RSS
 

Mengapa Saya harus Mempelajari Manajemen Pemasaran?

18 Feb

Oleh : Dina Andri Tri R.

Dosen : Nanang Suryadi

Menurut Kotler (2002 : 34), Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa melewati hari tanpa adanya pemasaran dan semua hal yang telah dilakukan sistem pemasaran untuk kita. Hal tersebut mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita.

Orang beraktifitas setiap hari dengan pengalaman yang berbeda-beda. Sebuah keluarga bisa jadi hanya memiliki pilihan yang terbatas tentang makanan apa yang akan mereka konsumsi atau darimana pakaian mereka berasal. Sementara keluarga lain memiliki banyak pilihan tentang produk apa yang bisa mereka gunakan.

Apa yang membedakan ini semua? Dan apa yang harus kita lakukan dengan pemasaran yang ada? Serta bagaimana pemasaran mempengaruhi kualitas kehidupan di berbagai kalangan masyarakat dan kenapa pemasaran sangat penting dalam perkembangan ekonomi serta ekonomi kita secara keseluruhan. Untuk itulah kita harus belajar pemasaran.

Pada Umumnya, kebanyakan orang beranggapan bahwa pemasaran itu berarti penjualan atau periklanan. Hal tersebut memang bagian dari pemasaran. Namun sebenarnya pemasaran jauh lebih dari sekedar penjualan atau periklanan.

Untuk mengilustrasikan hal-hal penting lain dalam pemasaran, kita ambil contoh banyaknya sepeda yang telah dikendarai oleh orang-orang di seluruh dunia. Kebanyakan dari kita tidak lahir dalam keadaan duduk di atas sepeda atau membuat sepeda sendiri.

Hampir semua sepeda diciptakan dengan tujuan yang sama –membuat pengendaranya berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi pengendara sepeda dapat memilih banyak model. Mulai dari variasi frame untuk laki-laki atau perempuan hingga variasi harga yang ditawarkan. Variasi ini membingungkan produksi dan penjualan sepeda. Hal-hal dibawah ini harus diperhatikan oleh perusahaan sebelum dan sesudah memutuskan untuk memproduksi sepeda.

Aktivitas-aktivitas tersebut bukan bagian dari produksi namun merupakan bagian dari suatu proses yang lebih besar yaitu pemasaran, yang menyediakan petunjuk yang dibutuhkan untuk memproduksi dan memastikan bahwa perusahaan telah memproduksi barang dan jasa yang benar serta menyampaikannya kepada konsumen.

Alasan penting lainnya kenapa kita harus belajar manajemen pemasaran adalah karena pemasaran mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa kursus mungkin sangat menarik untuk para mahasiswa ketika kita memutuskan untuk mengikutinya namun kemudian tidak relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak demikian halnya dengan pemasaran, kita akan menggunakannya di sepanjang hidup anda.

Selain itu dalam belajar marketing, kita sebagai pelanggan membayar aktivitas pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Pada ekonomi nyata biaya aktivitas pemasaran bisa mencapai 50% dari harga yang kita bayar untuk suatu produk. Bahkan bisa jadi lebih besar dari itu.

Kenapa kita perlu belajar pemasaran adalah kenyataan bahwa banyak sekali jenjang karir yang menarik dan menjanjikan di bidang pemasaran. Pemasaran sering menjadi jalan menuju puncak karir seseorang. Apalagi kita sebagai mahasiswa yang berpendidikan tinggi pasti ingin mencari pekerjaan yang menjanjikan karena itulah kita harus belajar manajemen pemasaran.

Bahkan jika anda tidak mempunyai rencana berkarir di dunia bisnis, konsep dan tehnik pemasaran juga dapat digunakan untuk organisasi nirlaba. Prinsip dasar yang digunakan untuk menjual sabun dapat digunakan juga dalam “menjual” ide-ide, politikus, transportasi umum, jasa kesehatan, museum bahkan tempat perkuliahan.

Satu alasan mendasar kenapa belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai agent of change,social control dan iron stock kita dituntut untuk mempelajari semua aspek yang ada. Pemasaran merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan  puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Manajemen Pemasaran memberikan gambaran pada mahasiswa tentang bagaimana cara melakukan kegiatan perencanaan, analisis, dan pengendalian terhadap kegiatan pemasaran atas produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh manajemen perusahaan. Pemahaman terhadap pasar sangat penting agar dapat memilih dan menetapkan keputusan-keputusan pemasaran yang efektif / tepat sesuai dengan sasaran pasar yang ingin dituju oleh perusahaan. Selain daripada itu dengan mempelajari Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan dapat mengenali persoalan-persoalan yang dihadapi oleh perusahaan dalam kegiatan memasarkan produknya pada pasar sasaran yang dituju.

Sekarang kita dapat mengetahui bahwa pemasaran mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan barang dan jasa, atau lebih tepatnya menciptakan kepuasan pelanggan.

Konsep pemasaran sepertinya mudah dipahami, namun sangat mudah disalahartikan menjadi pola berfikir yang berorientasi produksi. Semua bisa dipelajari bukan hanya dari buku atau dari orang yang cakap, namun kita bisa pelajari dari lingkungan kita, baik dari melihat bagaimana para pedagang menjual dan me-marketing-kan produk mereka, bagaimana perusahaan mempromosikan, bagaimana instansi pemerintah sekarang mulai melakukan marketing, Mahasiswa dituntut agar belajar tidak hanya dari buku tetapi juga dari lingkunga, bisa dengan cara melihat bagaimana marketing dijalankan. Kita amati dan pikirkan, agar kita mendapat pengetahuan yang aplikatif tentang marketing yang dapat berguna untuk kehidupan.

Download :

DOC : Mengapa Saya harus Mempelajari Manajemen Pemasaran

PDF : Mengapa Saya harus Mempelajari Manajemen Pemasaran

 

Leave a Reply

 
*
 
  1. Training K3

    11 March 2013 at 15:25

    Saya senang membaca artikel ini , kami juga memiliki artikel dan training yang menarik dan berwawasan silahkan klik training manajemen risiko insvestasi

     
  2. Training Yogyakarta

    26 March 2013 at 09:22

    Saya senang membaca artikel ini , kami juga memiliki artikel dan training yang menarik dan berwawasan silahkan klik pelatihan PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN PENGADAAN TANAH/ PEMBEBASAN LAHAN

     
  3. Google

    26 March 2013 at 14:10

    Google…

    You have very nice blog here. Only one thing what I noticed, it was very hard to find it from google (at least with my search term). You should try this: http://bit.ly/11UpQn2 It will get you better ranking in google. I use it all my wp blogs.If you ha…