di atas dan paste pada box Bing Webmaster Center, lalu klik “Save Changes”.

– Setelah itu kembali ke halaman Bing Webmaster atau Google Webmaster dan klik “Verify”

 

  • Blog UB

– Sign in Blog UB dan pilih “Dashboard” , klik “Tools” di opsi kiri, .

– Copy kode <meta> di atas dan paste pada box Bing Webmaster Center dan Google Webmaster Tools, lalu klik “Save Changes”.

– Setelah itu kembali ke halaman Bing Webmaster atau Google Webmaster dan klik “Verify”

 

  • idHostinger

– Sign in idHostinger, kemudian buka “plugin”, klik “add news” cari Webmaster Tools dan kemudian instal.

Buka “Tools”, pilih “webmasters tools” dan copy kode yang sudah di terima pada masing-masing kotak Bing Webmaster danc Google Webmaster tools, lalu klik “save changes”

– Setelah itu kembali ke halaman Bing Webmaster atau Google Webmaster dan klik “Verify”


				

Uncategorized

Ecommerce 30 April 2012

April 30th, 2012

5 sites ecommerce di Indonesia:

ecommerce

Uncategorized

AdWords Google

April 23rd, 2012

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:

1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.

2. Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword “sewa mobil” pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword “sewa mobil”.

 

Platform Google Adwords terbagi 2, yaitu :

1. Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.

2. Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.

Google juga menyediakan alat (toolKeyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Situs resmi AdWords beralamat di http://adwords.google.com.

Namun tidak semua yang memasang iklan di Google memiliki kemampuan ataupun waktu untuk mengelola kampanye iklan secara efisien karena sangat banyak sistem pengaturan atau settings yang dapat mempengaruhi efektivitas kampanye iklan mereka. Masalah tersebut dapat diatasi oleh agen Adwords yang mempekerjakan seorang Adwords Qualified Individual yang mampu mengoptimalkan iklan agar tidak ceroboh dan tanpa disadari membuang-buang anggaran budget Adwords-nya.

 

Bagaimana cara membuat iklan AdWords?
  • Buka halaman AdWords (https://adwords.google.com/select/).
  • Klik “Start Now“.
  • Pilih “Standard Edition”.
  • Klik “Continue”.
  • Kemudian akan ada pilihan account.
    • Jika anda sudah memiliki account google anda dapat menggunakan account google anda dengan memilih “Existing Google Accounts”
    • Jika anda belum punya account google pilih “New Google Account”.
Selanjutnya anda ikuti step-step berikut:
1. Pilih bahasa apa yang digunakan oleh iklan anda.Google AdWords- Set Up Your Ad_1234282797507.png

Beri pilihan dengan cermat. Jika anda memang menargetkan untuk merangkul pelanggan internasional sebaiknya pilih bahasa inggris, tapi jika target pelanggan anda sebatas di Indonesia, sebaiknya pilih bahasa indonesia.

2. Masukkan URL dan buat tampilan iklan anda.

Google AdWords- Set Up Your Ad_1234282920871.png
URL yang anda masukkan akan digunakan oleh iklan anda, sehingga setiap kali seseorang mengklik iklan anda, maka orang tersebut akan dibawa ke URL tersebut. Anda bisa mengisinya dengan alamat website anda, contoh www.abetobing.com

Kemudian anda harus membuat tampilan iklan anda. Baris pertama adalah judul dengan batas maksimal 25 karakter (termasuk spasi). Dua baris selanjutnya adalah deskripsi iklan anda, dengan maksimal 35 karakter (termasuk spasi) per baris.

3. Buat keyword iklan anda.Google AdWords- Set Up Your Ad_1234283169903.png
Sesuai dengan yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, keyword ini sangat berperan penting dengan jumlah kemunculan iklan anda di hasil pencarian google. Pastikan keyword iklan anda relevan dengan apa yang anda iklankan.

Jika anda mengiklankan sebuah toko kamera dan alat fotografi, maka masukkan keyword yang berhubungan dengan fotografi, seperti: toko kamera, fotografi, alat foto.

 

4. Pilih mata uang yang akan anda gunakan untuk pembayaran iklan.Google AdWords- Set Up Your Ad_1234283717726.png
Silahkan pilih mata uang yang akan anda gunakan saat pembayaran iklan.

