UTS E-COMMERCE

Posted: 23rd April 2010 by dicky fariz a in Uncategorized
Comments Off on UTS E-COMMERCE

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap Supply Chain Management?

E-Commerce dengan Supply Chain Management tentu sangat berkaitan, sesuai dengan definisinya E-Commerce merupakan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran informasi, produk dan jasa melalui jaringan komputer. Jika dahulu proses Supply Chain Management (SPM) dilakukan secara tradisional , yaitu dari Supplier berlanjut ke Retailer ,Wholesaler ,Producer dan terakhir ke consumer yang mana kegiatan tersebut dilakukan dengan tekhnik sederhana yang tentu relatif memakan waktu dan biaya. Namun dengan adanya E-commerce rantai tersebut tidak berlaku lagi karena beberapa elemen dapat dihilangkan oleh E-commerce, antara lain :

1. Bagi Pemasok dan Produsen, proses ini disebut Disintermediation Producer Supplier in Direct Marketing, karena menghilangkan atau mengeliminasi semua komponen pihak penyalur yaitu Wholesaler dan Retailer, jadi jika produsen membutuhkan sesuatu dalam proses produksinya maka si produsen dapat langsung memesannya ke pemasok tanpa perlu melalui perantara lagi.

2. Proses wholesaler , Producer , Supplier Disintermediation of the Retailer. Dalam proses ini, Retailer dihilangkan. Jadi ketiga pemain tersebut (wholesaler , Producer , Supplier) dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat. Kegiatan dengan menggunakan tiga pemain ini didapat apibila produk yang diiinginkan memiliki keterbatasan akses untuk mendapatkannya jadi Produsen tetap bisa mendapatkan produk yang diiinginkannya akan tetapi dengan melewati proses yang sedikit lebih panjang.

3. Electronic Intermediation on the Internet Producer Supplier Consumer, disebut Reintermediaton. Dalam proses ini, komponen-komponen penyalur digantikan fungsinya dengan saluran internet. Jadi dalam hal ini yang pihak yang mendapatkan keuntungan adalah konsumen akhir, yang mana konsumen yang menginginkan suatu produk akan dapat langsung mengakses informasi sekaligus melakukan transaksi seputar barang yang diinginkan secara langsung tanpa perlu perantara. Selain itu dengan adanya model baru supply chain melalui E-commerce perusahaan memperoleh beberapa manfaat, yaitu: • Perusahaan dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen secara langsung • Perusahaan dapat mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen. • Perusahaan dapat mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih cepat. • Perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi, biaya transportasi dan interaksi pemesanan, sekaligus biaya pemesanan (biaya pemesanan di bayar di muka).

2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitisasi pelanggan !

Karena E-commerce dilakukan melalui jaringan internet, waktu dan tempat (jarak) bukan lagi menjadi halangan dalam melakukan perdagangan. Gerakan perusahaan men jadi lebih leluasa dan seolah tanpa batas. Jika dahulu dalam melakukan proses persiapan produksi (mulai dari pemesanan barang baku ke supplier) dan proses memasarkan produk jadinya suatu Perusahaan menggunakan jasa perantara yang cukup beragam yang tentunya dapat memperlama kegiatan perusahaan dan tentunya dapat mengurangi keuntungan perusahaan tapi sekarang dengan kemunculan E-Commerce semua masalah yang berkaitan dengan waktu dan jarak dapat diminimalir maka selain mengurangi siklus waktu kehadiran E-Commerce juga secara tidak langsung dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. E-Commerce juga memberikan dampak yang positif terhadap kinereja karyawan, Dengan E-Commerce seorang pekerja (terutama tim yang berada di bagian pemasaran dan beberapa bagian lain yang berhubungan dengan proses produksi) memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan waktu dan tenaganya, artinya seorang pekerja tidak hanya diam dalam satyu tempat tertentu saja karena dengan E-Commerce seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya di luar kantor sambil melakukan kegiatan lain dan jika dulu seorang pekerja harus datang pagi-pagi dan pulang hingga larut malam, dengan kegiatan yang itu-itu saja, membuat perancangan keperluan bahan mentah,survei ke tempat supplier, cek barang, proses transaksi yang berbelit-belit dan proses menunggu kirima barang (yang mana kegiatan rutin tersebut dapat menurunkan motivasi kerja karyawan), dengan E-Commerce kegiatan-kegiatan tersebut dapat diminimalisir sehingga karyawan dapat menyelesaikan tugasnya lebih cepat dan dapat mengerjakan tugas yang lain (akan tetapi proses ini tentunya harus sudah sesuai dengan kesepakatan dengan pihak perusahaan), Bagi pelanggan, adanya E-commerce sangat membantu mereka di mana di tengah-tengah kesibukan akitivitasnya, pelanggan masih dapat melakukan kegiatan shopinguntuk memenuhi kebutuhannya, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau keperluan untuk hiburan, mereka tidak perlu repot-repot mendatangi langsung toko,supermarket atau mall yang menyediakan kebutuhannya. Cukup memesan di Internet, semua dapat terpenuhi. Mulai dari makanan, pakaian, mainan anak, keperluan rumah tangga, sarana-sarna hiburan seperti VCD,DVD, , gadget, hingga pemilihan paket liburan

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing

Marketplace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata (pasar fisik : terlihat dan dapat dirasakan keberadaanya) Kelebihan:

1) Tingginya tingkat kepercayaan antara pihak yang bertransaksi (rendahnya rasa curiga) dikarenakan pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.

2) Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.

3) Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran secara langsung. ketika transaksi sedang berlangsung, jadi tidak ada proses mununggu

4) Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.

Kelemahan:

1) Tidak efisien karena menghabiskan cukup banyak waktu, biaya dan tempat..

2) Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.

3) Membuka peluang untuk terjadinya kejahatan dari pihak ke tiga (perampok, penjambret dan lainn-lain) apabila transaksinya bernilai besar

Marketspace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan demikian pasar dalam arti ini adalah pasar maya, yaitu pasar yang dirasakan ada keberadaannya tetapi tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Kelebihan:

1) fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung Jadi pembeli dan penjual dapat bertransaksi dimanapun mereka berada (tidak harus bertemu).

2) Efisien karena berkaitan dengan penghematan jarak/ tempat dan waktu

3) Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang pasti baik

4) Lebih mudah untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk secara lengkap serta informasi berkaitan dengan produk pesaing

5) Mengurangi biaya untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk.

Kelemahan:

1) Beresiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual.

2) Proses menunggu yang menimbulkan perasaan curuiga ,ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.

3) Beresiko terhadap ancaman dari pihak-pihak luar (hacker).

4) Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.

5) Menambah biaya karena perlu adanya pihak ketiga,

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Informasi harga Sony Digital Camera dari beberapa situs :

shopping.com : Harga dipatok pada kisaran $108 – $274 dari kurang lebih 7 toko online.

mysimon.com : Harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $149,99.

bottomdollar.com : Ditawarkan adalah serendah-rendahnya $135,

bizrate.com : Ditawarkan mulai di kisaran $ 135

pricescan.com : Ditawarkan mulai dari $135.

Jika dari sisi harga tentu semua situs tersebut memberikan tawaran harga yang relatif bersaing akan tetapi ada beberapa hal lain yang sangat mempengaruhi proses pemberian selain dari harga yang relatif lebih rendah, yaitu kelengkapan informasi berkaitan dengan produk, konsumen akan cenderung memilih membeli barang yang harganya sedikit lebih mahal di toko A akan tetapi mendapatkan informasi yang lebih lengkap serta pelayanan yang baik daripada membeli di toko B yang hanya memberikan informasi yang minim. Dari sana saya menarik kesimpulan bahwa berbelanja di shopping.com lebih menarik daripada situs lain, dikarenakan Selain layoutnya yang lebih menarik, shopping.com juga memberikan opsi browse product by brand sehingga konsumen tidak perlu mencari-cari via seach engine di situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce

kKepercayaan

Kepercayaan di sini dalam arti dimana sebuah perasaan dimana seorang pelanggan akan merasa percaya untuk melakukan aktivitas dengan vendor yang dikehendakinya.

Kepuasan

Kepuasan dalam e-commerce adalah salah satu yang paling penting dari reaksi konsumen dalam lingkungan online B2C.

Loyalitas

Loyalitas yaitu suatu tingkat dimana seorang pelanggan setia dengan suatu penyedia atau vendor dan merk tertentu dan pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali Semua hal tersebut (Kepercayaan, Kepuasan, dan Loyalitas) tergantung dari pengalaman konsumen ketika melakukan transaksi melalui internet dan pihak produsen atau situs yang menyediakan transaksi lewat internet. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan melalui E-commerce, konsumen tersebut akan lebih loyal dan percaya pada suatu situs penyedia kebutuhannya. Perlu diingat, kunci sukes di dalam melakukan E-commerce adalah Kepercayaan. Jadi, bila konsumen tidak percaya, khususnya keamanan bertransaksi melalui E-commerce, konsumen tidak akan loyal bahkan tidak mempercayai E-commerce sehingga mungkin saja kembali pada cara tradisional yaitu pada pasar secara fisik. Jadi trust, loyalitas, serta kepuasan konsumen pada E-commerce kembali pada pengalaman pribadi masing-masing konsumen ketika bertransaksi melalui media E-commerce Berikut ada beberapa metode untuk meningkatkan Kepercayaan (Trust), Kepuasan dan Loyalitas Konsumen :

Kepercayaan :

• merk produk yang ditawarkan berkualitas dan terjamin.

• Menjamin hal-hal yang berkaitan dengan security vendor. Sehingga pelanggan merasa nyaman ketika melakukan transaksi.

• Adanya interaksi purna jual antara penjual dan pembeli dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diantara keduanya.

Kepuasan

• Adanya jaminan terhadap kualitas produk yang ditawarkan.

• Pemberirian informasi yang lengkap berkaitan dengan produk.

• Pemberian layanan purna jual.

Loyalitas

• Membentuk grup pelanggan, yang mana nantinya anggota grup tersebut mendapatkan kemudahan dalam hal pemesanan maupun mendapatkan potongan harga.

