1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap Supply Chain Management
Berkat kecanggihan teknologi, E-commerce memberikan informasi yang menyeluruh tentang, karakteristik produk, karakteristik industri, karakteristik penjual dan karakteristik pembeli. Sehingga dapat mempermudah dalam melakukan perancangan rantai pasokan. Dalam hal ini, perusahaan bisa melakukan penghematan baik waktu dan biaya yang akan dihabiskan dalam hal rantai pasokan. Peningkatan intensitas produksi perusahaan tentu harus didukung oleh manajemen rantai pasokan yang baik pula. Pasokan yang akan di atur untuk masuk dalam produksi harus bisa di atur dengan mudah. Manajemen rantai pasokan tersebut bisa diatur dengan mudah melalui direktori online yang tentunya sangat membantu perusahaan untuk melakukan pengawasan dengan baik. Sehingga menghindari adanya kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi karena human error. Supply chain management selalu mempunyai masalah mengenai idle time waktu pemesanan dengan waktu pengiriman dan waktu kedatangan waktu barang yang telah dibutuhkan dalam kegiatan operasionalnya. Hal ini bisa diatasi dengan sistem yang canggih dan terintegrasi dengan otomatisasi database. Dengan hal ini sistem yang akan bekerja secara otomatis untuk mengaturnya. Para pemesan dapat memesan barang yang menjadi bahan baku dalam aktivitas produksinya dengan melalui direktori online yang disediakan oleh perusahaan vendor mereka. Sehingga dengan E-commerce ini tentunya dengan mudah melakukan berbagai hal mengenai Supply Chain Management yang tentunya dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan baik dalam hal waktu maupun biaya yang dikeluarkan.
2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan.
E-commerce hal ini dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan, dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan. Hal ini tercermin di perusahaan-perusahaan yang telah melakukan atau mengaplikasikan e-commerce secara konsisten dan sudah terintegrasi melalui sistem yang modern. Sehingga sistem tersebut tertata rapi di database perusahaan. Dalam hal mengurangi siklus waktu sudah dibicarakan mengenai supply chain management di atas. Dimana perusahaan bisa menghemat idle time mereka dengan baik dan konsisten dengan e-commerce.
Dalam hal meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan menggunakan e-commerce untuk melakukan koordinasi alur kinerja mengenai melalui direktori online. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari pemberian tugas dengan lebih terstruktur dan kemudahan akses bagi karyawan mengenai apa yang harus mereka lakukan besok di pagi hari di kantor mereka. Sehingga karyawan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya secara dini untuk pekerjaan yang ttelah menanti esok hari. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan melalui e-commerce.
Dalam hal e-commerce memfasilitasi pelanggan tentu saja hal ini sangat benar. Ditinjau dari kegunaan e-commerce itu sendiri, e-commerce dapat memanjakan pelanggan dengan direktori online melalui official website perusahaan yang telah dirancang untuk memudahkan calon pelanggan mereka. Kemudahan akses dan pemberian layanan secara baik, akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen yang telah melakukan aktivitas di direktori online perusahaan. Maka dari itu e-commerce sangatlah membantu pelanggan.
3. Bandingkan antara “Marketplaces” dengan “Marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
Marketplaces merupakan suatu lokasi di internet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi, mulai transaksi pekerjaan, atau bekerja sama dalam pekerjaan apapun.
• Keunggulan marketplaces:
1. Mempunyai akses penjualan dan pembelian secara jelas dan nyata.
2.Mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih jelas dan tinggi diantara penjual dan pembeli.
3. Barang yang dijual atau dibeli dapat diamati dengan mudah mengenai kualitas dan kondisi barang.
4. Tidak ada pihak manapun yang merasa tertipu dalam aktivitas pembelian maupun penjualan.
.• Kelemahan Marketplaces:
1. Informasi yang harus dibeli untuk mendapatkan barang oleh pembeli lebih terkesan mahal.
2. Tingkat aksesibilitas yang lebih rendah.
3. Tidak terjadinya proses jual beli bila pembeli dan penjual tidak dalam satu lokasi.
4. Informasi mengenai harga, mutu, dan kualitas barang yang rendah.
Marketspace adalah pasar di mana para penjual dan para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa dan barang-barang lainnya, yang dilakukan secara elektronik.
• Keunggulan marketspace:
1. Dapat mempunyai informasi yang lebih mengenai barang yang diperdagangkan.
2. Pembeli lebih murah dalam mencari nformasi mengenai barang yang akan dibelinya.
3. Memungkinkannya pembeli dan penjual untuk melakukan aktivitas perdagangannya walaupun tidak dalam satu lokasi.
4. Pembeli mempunyai aksesibilitas yang baik dalam melakukan pembelian barang yang diinginkannya.
• Kelemahan Marketspaces:
1. Rentan terhadap penipuan.
2. Kualitas barang yang tidak terjamin 100% dengan kualitas sebenarnya.
3. Adanya idle time untuk mendapatkan barang yang telah dibeli oleh seorang pembeli.
4. Tingkat kepercayaan yang relatif rendah.
4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?
Situs yang memberikan harga terbaiknya tergantung pada seri Sony digital camera dan specifikasinya adalah shopping.com, walaupun situs-situs yang lain memberikan selisih harga yang tidak jauh berbeda, bahkan hanya dalam sen akan tetapi shopping.com-lah yang memberikan harga terendah. Perbandingan yang saya lakukan adalah terhadap harga Sony Cyber-shot W330 dimasing-masing situs diatas.
Informasi terbaik juga berikan oleh shopping.com mengenai harga dan karakteristik dari Sony Cyber-shot W330 jika dibandingkan dengan situs-situs lainnya.
5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce.
Trust (Kepercayaan)
Kepercayaan
Dalam hal ini dalam arti dimana sebuah perasaan dimana seorang pelanggan akan merasa percaya untuk melakukan aktivitas dengan vendor yang dikehendakinya. Kepercayaan yang didapat konsumen didapat dari jaminan rasa aman yang diberikan pada layanan E-commerce. Berikut ini cara meningkatkan kepercayaan di e-commerce.
Bundel merk yang berkualitas dan terjamin.
Pengaturan sistem keamanan vendor yang terjamin. Sehingga pelanggan merasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi.
Meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diantara keduanya.
Kepuasan
Kepuasan konsumen selalu menjadi tujuan dari dalam setiap bisnis, termasuk dalam E-Commerce. Berdasarkan hasil penelitian, reaksi konsumen (tingkat kepuasan) ketika bertransaksi secara on-line adalah sebagai berikut :
80% dari kepuasan tertinggi konsumen online menginginkan untuk berbelanja kembali dalam 2 bulan.
90% menginginkan untuk memberikan rekomendasi vendor kepada yang lain.
Bagaimanapun, 87% pelanggan yang tidak puas akan meninggalkan vendor mereka secara permanen tanpa memberikan komplain mereka.
Loyalitas
Loyalitas yaitu suatu tingkat kepercayaan dimana seorang pelanggan akan setia dengan suatu penyedia atau vendor dan merk tertentu dan pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali dan secara berulang. Loyalitas pelanggan tidak hanya akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan, juga menguatkan image vendor tersebut dipasar. Sehingga apabila dihubungkan dengan e-commerce, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bagaimana pelanggan yang telah menggunakan fasilitas e-commerce pada vendor tertentu akan setia melakukan aktivitas online mereka pada vendor tertentu. Loyalitas konsumen menjadi sulit dipertahankan karena semakin
6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.
Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.
7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.
www.alibaba.com
Dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.
www.eceurope.com
ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.
www.ecplaza.net
Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.