IKLAN DI DALAM KORAN, RADIO, DAN TELEVISI ( DAYA PIKAT PESAN DALAM PERIKLANAN MEMANFAATKAN RASA HUMOR DAN RASA BERSALAH)

2013
06.24

Daya pikat pesan suatu iklan bisa jadi cocok untuk iklan merek produk tertentu, namun belum tentu cocok untuk merek lainnya, atau pada semua situasi, karena efektivitas suatu pesan tergantung (it-depends) pada keadaan, seperti sifat persaingan, lingkungan periklanan, dan sejauhmana keterlibatan konsumen (Shimp, 2003). Berikut ini akan diuraikan bahasan tentang daya pikat pesan dalam iklan yang berkaitan dengan peran para pendukung di dalam iklan, peran humor dalam iklan, pemakaian daya tarik rasa takut, pemakaian rasa bersalah sebagai pemikat, dan fungsi musik di dalam periklanan.

 

  • Peran Humor dalam Iklan

Para pengiklan juga banyak yang menggunakan humor untuk menciptakan reaksi yang diinginkan atas suatu iklan, diantaranya memperoleh perhatian, membimbing konsumen, mempengaruhi sikap, meningkatkan reliabilitas pernyataan iklan, dan menciptakan pembelian oleh pelanggan. Apakah humor efektif dan jenis humor yang bagaimana yang paling berhasil? Masih merupakan perdebatan. Shimp (2003) mengemukakan survei menunjukkan bahwa para eksekutif biro iklan menganggap pemakaian humor sangat efektif untuk membuat orang memperhatikan iklan dan menciptakan kesadaran merek.

Hasil penelitian yang mendalam tentang pengaruh humor menghasilkan kesimpulan:
– Humor efektif untuk menarik perhatian pada iklan.
– Humor menumbuhkan kesenangan (liking) pada iklan dan merek yang diiklankan.
– Humor tidak merusak pemahaman tentang produk.
– Humor tidak menawarkan sesuatu keuntungan yang lebih dari sekedar bujukan.
– Humor tidak menambah kredibelitas sumber.

– Sifat produk mempengaruhi penggunaan humor. Humor akan lebih berhasil digunakan pada produk yang sudah mapan daripada produk baru. Humor juga akan lebih layak digunakan pada produk yang berorientasi pada perasaan atau pengalaman, dan produk yang tidak sangat membutuhkan keterlibatan konsumen yang harganya murah.

Contoh:

  • Media Elektonik

Televisi

IKLAN lucu akibat pake SHAMPO CEWEK – YouTube

www.youtube.com/watch?v=TRpgwVuPNmE

 

Radio

Script:

( TERIAKAN KENEK ) : BURU / BURU / BURU ! / NAIK / NAIK / NAIK !//
SUPIR 1 : EH LAY ! //
SUPIR 2 : YA ? //
SUPIR 1 : MASA SEKARANG XL LEBIH MURAH DARI CDMA ? //
SUPIR 2 : ASIK LAH //
SUPIR 1 : BENER LAY , NELPON KESESAMA XL CUMA 72 RUPIAH PER MENIT //
SUPIR 2 : ASIK LAH //
SUPIR 1 : XL LEBIH MURAH 10 PERSEN DARI CDMA ! //
SUPIR 2 : ASIK LAH ! //
SUPIR 1 : CUMA PERLU TEKAN BINTANG LIMA RATUS PAGAR TERUS TEKAN OK LAY //
SUPIR 2 : ASIK LAH //
SUPIR 1 : OH / OI / OH / OI / OI LAY / CANTIK KALI TU CEWEK DI JALAN //
( TUKANG SIKAT ) : SIKAT/ SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT//
SUPIR 1 : EH / JANGAN MARUKLAH KAU ! / YANG KEMARIN SUDAH KAU SIKAT / MASIH PULA KAU MAU SIKAT YANG INI ! //
SUPIR 2 : LAH / BUKAN AKU ITU YANG NGOMONG / TUKANG SIKAT ITU ! //
JINGLE ( XL MAKIN SIKAT MURAHNYA / MAKIN UNTUNGNYA // )
( TING TUNG TING TUNG TUNG )
( TUKANG SIKAT ) : SIKAT / SIKAT / SIKAT //

 

  • Media Cetak

Koran

 

 

  • Pemakaian Rasa Bersalah sebagai Pemikat dalam Periklanan

Para pengiklan menyajikan rasa bersalah dalam iklannya untuk mencoba membujuk para calon pelanggan dan menegaskan bahwa rasa bersalah dapat dihapus dengan menggunakan produk yang diiklankan. Misalnya iklan baterai Energizer yang menyatakan tidak bertanggungjawab atas penggunaan baterai lain yang bermutu rendah pada telpon seluler kita. Ini menggambarkan bahwa bila kita menggunakan baterai Energizer merupakan perbuatan yang bertanggungjawab dan menghapuskan rasa bersalah kita atas kerusakan/kegagalan yang dialami. Pada umumnya daya tarik rasa bersalah difokuskan pada pelanggaran dan kegagalan di masa lalu/masa mendatang atau kegagalan dalam memperhatikan orang lain. Misalnya iklan vaksinasi hepatitis A yang menyuguhkan antisipasi terhadap rasa bersalah para membaca iklan dengan membiarkan anggota keluarganya tidak divaksinasi sebelum melakukan perjalanan ke daerah beresiko tinggi tertular hepatitis A.

Contoh:

  • Media Elektonik

Televisi

Clear Anti Dandruff Shampoo TVC – YouTube

Radio

Script:

KLAN beauty fresh (pewangi ruangan)
Fx : suara lalat
Anak Perempuan : mama kamar adik banyak lalat
Mama   : wah mungkin karena bau tak sedap dik
Anak Perempuan : iya ma tolong hilangkan bau tak sedapnya
Mama : tenang , mama punya antinya
Fx : suara semprotan nyamuk
Anak Perempuan : wah wangi sekali ma
Mama : jelas dunk,kan mama pakai beauty fresh pewangi ruangan bau tak sedaap langsung KO
Musik : gitar klasik bernuansa ceria UP-IN-DOWN
Narasi  : Ya,gunakan beauty fresh,bau tak sedap langsung ko
Musik : down-Out

 

  • Media Cetak

Koran

Your Reply

CAPTCHA Image
*