• Mengadakan undian berhadiah guna meningkatkan rasa keterikatan konsumen terhadap layanan

6.Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce

Segmentasi pasar dapat dilakukan guna meningkatkan persentase respon dan memperkirakan strategi pemasaran strategis yang menarik kelompok konsumen tertentu. Segmentasi pasar adalah sebuah proses pemisahan konsumen ke dalam beberapa kelompok untuk tujuan mengetahui pasar yang tepat, iklan yang sesaui, dan berdampak pada pemaksimalan penjualan. Pasar dapat dipisahkan melalui beberapa cara, seperti melalui geografi, demografi, psikografi (gaya hidup), dan keuntungan yang diperoleh. Segmentasi dapat dibuat dengan bantuan alat seperti data modeling dan data warehousing. Setelah segmentasi ditetapkan maka perlu dibuat penelitian pasar. Penelitian pasar E-Commerce dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu dengan metode konvensional dan dengan bantuan internet. Penelitian pasar dengan menggunakan internet biasanya lebih cepat, lebih efisien, dan memungkinkan para peneliti untuk mengakses konsumen yang lebih beragam secara geografis dibandingkan dengan yang ditemukan melalui survei offline. Selain itu, dengan web, peneliti pasar dapat melakukan pembelajaran yang sangat besar dengan biaya yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan metode yang lain, karena dengan ukuran sampel yang lebih besar maka akan menghasilkan akurasi dan kemampuan prediksi yang lebih tinggi. Dengan melihat profil personal yang mencakup pengamatan perilaku dalam web, maka pelaku pasar akan dapat menjelaskan dan memprediksi perilaku pembelian online. Dalam penelitian pasar E-Commerce dapat diamati isi, desain, keamanan, dan faktor privasi dari penjualan secara online. Melalui survei, para peneliti mengetahui bahwa faktor paling signifikan yang mempengaruhi penjualan secara online adalah frekunsi update konten, informasi dari sebuah perusahaan, ketentuan untuk kepemilikan akun dan pasword individu, keamanan yang ketat, dan tersedianya privasi yang cukup

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.

• www.eceurope.com

Dalam profilnya eceurope mengklaim bahwa mereka adalah sumber terbesar (the international trade lead ). Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah •

www.national-label.com

Adalah situs dari produsen label terbesar pertama di Indonesia, Berdiri sejak 1973,situs ini telah dipercaya oleh berbagai industri konveksi, sepatu, dan tas di Indonesia dan dunia untuk membuat dan mensupply label mereka. Yang mana situs ini lebih menyediakan contoh-contoh label dan spesifikasi secara garis besar.

• Biznet.com

Biznet merupakan perusahaan yang fokus di bisnis telekomunikasi & multimedia. Biznet akan menyediakan layanan dan teknologi muktahir kepada perusahaan-perusahaan yang menggunakan aplikasi jasa Telekomunikasi dan Multimedia, seperti jasa layanan Network, Internet, Hosting dan Voice.

Source :

www.amazone.com .B2B and B2C Today’s.22 April 2010 :17;00

www.eceurope.com.Eceurope The Best B2B Site. 22 April 2010 17:30

www.national-label.com. Natinal-label profile.23 April 2010 08:00

www.sciencedirect.com. 23 April 2010 08:15

Biznet.com

“Karya ini dibuat dengan acuan dari berbagai sumber dan bukan plagiat”

Hello world!

Posted: 19th March 2010 by dicky fariz a in Uncategorized

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

>TUGAS II

Posted: 18th March 2010 by dicky fariz a in Uncategorized
Comments Off on >TUGAS II

>Pasar On Line
Mau beli sepatu atau baju tapi males ke mall? nah berikut ada info-info yang berkaitan dengan macam-macam situs yang menyediakan jasa layanan transaksi jual-beli produk, yang mana layanan tersebut memberi kemudahan bagi konsumen untuk membeli barang tapi tidak harus keluar rumah,paket delivery sekarang tidak hanya ditujukan bagi produk makanan saja lho, dan batas suatu Negara bukan lagi suatu penghalang, penasaran?,
Mari simak ulasan berikut,
• General Stores / Malls on line
Di dalam General Stores /Malls on line (GSO) kita diberikan kemudahan dalam melakukan transaksi jual-beli barang yang beraneka ragam.Aneka pilihan dan kemudahan ini tentu sangat menguntungkan baik bagi konsumen maupun produsen, Bagi produsen GSO akan berperan sebagai alat bantu untuk mendapatkan barang yang di cari tanpa harus mengeluarkan energy yang ekstra untuk mendapatkan barang tersebut (mengurangi proses hunting,membandingkan harga dengan barang lain secara manual, serta proses pembelian secara fisik )
-Keunggulan
 Barang yang ditawarkan beraneka ragam
 Kemudahan hunting
 Proses pemesanan dan transaksi
-Kelemahan
 Manajemen GSO lebih kompleks dan terkesan ribet (bagi perusahaan)
 Akses kadang terganggu karena banyaknya produk (similar product)

Contoh :
Amazon.com
MAUI General and Trinity Biogenics Sign Definitive.

