Manajemen BAB 18

Rangkuman

Manajemen operasi adalah proses transformasi yang mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa. Organisasi harus mengetahui peran penting manajemen operasi sebagai bagian dari seluruh strategi mereka dalam mencapai kesuksesan kinerja.

Manajemen rantai nilai adalah proses mengelola urutan aktivitas dan informasi di sepanjang rantai produk. Manajemen rantai nilai memiliki empat manfaat: meningkatkan pengadaan, logistik, pengembangan produk, dan manajemen pesanan pelanggan.

Enam persyaratan utama bagi kesuksesan manajemen rantai nilai adalah koordinasi atau kolaborasi, investasi pada teknologi, proses organisasi, kepemimpinan, karyawan atau sumber daya manusia, dan perilaku budaya organisasi.

Perusahaan mencari cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan manajemen operasi mereka melalui kolaborasi yang ekstensif dan pengendalian biaya. Penyesuaian massal memberikan produk kepada pelanggan kapan, dimana, dan bagaimana mereka menginginkannya. Hal ini membutuhkan teknik manufaktur yang fleksibel dan dialog terus menerus kepada pelanggan.

 

Jawaban Soal

  1. Ya. Karena manajemen operasi mengacu pada proses transformasi yang mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa, sedangkan perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang memproduksi benda-benda berwujud yang membutuhkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.
  2. Karena setiap unit organisasi memproduksi sesuatu, manajer harus memahami konsep manajemen operasi agar dapat mencapai tujuan dengan efisien dan efektif. Manajemen operasi penting bagi organisasi dan manajer karena tiga alasan meliputi jasa manufaktur, penting dalam kesuksesan bersaing organisasi.
  3. Konsep manajemen ini dipraktikkan dalam bentuk pembelajaran di kampus, selain itu konsep manajemen tidak bisa didapat dari satu orang karena konsep tersebut akan selalu berubah akan tetapi secara praktik tetap sama.
  4. Menurut saya, keberhasilan organisasi terjadi jika sebuah organisasi melakukan pengendalian kualitas lebih baik daripada melakukan perbaikan terus menerus. Karena kualitas akan berubah seiring perubahan zaman, mengikuti kualitas pada masa tersebut. Contohnya ISO:9000 adalah salah satu serangkaian standard manajemen internasional yang menyusun pedoman proses yang seragam untuk menjamin kesesuaian produk dan permintaan pelanggan.
  5. Industri mobil di AS. Kesuksesan yang dialami manufaktur AS selama Perang Dunia II membuat para eksekutif manufaktur yakin masalah-masalah yang mengganggu produksi telah berhasil diatasi. Para eksekutif ini bahkan berfokus pada peningkatan area fungsional lainnya.

 

Bapak  Nanang Suryadi, SE, MM