Manajemen Pemasaran : Film The Joneses (Stealth Marketing)

The Jones adalah suatu keluarga yang bisa dibilang sempurna secara duniawi. Keluarga ini merupakan suatu unit pemasaran yang telah disetting sedemikian rupa oleh perusahaan, dimana dalam suatu keluarga The Jones yang harmonis terdiri dari sepasang suami istri yang sangat sempurna serta putra dan putri yang manis. Dalam film ini, Demi Moore berperan sebagai istri (Kate Jones) yang cantik, sexy dan modis. David Duchovny disini berperan sebagai suami (Steve Jones) yang merupakan pebisnis sukses dan kharismatik. Amber Heard dan Ben Hollingsworth masing-masing berperan sebagai anak dalam keluarga The Jones yang  masih duduk di bangku SMA.
Keluarga settingan ini memiliki tugas yang disebut “stealth marketing”, dimana mereka harus bisa mendongkrak penjualan atas suatu produk dalam suatu wilayah. Biasanya keluarga ini ditempatkan pada suatu daerah yang elit dan masyarakatnya konsumtif. Setiap anggota keluarga memiliki tugas masing-masing untuk memasarkan produknya yang nantinya akan direview kinerjanya oleh perusahaan.
The Jones tidak secara langsung menawarkan produk-produknya seperti salesman pada umumnya. Mereka menjalankan pekerjaannya dengan cara “stealth marketing” dimana masyarakat sekitar tidak tahu bila The Jones adalah suatu unit pemasaran. The Jones tidak perlu menjual secara langsung produknya, mereka hanya mengarahkan masyarakat sekitar untuk membeli suatu produk. Agar bisa mengarahkan masyarakat untuk membeli produk tersebut, anggota The Jones haruslah memiliki sikap yang baik, dapat dipercaya , pandai bergaul serta menjadi trendsetter atau menjual lifestyle. The Jones dalam kesehariannya selalu memakai produk-produk yang dipasarkan dan menarik perhatian calon konsumen atas apa yang The Jones pakai.
Dalam film ini The Jones tidak terlalu sulit melaksanakan tugasnya karena mereka tinggal di daerah elit yang warganya sangat komsumtif dan mementingkan lifestyle. Mereka memiliki gengsi yang tinggi sehingga apa yang The Jones pakai akan mereka ikuti karena The Jones telah menjadi trendsetter.
Klimak dari film ini yakni ketika Larry Symonds yang merupakan “sahabat” Steve di daerah tersebut semakin konsumtif. Dia membeli lebih banyak daripada yang dia mampu. sampai suatu ketika , dia tak mampu lagi membayar tagihan kartu kreditnya. Bahkan keluarganya terancam tak mempunyai rumah karena tidak lagi mampu membayar cicilan rumah. Larry semakin frustasi dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri di kolam renang rumahnya.
Kejadian tersebut membuat Steve sangat terpukul. Ia menyadari bahwa perbuatannya sebagai The Jones telah membuat “sahabat” nya harus memgakhiri hidup. Mungkin tak hanya Larry , tapi ada banyak orang yang bisa saja memiliki keputusan serupa akibat perbuatan The Jones di daerah yang lain. Akhirnya, Steve Jones memutuskan untuk keluar dari keluarga The Jones, dan mengakui pada masyarakat didaerah itu bahwa mereka adalah keluarga palsu yang sengaja didisain sebagai “stealth marketing” oleh Perusahaan.

Keluarga Jones adalah sebuah tim marketing yang menerapkan strategi pemasaran dengan cara menjadikan mereka sebuah keluarga kaya yang menjadi perhatian para tetangga sehingga para tetangga terbawa oleh gaya hidup mereka. Konflik dari film ini terjadi ketika setiap anggota tim-nya mulai terpecah dengan masalah-masalah individualnya. Jenn yang berperan sebagai remaja cewek, terjebak dalam masalah ketika dia berusaha menggoda orang-orang kaya paruh baya. Sedangkan Mick melihat temannya yang bernama Naomi menjadi korban kecelakaan karena pengaruh alkohol yang dipasarkan mulai terganggu hati nuraninya. Selanjutnya Mick terlibat masalah homoseksual. Sedangkan Steve melihat tetangganya bunuh diri karena terlalu banyak menanggung hutang akibat pengaruh gaya hidup mereka membuat Steve mengaku bahwa Keluarga Jones diciptakan sebagai alat marketing perusahaan.

Strategi yang digunakan dalam menggaet pasar :

Strategi pemasaran yang di pakai adalah pendekatan secara langsung kepada konsumen dengan mengandalkan kemampuan seseorang yang dapat berbaur langsung dalam lingungan masyarakat. Dapat kita melihat beberapa strategi pemasaran yang dipakai dalam fillm ini adalah sebagai berikut, Pertama mereka mengidentifikasi dan membedakan kelompok kelompok pembeli yang mungkin lebih menyukai atau memerlukan berbagai produk dan bauran pemasaran.Lalu mereka identifikasi segmen pasar dengan member perbedaan perbedaan demografis dan psikografis,dan perilaku dikalangan pembeli.Disini mereka membagi dalam empat bagian segmentasi pasar yaitu:
1. kelompok pembeli Remaja putri,
2. kelompok pembeli Remaja putra,
3. kelompok pembeli Wanita Dewasa/Ibu-ibu,
4. kelompok pembeli Pria Dewasa/Bapak-bapak

Disini mereka langsung berbaur dengan pelanggan sesuai dengan target produk kepada pembeli dan peran mereka masing masing.Mereka menawarkan kepada pelangan guna memuaskan kebutuhan mereka,melalui informasi dan komunikasi secara langsung kepada pelangang dnegan suatu yang bersifat fisik melalui suatu tawaran, yang dapat menjadi gabungan produk,jasa, informasi dan pengalaman.Komunikasi disalurkankapada konsumen melalui ekspresi wajah,pakaian, penampilan dan gaya hidup yang di pamerkan kepada konsumen.Sehinga dapat menarik perhatian konsumen secarah cepat dan mereka langsung mau membeli produk produk tersebut.

 Literatur

Dalam buku radical marketing, Sam Hill dan Glenn Rifkin menuliskan beberapa konsep pemasaran radikal antara lain:
1. Berhadapanlah dengan yang paling penting pelanggan, yaitu pemasaran      radikal,menyadari keuntungan yang didapat dari interaksi langsung dengan pelangang.Sehingga mereka banyak meluangkan sebagian besar waktunya untuk bertatap muka dengan para pelangang.

2. Gunakan riset pasar secara hati hati, para pemasar radikal lebih menyukai teknik akar rumput.

3. Pekerjakan hanya misionaris yang bergairah,bukan pemasar-pemasar radikal tidak memiliki pasar mereka hanya memiliki misionaris.

4. Ciptakan suatu komunitas pelanggan, Pemasaran radikal mendorong pelanggan memikir diri mereka sebagai komunitas,dan memikirkan merek sebagai pemersatu komunitas itu.

5. Para pemasar radikal menunjukkan cinta dan penghormatan bagi pelanggan.

 

Nama: Dickxie Audiyanto

NIM: 125020305111001