Cara Alami untuk Mengobati Vertigo dengan Mudah

Cara Alami untuk Mengobati Vertigo dengan Mudah

Vertigo adalah semacam pusing yang ditandai dengan sensasi bahwa Anda atau lingkungan Anda bergerak, berputar, jatuh atau miring meski tidak ada gerakan yang sebenarnya.

Bisa disertai gejala lain seperti mual, muntah, kehilangan keseimbangan, tinnitus, gangguan pendengaran sementara atau perasaan kenyang di telinga.

Vertigo itu sendiri lebih merupakan gejala daripada penyakit dan berbeda dari keadaan ringan atau pusing nonspesifik. Bentuk vertigo yang paling umum adalah vertigo posisi paroksismal posisional (BPPV) , yang disebabkan oleh gangguan pada partikel kalsium yang disebut otolith di kanal semisirkular labirin telinga bagian dalam. Orang tua lebih rentan terhadap masalah ini.

Hal ini ditandai dengan sensasi gerak, dibawa atau diperparah oleh pergerakan kepala mendadak atau perubahan posisi. Biasanya berlangsung kurang dari satu menit.

Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo adalah labyrinthitis (radang pada struktur telinga bagian dalam yang disebut labirin), penyakit Meniere, neuronitis vestibular (radang saraf vestibular biasanya disebabkan oleh infeksi telinga virus), cedera kepala dan migrain.

Bisa juga karena masalah di otak atau saraf atau efek samping obat tertentu.

Dalam beberapa kasus, vertigo akan membaik sendiri selama periode waktu tertentu. Anda juga bisa mencoba latihan seperti manuver Epley, dan perawatan rumah lainnya untuk bantuan.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan ini karena masing-masing kasus dapat bervariasi. Selanjutnya, beberapa kasus mungkin memerlukan perawatan oleh spesialis atau bahkan operasi.

Pengobatan rumah untuk vertigo

Berikut adalah metode pengobatan rumah untuk mengobati vertigo dengan alami :

1. Jahe

Jahe dapat membantu mengatasi vertigo karena meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan juga mengurangi rasa mual . Sebuah studi tentang efek mengurangi vertigo dari jahe ternyata juga mengurangi masalah terkait seperti mabuk perjalanan dan migrain.

  • Cukup mengunyah jahe secara teratur bisa membantu meringankan masalah ini.
  • Siapkan teh jahe dengan memasukkan satu sendok teh jahe parut ke dalam cangkir air mendidih selama sekitar lima menit dan kemudian saring. Anda bisa mempermanisnya dengan madu. Minumlah dua kali sehari selama beberapa minggu.
  • Pilihan lainnya adalah mengonsumsi jahe dalam bentuk suplemen (konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat).

Catatan: Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi jahe karena dapat mengganggu pengobatan tertentu seperti obat antikoagulan, antidiabetes dan tekanan darah.

2. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah obat tradisional China yang hebat yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak , sehingga mengurangi sensasi pusing.

Ambil 120 sampai 160 mg ekstrak ginkgo biloba dalam dua atau tiga dosis terbagi setiap hari selama tiga bulan. Anda akan mulai memperhatikan perbaikan setelah delapan sampai 12 minggu.

3. Biji ketumbar

Biji ketumbar adalah obat Ayurveda yang populer untuk vertigo.

  • Rendam satu sendok teh biji ketumbar dan bubuk gooseberry India (amla) ke dalam secangkir air.
  • Sisihkan semalam.
  • Saring dan minumlah larutan ini keesokan harinya. Untuk meningkatkan rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu.
  • Ulangi setiap hari selama beberapa hari.

4. kapulaga

Kapulaga memiliki bau yang menyejukkan dan khasiat kesehatan yang mirip dengan jahe, sehingga membantu pengobatan vertigo secara alami. Plus, tindakan memijat yang digunakan dalam pengobatan ini akan membantu meringankan masalah.

  • Sedikit panaskan dua sendok teh minyak wijen.
  • Campur dalam satu setengah sendok teh masing-masing bubuk kayu manis dan kapulaga.
  • Perlahan pijat kepala Anda dengan minyak ini dan biarkan selama beberapa jam.
  • Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu selama beberapa minggu.

5. Kemangi

Karena bau yang ringan, pedas dan manis, kemangi berfungsi sebagai obat aromaterapi untuk pusing dan vertigo.

  • Rebus tiga atau empat daun kemangi dalam satu cangkir susu.
  • Tarik nafas dan minum tonik yang sehat ini setiap hari sebelum tidur.
  • Lakukan ini setidaknya selama beberapa minggu.

6. Terapi Pijat

Terapi pijat dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan dan mengurangi pusing dengan bekerja pada titik pemicu pada otot anterior. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi, dan meredakan nyeri leher dan kekakuan juga.

Anda bisa melakukan pemijatan sederhana setiap hari dengan memijat lembut kepala, leher dan punggung bagian atas dengan gerakan melingkar. Untuk pijat yang tepat sekalipun, sesi dengan terapis pijat yang terampil sangat dianjurkan.

Catatan: Hindari pemijatan yang hebat, terutama bila Anda mengalami gangguan pendarahan atau Anda mengonsumsi obat pengencer darah.

7. Balsem Lemon

Ahli herbal percaya bahwa balsem lemon dapat membantu mengatasi masalah seperti kegelisahan , depresi, hipertensi, migrain, insomnia, ketegangan saraf dan vertigo karena ini baik untuk sistem saraf dan peredaran darah. Plus, ia memiliki sifat antivirus.

  • Rebus secangkir air. Tambahkan satu sendok teh lemon kering ke dalamnya dan biarkan mendidih selama 10 sampai 15 menit. Saring teh dan minumlah beberapa kali sehari selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa menghirup minyak baslem lemon secara langsung tapi tidak untuk waktu yang lama.

Catatan: Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat herbal.

8. Almond

Obat tradisional yang disiapkan dengan kombinasi kacang almond, biji labu, biji gandum dan poppy juga dapat membantu mengurangi pusing dan vertigo.

  • Rendam tujuh atau delapan kacang almond, tujuh atau delapan biji labu, tiga sendok makan gandum dan satu sendok teh biji poppy (juga dikenal sebagai khuskhus) dalam air semalam.
  • Keesokan paginya, kupas almond dan giling mereka bersama dengan bahan direndam lainnya untuk membuat pasta yang enak.
  • Tumis satu setengah sendok teh cengkeh dalam dua sendok teh mentega yang diklarifikasi (juga dikenal sebagai ghee).
  • Tambahkan pasta almond dan secangkir susu ke dalam campuran, bawalah sampai mendidih lalu matikan api. Anda bisa mempermanisnya dengan sedikit gula.
  • Minumlah ini setiap hari selama beberapa hari.

Selain pengobatan ini, penting untuk menjaga agar tidak terhidrasi. Dehidrasi berkontribusi pada pusing dan pusing. Jadi, minumlah banyak air sepanjang hari, terutama saat Anda merasa pusing.

Plus, Anda bisa melakukan lebih banyak latihan keseimbangan agar pusing mereda. Akupunktur, teknik pernapasan dan meditasi juga bisa membantu dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*