 

5. Selanjutnya anda menentukan budget anda untuk iklan anda perbulannya.Google AdWords- Set Up Your Ad_1234284935314.png
Disini anda tentukan penawaran iklan anda, berapa besar yang sanggup anda bayar per bulan untuk iklan anda. Nominal tersebut adalah batas maksimum budget anda untuk iklan anda. Anda tidak akan discharge lebih dari harga yang anda tetapkan, bahkan mungkin kurang dari itu.

 

6. Apakah ingin menerima informasi update dari Google AdWords via emailGoogle AdWords- Set Up Your Ad_1234285150070.png

Jika anda ceklist kedua pilihan diatas, maka google akan mengirim informas-informasi yang berkaitan dengan program google adwords ke email anda. Klik “next” atau “continue” untuk membuka halaman setting iklan.

 

7. Halaman “My Ad Campaign”Pada halaman ini akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa iklan anda belum diaktifkan oleh google karena anda belum melakukan pembayaran pertama.

Google AdWords- My Ad Campaign_1234285899009.png

Untuk melakukan pembayaran dengan klik “Make Payment now”.

 

8. Masukkan jumlah pembayaran sesuai budget yang anda tetapkan sebelumnya.Google AdWords- Make Payments_1234286221794.png

Biarkan jumlah yang tertera apa adanya, kemudian klik tombol “Make Payment”.

 

9. Muncul kode transfer pada bagian atas halaman.Google AdWords- Make Payments_1234286449282.png

Di sini tertera sebuah nomor yang berwarna merah yang merupakan nomor referensi untuk transfer anda. Sebaiknya anda catat nomor referensi ini, karena akan anda akan menggunakannya pada saat melakukan pembayaran atau transfer di bank.

Selanjutnya klik “Transfer Information Page”, akan muncul window/tab baru. Di halaman ini dijelaskan berapa banyak dan kemana anda harus mentransfer pembayaran iklan anda, biasanya terletak di tengah-tengah halaman. Tampilannya kurang lebih seperti berikut:

Google AdWords- Transfer Information_1234286757878.png

Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi langsung bank yang tertera di halaman informasi tersebut (pada contoh diatas: Bank HSBC Indonesia) atau cabang terdekatnya, atau transfer melalui rekening bank anda.

Catatan: Jangan melakukan transfer via ATM, google tidak akan menerima pembayaran via transfer ATM, anda hanya akan menderita kerugian sebanyak yang anda transfer dan kemungkinan besar google tidak akan mengirim kembali jumlah tersebut.

Pada saat melakukan deposit atau transfer, anda harus menyertakan nomor referensi pada formulir setoran/transfer di bank. Jika tidak ada kolom atau baris untuk menyertakan nomor referensi tersebut, tuliskan tepat di depan nama anda. Jika kolom atau baris pengisian tidak cukup untuk nomor tersebut, gunakan jumlah yang secukupnya dari digit paling belakang. Misal nomor referensi anda adalah 298600947819 (12 digit) namun pada formulir setoran /transfer hanya mencukupi  7 digit saja, maka sertakan 7 digit paling belakang, yaitu  0947819

Di halaman ini dijelaskan pula bahwa nomor referensi tersebut hanya dapat digunakan sekali saja , dan google mengharuskan anda untuk menyertakan nomor referensi tersebut pada saat mentransfer melalui bank.

Jika pembayaran yang anda lakukan sesuai dengan informasi yang tertera pada halaman “Transfer Information Page” maka tidak lama lagi iklan anda sudah mulai bekerja di google.
Resources:

 

Uncategorized

Mid-test E-commerce

April 16th, 2012

Ujian Tengah Semester E-commerce

Dyah Ratri S – 0910223108

Management International class

uts ecommerce – Dyah Ratri

 

untuk dosen: Nanang Suryadi , Nanang Suryadi Web

Uncategorized

Mesin Pencari optimisasi untuk Bing

April 9th, 2012

Rick DeJarnette

Ketika saya menghadiri keduanya SMX Advanced di Seattle pada bulan Juni dan SES San Jose baru saja beberapa minggu lalu, saya mendengar banyak pertanyaan dari webmaster tentang Bing, terutama yang berkaitan dengan masalah optimasi mesin pencari. Biasanya ini meliputi:

Saya ingin melakukan SEO untuk Bing – dimana saya harus memulai?
Bagaimana Bing berbeda dengan SEO?
Apa yang webmaster perlu tahu dan lakukan?
Apakah ada insider tips untuk peringkat yang sukses?
Saya akan menangani pertanyaan-pertanyaan ini dengan menyediakan beberapa informasi, berguna awal dan termasuk pointer ke lebih rinci, dokumen yang bersangkutan.