• Specialized Stored on line
Specialized Stored on line (SSO) lebih spesifik dari GSO ,walaupun memiliki fitur atau layanan yang hampir sama dengan GSO, tapi SSO memiliki perbedaan yaitu Produk yang dijual lebih spesifik (kurang lebih satu macam produk saja)
Contoh:
Specialized Silverstone Sportive, menyediakan seputar produk sport, seperti baju olah raga,sepatu dan lain sebagainya.

– Keunggulan
 Barang yang diinginkan lebih mudah dicari

– Kelemahan
 Situs hanya dikunjungi apabila ada konsumen yang membutuhkan barang tersebut (barang yang spesifik)

• Regional Vs Global Stores on line
Regional Stores
Layanan ini sama dengan layanan situs transaksi yang lain akan tetapi hal yang membedakannya adalah cakupan wilayah yang dilayani.
Contoh :
Korea = Cardinal South Corea = Clothes
Singapore = V2 = SoftwareExchange

– Kelebihan
 Layanan lebih cepat karena cakupan wilayah lebih sempit

– Kelemahan
 Barang lebih sedikit dan wilayah yang dilayani juga lebih sempit
Global Stores
Global stores tentu memiliki cakupan wilayah layanan yang lebih luas dan barang yang terstandarisasi lebih baik,dikarenakan produsen yang masuk ke situs ini pasti sudah memiliki standarisasi global

Contoh :
Online Shopping Malls
Global Store Back Office SB

– Kelebihan
 Produk lebih beraneka ragam dan terstandarisasi global
– Kelemahan
 Jangkauan lebih luas, lebih merepotkan dalam pelayanan

Pure
Pelayanan yang diberikan langsung di-handle secara keseluruhan oleh situs yang bersangkutan.Mulai dari pemesanan, transaksi hingga pengiriman
Contoh: Amazone.com
– Kelebihan
 Sistem pelayanan terpusat sehingga mudah pengontrolannya
– Kelemahan
 Apabila terjadi permasalahan dalam satu bagian maka akan berdampak sistemik pada bagian yang lain, begitun seterusnya

Campuran
Situs bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa dalam proses pelayanan,
Contoh : ebay bekerja sama dengan FedEx dalam prose pengiriman.

– Kelebihan
 Pelayanan lebih maksimal karena langsung ditangani oleh ahlinya
– Kelemahan
 Kontrol sedikit sulit karena sebagian bagian pelayanan berada di luar perusahaan

Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh pemakai jasa layanan transaksi on line ,yang paling serius adalah, terbukanya kesempatan untuk terjadinya penipuan sehingga bisa memunculkan rasa ketidak percayaan bagi konsumen, akan tetapi hal ini sudah dapat di atasi dengan bantuan pihak ketiga, jadi dalam proses transaksi si konsumen akan memesan barang terhadap produsen secara on-line , kemudian si pemesan akan membayar kepada pihak ketiga yang disepakati (baik oleh produsen maupun konsumen) yang mana uang baru akan diserahkan pada produsen ketika produk sudah ada di tanagn pemesan,

“ Tulisan Ini Dibuat Bukan Untuk Tujuan Komersial dan Bukan Jiplakan, Walaupun Penulis Mengambil Kutipan Dari Berbagai Sumber Akan Tetapi Dapat Penulis Yakinkan Bahwa Penulis Bukan Plagiat. Apabila Ada Kesamaan Kata Atau Kalimat Dengan Tulisan Ini, Kami Mohon Maaf Yang Sebesar-Sebesarnya.Terima Kasih “

Referensi:
http://iamspecialized.com
Globalagencydirect.Net
AdsenseCamp.com

>TUGAS I

Posted: 11th March 2010 by dicky fariz a in Uncategorized
Comments Off on >TUGAS I

