Amazon,the bigest e-commerce….>_0



Filed under : Uncategorized

Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce. Makhluk apa sesungguhnya e-commerce itu, bagaimana ia dapat mempermudah penggunanya, serta peran pentingnya akan dibahas dalam tulisan ini.

Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa media elektronik yang digunakan juga akan berkembang untuk selanjutnya.

Amazon.com merupakan salah satu toko online terbesar yang ada saat ini yang juga menjalankan e-commerce.

Amazon.com, Inc. didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan mulai dionline-kan pada juni 1995. Jeff Bezos menulis sendiri bussiness plan / rencana bisnis perusahaan impiannya ini dan memilih seattle sebagai tempat memulai usaha karena lebih mudah untuk mencari staff IT pada masa itu.

Perusahaan ini awalnya diberi nama Cadabra, Inc, namun orang sering salah mendengarnya sebagai ‘Cadaver’ (mayat/bangkai). Nama Amazon dipilih karena sungai Amazon adalah sungai terbesar didunia yang melambangkan ukuran yang besar dan juga karena nama ini di awali dengan hruf “A” yang muncul di awal urutan alfabet.

Dengan berbekal pengalamannya sebagai programmer, Jeff menuliskan sendiri kode-kode program untuk aplikasi online shopping-nya, dan kemudian meminta 300 orang temannya untuk menguji coba situs tersebut sebelum secara resmi diluncurkan. Pada bulan Juli 1995, Jeff secara resmi meluncurkan situs Amazon. Dan  dalam 30 hari, melalui berita yang disebarkan oleh 300 rekannya, Jeff berhasil menjual buku ke berbagai penjuru Amerika, termasuk ke-45 negara di luar Amerika.
Nick Hanauer adalah investor pertama yang percaya dengan ide Jeff Bezos dan menginvestasikan uang sebesar $40.000 sebagai modal. Dan ketika amazon.com pertama kali online, tampilan situs ini tidak semenarik sekarang. Situsnya terlihat sangat polos dan tidak menarik bagi kebanyakan orang, dan ketika Tom Alburg tertarik mengivestasikan $100.000 ke amazon.com sangat membantu perusahaan untuk menciptakan situs yang lebih menarik dan kemampuan hosting yang lebih baik. Pada tahun 1997 amazon menjadi perusahaan publik yang pertama kali dibuka dengan harga saham $18 dan melonjak menjadi $24 dalam sehari.

 

Salah Satu inovasi dari amazon adalah kindle yang merupakan sebuah alat/program  pembaca ebook yang memudahkan kita untuk membaca ebook. Selain itu sepanjang perjalanan bisnis amazon telah diakui  berbagai perusahaan, salah satunya adalah alexa yang merupakan perusahaan pengumpul data di internet yang sistem ratingnya menjadi acuan para web master di seluruh dunia. Selain itu banyak inovasi-inovasi yang diberikan oleh Amazon.com dalam  pendistribusiannya , seperti:

  • Frustration-Free Packaging, dimana pelanggan sangat dimudahkan dengan rancangan pengemasan yang mudah di buka namun tetap berkualitas.
  • Packaging Feedback Program , dimana pelanggan dapat dengan mudah melaporkan kepuasan maupun complain terhadap barang yang telah ditransaksikan. Dan masih banyak lagi

Canada China France Germany Italy Japan Spain United Kingdom

AbeBooks
Rare Books
& Textbooks

AmazonLocal
Great Local Deals
in Your City

AmazonSupply
Business, Industrial
& Scientific Supplies

AmazonWebServices
Scalable
Cloud Services

AmazonWireless
Cellphones &
Wireless Plans

Askville
Community
Answers

Audible
Download
Audio Books

BeautyBar.com
Prestige Beauty
Delivered

Book Depository
Books With Free
Delivery Worldwide

CreateSpace
Indie Publishing
Made Easy

Diapers.com
Everything
But The Baby

DPReview
Digital
Photography

Endless
Shoes
& More

Fabric
Sewing, Quilting
& Knitting

IMDb
Movies, TV
& Celebrities

Junglee.com
Shop Online
in India

MYHABIT
Private Fashion
Designer Sales

Shopbop
Designer
Fashion Brands

Soap.com
Health, Beauty &
Home Essentials

Wag.com
Everything
For Your Pet

Warehouse Deals
Open-Box
Discounts

Woot
Never Gonna
Give You Up

Yoyo.com
A Happy Place
To Shop For Toys

Zappos
Shoes &
Clothing

Conditions of Use Privacy Notice Interest-Based Ads © 1996-2012, Amazon.com, Inc. or its affiliates

by: @di$ty z@hr0tul Pr@de$t@