Seperti yang Anda tahu, Bing merupakan evolusi dalam ruang mesin pencari. Dengan desain yang inovatif, antarmuka pengguna baru/ user interface (UI) membawa kedalaman baru dan peluang untuk pencari, mereka sekarang dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari ketika mereka mencari di Internet. Fitur UI yang baru, seperti Quick Tabs, Penelusuran Terkait, dan Preview Dokumen, informasi permukaan lebih banyak dan lebih banyak kesempatan sekarang untuk menemukan apa yang pencari ingin tahu sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih lebih cepat. Akibatnya, kami menjelaskan Bing sebagai mesin keputusan. (Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur UI baru di Bing, lihat Bing Webmaster Pusat posting blog, Bing kertas putih untuk webmaster & penerbit dirilis)

Di balik dari UI baru, kami melakukan banyak pekerjaan teknik pada skala yang sangat besar. Sebagai contoh, kita merangkak berbagai jenis konten yang ditemukan pada indeks, Web yang konten, menerapkan algoritma yang sesuai, dan akhirnya mengirimkan konten yang relevan dengan query pengguna di mesin pencari hasil kami halaman (SERPs).

Bing SEO prinsip

SEO pada dasarnya adalah untuk menciptakan website yang baik untuk orang. Saran yang paling dasar yang dapat kita berikan untuk mencapai peringkat yang optimal untuk situs Anda di Bing adalah dengan melakukan hal berikut:

– Kembangkan dengan besar, konten asli (termasuk kata kunci baik dilaksanakan) diarahkan audiens anda.

– Gunakan baik architected kode dalam halaman web Anda (termasuk gambar dan peta situs) sehingga pengguna web ‘browser dan crawler mesin pencari dapat membaca konten yang akan diindeks)

– Simpan beberapa, berkualitas tinggi, inbound link otoritatif
Seperti yang Anda lihat dengan link, banyak dari bahan ini telah dibahas secara mendalam dalam blog Pusat Webmaster di tim kami yang berkelanjutan, pemasaran pencarian mesin kolom (SEM) 101.

Jenis pekerjaan SEO dan tugas webmaster harus melakukan untuk menjadi sukses dalam Bing memiliki tidak berubah- semua, sah yang telah teruji, keterampilan SEO dan pengetahuan yang telah berinvestasi di webmaster sebelumnya berlaku sepenuhnya hari ini dengan Bing. Selain itu, investasi dalam bentuk padat, pekerjaan SEO terkemuka dibuat untuk Bing akan membawa perbaikan serupa dalam peringkat halaman situs Anda dalam mesin pencari lainnya juga.

Pada akhirnya, SEO masih SEO. Bing tidak mengubah itu. Design antarmuka pengguna baru Bing hanya menambahkan peluang baru untuk pencari untuk menemukan informasi apa yang mereka inginkan lebih cepat dan mudah, dan bahwa manfaat webmaster yang telah meluangkan waktu untuk bekerja pada kualitas konten mereka, arsitektur situs, dan telah melakukan kerja keras produktif beberapa berkualitas tinggi inbound link.

Kunci konten dan alat untuk melakukan SEO dengan Bing

Untuk mengikuti informasi terbaru dan terbesar datang dari tim Webmaster Bing Pusat, kami sarankan Anda mengikuti dan meninjau konten berikut:

-Review pedoman resmi Bing untuk dokumen pengindeksan sukses untuk rekomendasi berbagai masalah teknis dan konten serta masalah yang diketahui yang dapat mempengaruhi peringkat situs Anda,

– Kunjungi blog Pusat Webmaster untuk mengikuti informasi terbaru dari tim (Anda bahkan dapat berlangganan RSS Feed blog kita untuk mengotomatisasi proses ini)

– Daftarkan semua website Anda dengan Bing Webmaster Pusat alat, di mana Anda dapat menggunakan alat kami untuk melihat segala macam data ke website Anda berhubungan dengan webmaster,

– Berpartisipasi dalam forum Webmaster Pusat pengguna menampilkan peta dan memberikan kami umpan balik.

Kami berharap dapat bekerja dengan Anda sebagai mitra dalam membantu pelanggan bersama kami menemukan informasi yang mereka cari di Internet.