>E-COMMERCE

 SEPUTAR E-COMMERCE
Dunia bisnis saat ini berkembang demikian pesat, jarak bukan lagi alasan untuk menjadi hambatan. Kemajuan sarana transportasi dan Informasi Teknologi (I.T) menjadi salah satu faktor pembangkit “geliat” bisnis global. Dewasa ini kita telah masuk ke sebuah era yang biasa disebut Era Elektronik yang ditandai dengan makin menjamurnya istilah-istilah berbau elektronoik, seperti e-business, e-economy, e-university, e-government, e-entertainment, dan masih banyak lagi istilah seragam lainnya.
Dari istilah-istilah tersebut salah satu konsep yang dinilai sangat berpengaruh di dunia bisnis adalah e-business sebagai bidang kajian yang relatif masih baru dan akan terus berkembang, e-business berdampak besar pada praktek bisnis, setidaknya dalam hal penyempurnaan direct marketing. Dalam e-business dikenal salah satu konsep yang saat ini sedang booming di Indonesia, istilah tersebut adalah e-commerce. Apa itu E-Commerce ? Apa saja manfaat E-Commerce? Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? dan bagaimana Prospeknya? Bagi yang belum begitu tahu tentang E-Commerce mari melihat ulasan berikut dan bagi yang sudah akrab bahkan menjadi salah satu anggota Fans Clubnya (E-Commerce), tidak ada ruginya jika ikut membaca, hitung-hitung menambah pengetahuan tentang E-Commerce.
A. DEFINISI E-COMMERCE
Apa itu E-Commerce ?,Wikipedia bahasa Indonesia menjelaskan bahwa Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Dalam lingkup bisnis, E-Commerce selalu dikaitan dengan transaksi komersial, dimana dalam E-Commerce kita akan menemukan berbagai kegiatan bisnis, mulai dari proses pemasaran,sampai transaksi jual-beli ada di sini.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana lingkup e-business tentu lebih luas, . Selain teknologi jaringan www, e-Business juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini (Wikipedia).
E-Business pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).Dari data Forrester, perdagangan melalui media elektronik menghasilkan pendapatan seniali AS$12,2 milyar pada 2003 dan pendapatan ritel online yang ada di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan dampak yang signifikan bagi dunia pemasaran, transaksi jual beli dan pemberian informasi antar mitra bisnis yang pada awalnya hanya dilakukan secara manual, saat ini dapat dilakukan secara on-line. Dari fenomena yang terjadi tersebut pertanyaan yang patut diajukan adalah: Seberapa penting penggunaan e-commerce?, peluang dan tantangan e-commerce di dunia bisnis, apa yang harus diperhatikan dalam penggunaan e-commerce?
B.RUANG LINGKUP E-COMMERCE
Sangat sulit menentukan ranah E-commerce. Michael J.Shows pada bukunya yang dipublikasikan tahun 2000 menyatakan bahwa salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk dapat mengerti batasan-batasan dari sebuah e-commerce adalah dengan mencoba mengkaji dan melihat fenomena bisnis tersebut dari berbagai dimensi, seperti yang dijelaskan berikut ini.
 Teknologi
Kontributor terbesar yang memungkinkan terjadinya e-commerce adalah teknologi informasi, dalam hal ini perkembangan pesat teknologi komputer dan telekomunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa arena jual beli di dunia maya terbentuk karena terhubungnya berjuta-juta komputer ke dalam sebuah jaringan raksasa (internet). Dari sisi ini e-commerce dapat dipandang sebagai sebuah prosedur atau mekanisme berdagang (jual beli) di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di sebuah dunia maya yang terdiri dari sekian banyak komputer.

 Marketing dan “New Consumer Processes”
Dari segi pemasaran, e-commerce sering dilihat sebagai sebuah cara baru untuk berhubungan dengan pelanggan. Melalui e-commerce jangkauan sebuah perusahaan menjadi semakin luas karena yang bersangkutan dapat memasarkan produk dan jasanya ke seluruh dunia tanpa memperhatikan batasan-batasan geografis. Dengan cara yang sama pula sebuah perusahaan dapat langsung berhubungan dengan end-comsumers-nya.
 Economic
E-commerce merupakan sebuah pemicu terbentuknya prinsip ekonomi baru yang lebih dikenal dengan ekonomi digital (digital economy). Di dalam konsep ekonomi ini, semua sumber daya yang dapat didigitalisasikan menjadi tak terbatas jumlahnya dan berpotensi dimiliki oleh siapa saja dengan bebas. Di dalam konsep ekonomi ini pula informasi dan knowledge menjadi sumber daya penentu sukses tidaknya para pelaku ekonomi melakukan aktivitasnya. Beragam model bisnis pun diperkenalkan di dalam konsep ekonomi baru ini yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Dari segi produksi, selain physical value chain, diperkenalkan pula konsep virtual value chain yang sangat menentukan proses penciptaan produk dan jasa di dunia maya.
 Electronic Linkage
Di suatu sisi yang lain, banyak orang melihat e-commerce sebagai sebuah mekanisme hubungan secara elektronis antara satu entiti dengan entiti lainnya. Dengan adanya e-commerce, maka dua buah divisi dapat bekerja sama secara efisien melalui pertukaran data elektronis; demikian juga antara dua buah kelompok berbeda seperti misalnya antara kantor pemerintah dengan masyarakatnya; atau mungkin antara pelanggan dengan perusahaan-perusahaan tertentu.
 Information Value Adding
Di dalam e-commerce, bahan baku yang paling penting adalah informasi. Sehubungan dengan hal ini, proses pertambahan nilai (value adding processes) menjadi kunci terselenggaranya sebuah mekanisme e-commerce. Konsep ini dikuatkan dengan teori virtual value chain yang menggambarkan bagaimana proses pertambahan nilai diberlakukan terhadap informasi, yaitu melalui langkah-langkah proses: gathering, organizing, selecting, synthesizing, dan distributing.

