Tugas e-comerce (3)

TUTORIAL MEMBUAT TOKO ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA, Os-COMMERCE, DAN WORDPRESS

Kali ini, kita akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat sebuah toko online secara singkat. Melalui fasilitas yang ada di AnekaHost, Fantastico, anda bisa menciptakan toko online anda dalam waktu hitungan jam. Toko online anda bisa anda bangun melalui beberapa cara. Disini kita akan belajar membuat toko online melalui 2 cara, yaitu menggunakaan Joomla dan OsCommerce.

Persiapan awal membuat toko online :

  1. Baik menggunakan Joomla atau OsCommerce, semuanya bisa anda lakukan melalui fitur Fantastico. Oleh karena itu anda harus masuk terlebih dahulu ke cpanel hosting anda, kemudian memilih fitur Fantastico yang tersedia di sana.
  2. Setelah itu, anda akan dibawa pada halaman Fantastico, dimana disana terdapat berbagai macam platform pembangun situs yang dapat digunakan, salah satunya adalah Joomla dan OsCommerce.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan OsCommerce sebagai basisnya :

  1. Pilih platform OsCommerce, install pada direktori yang anda inginkan. Bisa diinstall pada subdirektori apabila anda ingin melakukannya.
  2. Lakukan setting pada toko online anda seperti menentukan username dan password, nama toko, nama pemilik, email pengirim dan sebagainya.
  3. Setelah selesai, tinggal klik finish maka jadilah toko online anda. Untuk melakukan setting lebih lanjut dan menginput data-data produk, anda bisa masuk ke menu administrator yang ada.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan Joomla sebagai basisnya :

  1. Pilih platform Joomla (disarankan menggunakan versi terbaru yaitu 1.5) dan kemudian install pada direktori yang anda inginkan.
  2. Lakukan setting username dan password, kemudian install.
  3. Situs anda sudah selesai, tetapi belum berupa sebuah toko online karena Joomla adalah CMS standard. Yang anda harus lakukan adalah mencari sebuah plugin yang bernama VirtueMart (bisa anda cari di Google atau langsung ke situsnya di VirtueMart.net). Download dan install pada Joomla anda melalui menu Administrator.
  4. Setelah itu lakukan setting pada toko online anda dan jadilah sebuah toko online anda.

Itu tadi sepintas tentang bagaimana cara membuat toko online secara singkat dan cepat. Dan bila anda praktekkan, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat sebuah toko online bagi usaha anda yang berarti bahwa anda sudah membawa usaha anda pada level Informasi dan Teknologi. Karena keterbatasan ruang dan waktu, maka penjelasan yang diberikan mungkin hanya berupa tutorial singkat. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan seputar bagaimana membuat toko online, dapat menghubungi customer support service AnekaHost

WORDPRESS

Kita akan mencoba membuat sebuah toko online dengan WordPress dengwn hanya modal untuk akses internet. Sebenarnya jika kita ingin membuat sebuah toko online, yang paling cocok adalah menggunakan Joomla. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dengan WordPress jika kita tidak biasa menggunakan Joomla. Toko Online yang akan kita buat ini sangat simple sekali dan cukup mudah digunakan. Daripada membeli script-script toko online yang banyak dijual di pasaran internet.

Membuat toko online dengan platform WordPress ini ternyata mudah. Hanya saja ada beberapa keterbatasan tentunya, misalnya cara pembayaran dan konfirmasi.

Untuk cara pembayaran, hanya bisa menggunakan Paypal. Karena kita bakal menggunakan plugin WordPress Simple Paypal Shopping Cart. Kekurangannya adalah tidak semua orang sudah memiliki akun Paypal. Sementara keunggulannya adalah transaksi (pembayaran) bisa dilakukan dengan cepat. Oke deh, langkah pertama kita download dulu pluginnya, klik link diatas aja. Kalau sudah lalu aktifkan plugin tersebut via Dashboard Admin kita.

Langkah kedua, masuk ke menu Settings, nanti ada pilihan WP Shopping Cart. Klik lalu atur opsi-opsi yang ada. Seperti Email Paypal kita, Shipping Cost, URL konfirmasi, dll.

