Contoh Finansial Teknologi Yang Ada di Indonesia

Contoh Finansial Teknologi seperti apa sih di Indonesia? Finansial teknologi merupakan serapan dari arti asing fintech. Fintech atau finansial teknologi, adalah salah satu pertumbuhan teknologi masa sekarang. Financial bermakna adalah keuangan, pas Technology bermakna teknologi, jika digabungkan Fintech punyai pengertian inovasi yang melibatkan teknologi moderen di dalam bidang jasa keuangan.

Fintech sendiri udah tersebar luas di masyarakat terlebih Indonesia karena kemudahan yang ditawarkannya. Ada banyak sekali tipe Fintech di Indonesia, diantaranya di dalam bidang pembayaran, investasi ritel, peminjaman, perencanaan keuangan, pembiayaan, remintasi hingga riset keuangan. Contoh yang paling lazim adalah internet banking. Namun tetap ada contoh-contoh lain dari Fintech. Berikut diantaranya:

Peminjaman Modal UKM

Teman Usaha merupakan salah satu dari startup Fintech yang berfokus pada bidang peminjaman untuk memfasilitasi para pelaku UKM di dalam menggerakkan usaha. Dengan menggunakan aplikasi, Teman Usaha bakal menghubungkan para pelaku UKM bersama perbankan untuk meraih pinjaman yang dibutuhkan.

Transfer Tanpa Biaya

Flip.com dan Xendit.com, merupakan wujud Fintech yang menawarkan kemudahan di dalam transfer duit tanpa biaya. Hanya bersama membuat akun di Flip, transfer lumayan dilaksanakan melalui telephone seluler tanpa perlu punyai rekening terlebih dahulu. Nilai plus-nya, tidak perlu membayar biaya tambahan pas melaksanakan transfer.

Investasi Online

Jika Anda idamkan melaksanakan investasi, terlebih menggunakan Reksadana, tidak perlu kembali jauh-jauh pergi kekantor cabang Reksadana. Saatini, Reksadana mampu dibeli secara online melalui beberapa startup Fintech yang udah menawarkan jasa ini. Seperti Bareksa.com, dan Indopremier.com.

Dompet Elektronik

Salah satu produk yang menawarkan jasa dompet elektronik adalah Doku. Bagi Anda yang tidak punyai kartu kredit, bias membuat dompet elektronik melalui startup Fintech bernama Doku yang nantinya bakal mempermudah Anda di dalam berbagai sarana pembayaran. Seperti pembayaran telepon, listrik, PAM, belanja online, lebih-lebih mampu menghendaki duit pada sesame pengguna Doku.

Pinjaman Online

Melakukan peminjaman dari bank memang tidak mudah. Selain prosesnya yang berbelit dan persetujuan yang memakan pas lama, biasanya pengajuan peminjaman bakal tidak diterima jika tidak punyai riwayat kredit. Berangkat dari pemasalahan ini, muncullah suatu startup Fintech yang menawarkan pinjaman yang bias cair hanya di dalam hitungan kurang dari sehari yakni uangteman.

Pengajuan pinjaman mampu dilaksanakan secara online, Anda hanya perlu isikan data pinjaman dan tidak mensyaratkan perlu punyai riwayat kredit. Setelah Anda isikan data secara online, Anda bakal dihubungi dan jika udah disetujui maka dana pinjaman bakal cair ke rekening.

Itulah beberapa perumpamaan finansial teknologi yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat. Portal berita yang mengulas Financial technology dalam dan luar negeri, lengkap dengan review Teknologi finansial di Fintech Calonpintar