 Market-Making
E-commerce dikatakan sebagai market-making karena keberadaannya secara langsung telah membentuk sebuah pasar perdagangan tersendiri yang mempertemukan berjuta-juta penjual dan pembeli di sebuah pasar digital maya (e-market). Di pasar maya ini terjadi perdagangan secara terbuka dan bebas, karena masing-masing penjual dan pembeli dapat bertemu secara efisien tanpa perantara. E-market juga disinyalir sebagai arena perdagangan yang paling efisien karena kecenderungannya untuk selalu mencari bentuk-bentuk perdagangan yang berorientasi kepada pembeli (customer oriented), disamping struktur persaingan antar penjual produk dan jasa yang hampir berada dalam suasana perfect competition.
 Service Infrastructure
Konsep e-commerce ternyata tidak hanya membuahkan mekanisme transaksi jual beli semata, namun ternyata banyak sekali jasa-jasa baru yang diperlukan sebagai sarana pendukung aktivitas jual beli produk tersebut. Katakanlah jasa dari institusi keuangan untuk menawarkan cara pembayaran secara elektronik, jasa dari vendor aplikasi yang menawarkan cara melakukan transaksi secara aman (secure), jasa dari ISP (internet service provider) yang menawarkan cara mengakses internet dengan cepat dan murah, jasa perusahaan hosting yang menawarkan perangkat penyimpan data maupun situs perusahaan yang bersangkutan, dan lain-lain.
 Legal, Privacy, dan Public Policy
Sisi terakhir dalam melihat e-commerce adalah mencoba memandangnya dari unsur-unsur semacam hukum, peraturan, kebijakan, proses, dan prosedur yang diberlakukan. Secara tidak langsung terlihat bahwa interaksi perdagangan elektronis yang telah mengikis batas-batas ruang dan waktu mau tidak mau mendatangkan tantangan baru bagi pemerintah dan masyarakat dalam mencoba membuat regulasi tertentu agar di satu pihak terbentuk lingkungan bisnis yang kondusif, sementara di pihak lain hak-hak individu maupun masyarakat dapat terjaga dengan baik.
Berdasarkan kedelapan perspektif tersebut di atas dapat digambarkan lima domain yang membatasi ruang lingkup dari e-commerce, yaitu masing-masing sebagai sarana untuk :
• Enterprise Management, yang berarti menghubungkan divisi-divisi yang ada di dalam perusahaan dengan cara mengalirkan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya melalui medium elektronik/digital (flow of information);
• Linking with Suppliers, yang berarti menghubungkan sebuah perusahaan dengan satu atau keseluruhan mitra bisnisnya secara elektronik agar proses pemesanan dan/atau pengadaan bahan mentah/baku produksi dapat dilakukan seefisien mungkin;
• Linking with Distributors/Retailer, yang berarti menghubungkan perusahaan dengan para distritributor, wholesaler, maupun retailer yang bertanggung jawab untuk menyebarkan produk dari perusahaan ke tangan pelanggan;
• Interface with Consumers, yang berarti menghubungkan perusahaan dengan calon pembelinya secara langsung (end-consumers) tanpa melalui perantara atau broker; dan
• Global E-Commerce Infrastructure, yang berarti menghubungkan perusahaan dengan pihak-pihak pendukung lain semacam vendor, ISP, lembaga keuangan, penyedia jasa infrastruktur, dan lain-lain karena merekalah yang merupakan institusi pendukung dapat terselenggaranya rangkaian proses transaksi e-commmerce secara utuh. (Michael J. Shaw, 2000)
Sudah mendapatkan sesuatu dari tulisan ini?, kalu belum mari kita simak uraian terakhir berikut ini.
C.PERKEMBANGAN DAN PELUANG E-COMMERCE DI INDONESIA
• Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Pemanfaatan E-Commerce (electronic commerce) meningkat pesat karena dukungan kemajuan I.T dewasa ini. Perkembangan e-commerce di Indonesia dimulai sejak tahun 1996, dengan didirikan Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Layanan transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Bermacam-macam produk dijual, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net
Internet telah menjadi salah satu media pemasaran dan penjualan yang paling diminati karena murah, cepat dan memiliki jangkauan yang tidak terbatas oleh batas negara. Seiring dengan booming internet pada akhir 90-an, bermunculanlah berbagai konsep pemasaran menggunakan fasilitas on-line yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi (jual – beli) dari sini lahirlah istilah E-commerce.
Amerika memberikan respon yang sangat positif terhadap bisnis online dimana total pendapatan Produsen yang menggunakan jasa on-line terus meningkat. Berdasarkan statistik yang dipublikasikan oleh US Census Bureau, nilai transaksi retail secara online pada 3 bulan (quarter) pertama tahun 2008 mencapai 33 milyar USD. Jumlah ini adalah sekitar 3.3 persen dari total nilai perdagangan retail pada rentang waktu tersebut. Bila dilihat dari persentase, nilai transaksi retail online mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan akhir tahun 2000 yang hanya mencapai 1 persen dari total nilai perdagangan retail.
://www.sentralweb.com/
• Peluang E-Commerce di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Apakah Indonesia potensial? Jika dibandingkan dengan Amerika atau bahkan negar tetangga kita Malaysia nilai transaksi on-line masih sangat kecil jumlah dan persentasenya jika dibandingkan dengan nilai transaksi retail secara keseluruhan. Hal ini sejalan dengan masih sedikitnya pengguna internet di Indonesia yang menurut data APJII baru sekitar 8 persen dari jumlah penduduk. Selain itu, pengguna internet yang telah lama menggunakan internet pun belum tentu pernah bertransaksi melalui internet karena masalah kebiasaan atau belum yakin akan keamanannya.