 

Tugas Ecomm Pak Nanang Suryadi

Uncategorized

Hostinger Indonesia dan Kontrol Panel

March 26th, 2012

Hostinger, adalah Web Hosting Gratis Indonesia yang terbaik sampai saat ini karena web hosting gratis ini memberikan space 2GB dan 100GB per bulannya,

 

kelebihan yang di berikan oleh Hostinger ini :   
1. Support PHP dan MYSQL

Berbeda dengan hosting gratis lainnya, Hostinger mendukung PHP dan MySQL tanpa batasan. Kita juga akan mendapatkan akses penuh terhadap PHP dan MySQL kita.
 
2. Tidak ada Iklan Maupun Banner di Website Kamu
Tidak ada iklan teks, pop-ups maupun banner yang sangat mengganggu. Website Kamu 100 persen bebas dari iklan mereka sediakan.
3. Script dan CMS Auto Installer
Hanya dengan melakukan beberapa klik, Kita dapat menginstall WordPress, Joomla, forum, toko online dan banyak lagi. Sebuah website profesional pun dapat kita buat hanya dalam beberapa menit saja.
4. Website Builder yang  Mudah Digunakan

Kita dapat membuat website dengan sangat mudah. Bahkan seorang pemula pun dapat membuat website yang bagus dengan menggunakan website builder yang disediakan oleh hostinger. Silahkan pilih satu dari 100 template profesional yang ada.

5. Space 2000 MB, Bandwidth 100 GB

Setiap akun memiliki space 2000 MB dan bandwidth 100 GB. Fitur ini sangat cukup digunakan untuk website pribadi maupun bisnis. Kita juga dapat melakukan upgrade ke akun hosting premium kapan saja.

6. Kontrol Panel

Hostinger menyediakan sebuah kontrol panel dengan tampilan yang bagus dan mudah untuk digunakan. Melalui kontrol panel, Kamu dapat melakukan konfigurasi email, database, FTP serta membackup file kita. Selain itu, juga terdapat fitur-fitur lainnya seperti web konsol SSH, DNS zone editor dan lain-lain.

 

Tampilan Control Panel idHostinger
Dan untuk Control Panel idHostinger menggunakan Control Panel yang di kostum dengan tampilan sendiri.

 

 

7. Cepat dan handal

Akun berada di dedicated server dengan prosesor Intel Xeon, RAM 16GB dan SSD drive. Semua server terhubung dengan koneksi 1000MB/s untuk memberikan akses dengan cepat. Hostinger menjamin uptime website kita 99.9%.

 

Sumber:

unindrakelasb

all-info4you

hedizone

Uncategorized

Belajar WP 12 Maret Kelas Ecommerce

March 12th, 2012

Hari ini kami belajar Ecommerce di Lab Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi di Universitas Brawijaya. Kali ini kami mempelajari blog.ub.ac.id dan wordpress bersama dosen Nanang Suryadi dan Risca.

  • Pertama
  • Kedua
  • Ketiga

Diulangi lagi

  1. Pertama
  2. Kedua
  3. Ketiga

Manurut Pak Nanang

WordPress itu gampang sekali

Praktek Ecommerce ,

HTML 5

March 12th, 2012

HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997[1]) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak]] pembuat web.

1991 HTML
1994 HTML 2
1996 CSS 1 + JavaScript
1997 HTML 4
1998 CSS 2
2000 XHTML 1
2002 Tableless Web Design
2005 AJAX
2009 HTML 5

HTML5 ~= HTML + CSS + JS
Berikut ini adalah template HTML5 :

Uncategorized

Perkembangan Internet di Indonesia

March 12th, 2012

Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

AWAL INTERNET DI INDONESIA
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio” di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

INTERNET DI INDONESIA SAAT INI
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan / industri maupun pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainya.
Konsep B to B (Busines to Business), B to C (Business to Customer), telah banyak diterapkan oleh sebagian besar perusahaan di dunia. Bahkan terakhir akan merambah ke sektor Government, dengan konsep G to G (Government to Government), G to C (Governement to Customer), serta G to B (Government to Business). Tingkat pertumbuhan pengguna internet juga menunjukan angka yang sangat fantastik, bahkan internet telah menjadi bagian kebutuhan dalam sebuah rumah tangga. Fenomena ini menunjukan bahwa 5 sampai 10 tahun yang akan datang teknologi informasi akan menguasai sebagian besar pola kehidupan masyarakat, badan usaha maupun pemerintah.
Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia dan frekuensi pemakainyapun belum terlalu banyak. Namun perkembangan internet di Indonesia telah menunjukan perkembangan yang signifikan.

 

sumber:
Wikipedia – Internet
Wikipedia – Sejarah Internet Indonesia
Prayitno

Uncategorized

Hello world!

March 12th, 2012

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

Uncategorized