Manfaat Pengujian Software

Manfaat Pengujian Software – Pada saat seorang developer atau programmer membuat sebuah software, tentunya akan ditemukan kesalahan atau error pada proses-proses tertentu. Untuk menghindari banyaknya bug atau error, maka diperlukan pengujian software sebelum software yang telah Anda buat diberikan kepada pelanggan.  Pengujian software ini biasa juga dikenal dengan sebutan software testing.

Lalu, Apa Itu Software Testing?

Software testing adalah proses mengeksekusi program atau aplikasi yang telah dikembangkan oleh developer dengan maksud untuk menemukan bug dari suatu software.

Software testing juga bisa diartikan sebagai aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan sebuah program atau sistem dan menentukan apakah program tersebut sesuai dengan hasil yang diharapkan. Serta bertujuan untuk memastikan bahwa software tersebut memiliki kualitas yang terbaik dan terjaga.

Kenapa Harus Menjaga Kualitas Software?

Menurut QA Leader Verifone, Delvianti, pengujian perlu dilakukan karena biasanya ada yang terlewat ketika seorang developer mengembangkan aplikasi. Jika tahapan ini terlewat, maka tingkat kepercayaan untuk merilis aplikasi itu menjadi rendah.

Berikut ini adalah 3 alasan utama kenapa Anda perlu melakukan testing pada software baik otomatis ataupun manual.

  1. Apapun bisa terjadi. Sebelum Anda memeriksa atau melakukan testingpada software atau aplikasi yang telah dibuat, ingatlah bahwa kesalahan atau kekurangan dapat saja terjadi. Tentu saja Anda tidak ingin software atau aplikasi yang telah dibuat tidak berfungsi dengan normal bukan?
  2. Aplikasi baik saja tidak cukup, aplikasi Anda harus yang terbaik. Ingat juga bahwa bisnis yang selalu menghadirkan produk dalam hal ini aplikasi atau software, yang terbaik itu selalu dicapai setelah perjalanan yang panjang dengan berbagai macam pengujian.
  3. Kepuasan end user adalah segalanya. Tentu Anda tidak pernah tahu bagaimana pengguna akan mencoba untuk melihat dan menggunakan software atau aplikasi Anda. Pengujian yang Anda lakukan dapat membantu meyakinkan Anda dan tentu saja akan memberi kepuasan terhadap pengguna software Anda bahwa yang mereka gunakan itu sesuai dengan harapan.

Tujuan dan Manfaat dari Software Testing

Tujuan utama dari pengujian software sebenarnya sederhana, yaitu untuk memastikan bahwa software yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan (requirement) yang sebelumnya ditentukan. Jika Anda bingung untuk memilih software, Anda bisa langsung download software gratis ini.

Dan manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Menemukan kesalahan (fault) sebanyak mungkin dari software yang diuji
  2. Membuat software yang diuji, setelah perbaikan dilakukan, menjadi software yang berkualitas
  3. Melakukan pengujian secara efektif dan efisien
  4. Mengumpulkan kesalahan yang terjadi dan menggunakannya untuk tindakan preventif

Prinsip Pengujian Software

  1. Semua pengujian harus dapat dirunut sampai kepada spesifikasi kebutuhan software.
  2. Pengujian harus dimulai dari lingkup yang kecil ke lingkup yang besar.
  3. Pengujian yang mendalam tidak mungkin dilakukan karena tidak mungkin mengeksekusi semua jalur permutasi.
  4. Supaya efektif (memiliki probabilitas yang tinggi dalam menemukan kesalahan), pengujian harus dilakukan oleh pihak lain yang independen.
  5. Pengujian harus direncanakan jauh sebelum dilakukan

Baca juga: Ulasan Moonlighter Terbuka untuk Bisnis Kita

Kualitas Pengujian Software yang Baik

  1. Mencakup semua kemungkinan skenario pengoperasian software.
  2. Mencakup sebanyak mungkin jalur yang dibentuk dari struktur program.
  3. Tidak terlalu sederhana dan tidak terlalu rumit

Metode Perancangan Kasus Uji (Design Test Case Methode)

  1. Black Box: pengujian untuk mengetahui apakah semua fungsi software telah berjalan semestinya sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan
  2. White Box : pengujian untuk memperlihatkan cara kerja dari produk secara rinci sesuai dengan spesifikasinya