Dari uraian tersebut, bagaimana dengan prospek E-commerce di Indonesia ? berpendapat bahwa E-commerce di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang pesat. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yakni :
• Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet
• Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
• Biaya web hosting yang semakin murah
• Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
Selain itu perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
• Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
E-commerce sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, daya beli masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk.
Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting mengungkapkan secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan.
(www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia. Anggraeni Srihartati0905017012 )

“ Tulisan Ini Dibuat Bukan Untuk Tujuan Komersial dan Bukan Jiplakan, Walaupun Penulis Mengambil Kutipan Dari Berbagai Sumber Akan Tetapi Dapat Penulis Yakinkan Bahwa Penulis Bukan Plagiat. Apabila Ada Kesamaan Kata Atau Kalimat Dengan Tulisan Ini, Kami Mohon Maaf Yang Sebesar-Sebesarnya.Terima Kasih “

Referensi :

www.sentralweb.com
www.e-commerce-indonesia.
Wikipedia
Michael J.Shows 2000

>MASIH MUTIARA

Posted: 10th March 2010 by dicky fariz a in Uncategorized
Comments Off on >MASIH MUTIARA

>Seorang pujangga pernah berkata, “Mencintai dan dicintai sama seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi”, dan seseorang pernah berujar kepadamu “Jika kau hidup seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah merasakan hidup tanpamu” , kata-kata wajar yang menurutmu puitis waktu itu, berulang kali kau ceritakan kepadaku, membuatku marah ,jengkel,emosi, faaaaaaakk !!! , apa kau sengaja membuatku cemburu? atau kau hanya bermaksud mengusirku dari kehidupanmu dengan halus?.
Aku memandangi daun maple jatuh berguguran di atas danau Adeline, mengapung dan diombang-ambingkan angin. Mereka seperti perasaanku kepadamu , senantiasa berguguran sedikit demi sedikit tapi sialnya selalu tumbuh lagi dan lagi. Aku terbang jauh ke tempat yang sunyi ini hanya ingin melupakanmu, tapi semakin jauh aku darimu, semakin rindu aku dibuatmu. Seorang sahabatku pernah bilang, jika kau mencintai seseorang maka kejarlah dan terima segala resikonya atau tinggalkan dan terima akibatnya, dan dia selalu bilang hidup adalah pilihan, tidak ada istilah “pilih keduanya” atau “abstain”, timbul pertanyaan di rongga-rongga rusukku, sudah sejauh manakah aku berani memilih diantara kedua pilihan itu. Aku selalu berpikir bahwa aku pasti memilih pilihan pertama tapi aku selalu ragu apakah itu benar-benar pilihanku. Kenapa aku selalu cemburu saat kau bersamanya, tapi aku tidak pernah berani mengungkapkan perasaanku kepadamu.
Sekumpulan bunga Fiolin bergoyang syahdu, mengisyaratkan matahari akan segera tenggelam di ufuk senja dan usia mereka akan berkurang sehari, sari Dandelion berterbangan , mengucapkan salam perpisahan pada induk mereka dan pergi entah kemana, pasrah mengikuti arahan angin musim semi.
Aku masih terpaku di kursi kayu yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun mungkin, menatap sekililing taman Von swhoon yang indah ini, Burung-burung Kolibri bersuka ria menghisapi sari pati bunga lavender hutan yang menyambutnya dengan senyuman, membawa suasana sejuk di hati siapapun yang memandangnya, seolah melihat sepasang kekasih yang sedang bercumbu. Sementara Sekumpulan Elang Raja hinggap di dahan-dahan pohon Oak yang tetap gagah di usianya yang renta . Gerombolan anak kecil berpipi merah merona berlari melewatiku dengan tawa yang riang, tawa lepas manusia yang belum merasakan peliknya permasalahan dunia. Seperti malaikat mereka menari-nari, sesekali terjatuh dan bangun lagi. Ya Tuhan kenapa manusia beranjak dewasa,tua dan mati ?, kenapa tak kau biarkan saja tetap seperti mereka, yang kan selalu bahagia dan tak pernah terbebani permasalahan dunia. Aku mendongak ke angkasa, warna langit dan awan yang sama seperti saat aku meninggalkanmu, hari itu aku memandang punggungmu untuk terakhir kalinya dan pergi meninggalkanmu begitu saja dengan air mata yang tak pernah ku sengaja, air mata yang selalu ku tahan bertahun-tahun akhirnya tumpah juga. Tak pernah lagi ku dengar kabarmu sampai hingga kini, rindu aku akan senyummu,suaramu, juga wangimu. Aku tertunduk dan menagis lagi, tangisan yang sama seperti waktu itu. Kenapa penyesalan selalu datang terakhir dan membekas begitu lama ?.
“Mr. Fariz……”
Aku terhenyak dari lamunanku, mengusap sejenak air mataku lalu menoleh ke arah suara yang sudah sangat familiar di telingaku, suster Berta, “ini suster Berta ,30 tahun,1 suami dan 2 anak…..haha” itu yang selalu dia ucapkan ketika aku bertanya siapa yang mengetuk pintu kamarku tiap pagi. Aku tersenyum ke arahnya , membayangkan seandainya itu kau bidadariku ,seseorang yang akan selalu mendampingiku seumur hidupku, orang yang selalu ada di saat pagi aku membuka mata. Orang yang……..
“Mr. Fariz?!”
Suster Berta mempertegas suaranya.
” Oh yea..”
Aku bergegas mengulurkan tangan dan dia membopongku ke kursi roda , didorongya kursi rodaku dengan lembut , aku memandangi danau Adeline dengan seksama , merasa mungkin ini terakhir kali aku mengunjunginya, tak berani aku berjanji apakah aku akan bisa kembali ke tempat ini lagi esok hari. Aku memandang kursi kayu tua itu , kursi yang telah menemaniku di sisa usiaku, kursi yang menjadi saksi cintaku yang terpendam 50 tahun lamanya, seolah terbungkus kertas kado yang rapi dan tak akan terbuka sampai aku mati. Aku kembali menangis , mungkin tangisan terakhirku untukmu, tangisan rindu.
Aku akan selalu menunggumu di sisa nafasku bidadariku, meskipun aku tahu kau takkan pernah tau jika aku selalu menunggumu……………………………………………… end

“Biarkan Masa Depan Tetap Menjadi Misteri dan Nikmatilah Kejutan-Kejutannya” ^.^

NB : Bagi yang merasa ada kata-kata mutiaranya saya masukkan dalam karya saya mohon maaf ya, saya cuma menulis dari apa yang saya dengar dan rasakan……………………..

Thanx to Mbah Google ^.^

>First

Posted: 5th March 2010 by dicky fariz a in Uncategorized
Comments Off on >First

>Hidup Mahasiswa !!!!!
Sudah sekian lama Indonesia merindukan sosok pemimpin seperti Bung Karno, sosok yang begitu dikagumi,dihormati,disegani dan diteladani. Akankah New Bung Karno akan terlahir dari Mahasiswa pada masa kita?, atau masih perlu berpuluh tahun lagi untuk menunggu kelahiran seorang Sri Bintang Pamungkas yang siap memimpin negara ini menuju ke arah yang Sejahtera terutama dalam ekonominya.
Beberapa waktu yang lalu seorang pengamat Ekonomi internasional pernah memprediksikan bahwa ada beberapa negara yang akan mengalami peningkatan kondisi perekonomian secara luar biasa,negara-negara tersebut antara lain : Cina, Brazil,India, Rusia dan Indonesia. Saat ini kita bisa menyaksisan bukti dari ramalan tersebut : Cina menjadi negara dengan cadangan devisa tertinggi di dunia dan pengangguran terendah di dunia, Brazil dijuluki “Raksasa Hijau” karena geliat perekonomiannya yang dinilai sudah mulai mengancam negara-negara Amerika dan Eropa, India Menjelma menjadi surga investasi, Rusia menjada raja properti dan Indonesia ……, menjadi? Indonesia menjadi?, sebenarnya terlalu naif jika kita mengatakan Indonesia tidak mengalami perbaikan Perekonomian, akan tetapi apakah peningkatan itu sudah sesuai dengan prediksi ? , coba liat ulasan Rick Saputro dalam karyanya KEBANGKITAN EKONOMI INDONESIA DI TAHUN 2020
menurut data dari national intelligence council US dan CIA indonesia bakalmengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat ditahun 2020..bahkan pertumbuhannnya bisa melampaui beberapa negara-negara dieropa pada tahun 2020.pertumbuhan ekonomi indonesia bisa mencapai 6-7% menurut data tersebut.cina saat ini aja udah 9%an..berarti kemajuan ekonomi indonesia bakal sangatpesat didata itu juga ditunjukkin kalo indonesia juga brazil bakal menjadi negara yang berpengaruh terhadap perekonomian asia dan juga dunia.pertumbuhan ekonomi indonesia menurut para ahli juga ga lepas dari pertumbuhan penduduk indonesia yang bakal meningkat pesat, dan inibakal menarik minat investor asing untuk menginvestasikan modalnya di indonesia dengan buruh yang murah.tapi jangan takut, karena nantinya MNC (multinational Corporation. .contoh:unilever , freeport,dll) justru akan tunduk pada pemerintahan kita dan profil mereka yang lebih ramah pada budaya dan keadaan dinegara kita.kenapa? karena kebutuhanproduksi mereka yang harus bisa menuhin distribusi keseluruh dunia dengan cepat, so solusinya adalah negara dengan pendudukbanyak dan bisa cepet memproduksi barang.”Semoga saja ulasan beliau benar,tapi 2020 ya?kita sudah jadi apa ya di tahun itu? bapak? ibu? kakek? masih jomblo? (semoga pilihan terakhir tidak,hehe) Tidak bisa dipungkiri ekonomi adalah kekuatan suatu negara untuk menguasai dunia, coba lihat Korea Utara, negara yang begitu digdaya di bidang militer tapi perekonomiannya lemah, akhirnya menjadi negara “kuat” yang “lemah”, bagaimana dengan Singapura,Swedia, Swiss, mungkin sekilas negara-negara tersebut adalah negara kecil yang tak memiliki kekuatan apa-apa, tapi coba cermati dengan seksama,mereka adalah negara-negara yang memiliki Power untuk merubah arah perekonomian dunia yang berpengaruh sistemik terhadapkebijakan lain di setiap negara, so kapan suara Indonesia akan menjadi acuan kebijakan dunia?

....Source :
Rick Saputro :KEBANGKITAN EKONOMI INDONESIA DI TAHUN 2020
Mbah Google