Langkah ketiga baru deh kita bikin halaman khusus untuk menampilkan produk-produk yang mau kita tawarkan. Contohnya bisa dilihat di halaman Produk PLR yang ada di blog ini.

Langkah selanjutnya pasti sudah bisa sendiri. Tinggal menyimpan widget Shopping Cart di Sidebar untuk nampilin Keranjang Belanja.

Kalop mau bikin toko online WordPress yang lebih dashyat lagi, bisa pake Themes Shopperpress dari Mark Fail. Atau menggnakan Plugin E-Store dari Tipsandtricks-hq. Tapi dua-duanya adalah Themes dan Plugin Premium, alias berbayar.

OS-COMMERCE

osCommerce termasuk salah satu perangkat lunak eCommerce yang sudah ada sejak era web 1.0. Keberadaannya yang sudah cukup lama membuat osCommerce memiliki fitur yang cukup lengkap untuk ber-jualan online. osCommerce juga tergolong cukup mudah digunakan dan dipahami, serta ‘ringan’ untuk di-instal dalam web hosting kebanyakan. Oleh karena itu, osCommerce layak dipertimbangkan sebagai salah satu paket yang bisa digunakan oleh para pedagang online untuk menggelar dagangannya di internet.

osCommerce termasuk perangkat lunak open source yang bisa kita gunakan secara gratis. Kita bisa mengunduhnya, memasangnya untuk digunakan secara lokal dalam komputer sendiri, dan memasangnya dalam server untuk kita gunakan ber-jualan online. Kita bisa mengunduh osCommerce dari alamat berikut ini: http://www.oscommerce.com/solutions/downloads.

Kalau ditilik dari tampilan standarnya, osCommerce sampai versi 3.0a5 memang tampak masih seperti dalam era web 1.0, hampir tidak berubah sejak pertama kali osCommerce diterbitkan. Namun tampilan tersebut bisa diubah dengan menerapkan tema atau template yang berbeda sehingga kesan web 2.0 bisa ditampilkan dalam osCommerce. Kita bisa mencari tema osCommerce di internet baik yang gratis maupun berbayar. Dalam beberapa menit, tampilan standar osCommerce yang kurang menarik bisa diubah menjadi sangat menarik dengan tema yang tepat.

Fitur-Fitur osCommerce

Dari sisi fitur, osCommerce saat ini sudah cukup lengkap. Fitur-fitur dasar sebuah web eCommerce seperti halaman penampil produk, shopping cart, proses checkout, modul pengiriman, dan modul pembayaran semuanya ada. Modul CMS (content management system) dalam osCommerce diimplementasikan secara sederhana, cukup untuk bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan toko online ke pelanggan.

Jawaban UTS

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management

E-commerce dengan segala kemudahannya membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan, mengorganisasikan, menjalankan, sera melakukan pengontrolan terhadap rantai pasokan mereka. Dalam hal ini, perusahaan bisa melakukan penghematan dalam waktu dan biaya yang akan dihabiskan dalam hal rantai pasokan. Peningkatan intensitas produksi perusahaan tentu harus didukung oleh manajemen rantai pasokan yang baik pula. Pasokan yang akan di atur untuk masuk dalam produksi harus bisa di atur dengan mudah. Manajemen rantai pasokan tersebut bisa diatur dengan mudah melalui direktori online yang tentunya sangat membantu perusahaan untuk melakukan pengawasan dengan baik. Supply chain management selalu mempunyai masalah mengenai idle time waktu pemesanan dengan waktu pengiriman dan waktu kedatangan waktu barang yang telah dibutuhkan dalam kegiatan operasionalnya. Hal ini bisa diatasi dengan sistem yang canggih dan terintegrasi dengan otomatisasi database. Dalam hal ini,sistem yang akan bekerja secara otomatis untuk mengaturnya. Konsumen dapat memesan barang yang menjadi bahan baku dalam aktivitas produksinya dengan melalui direktori online yang disediakan oleh perusahaan vendor. Demikian, E-commerce ini tentunya dilengkapi dengan kemudahan untuk melakukan berbagai hal mengenai supply chain management sehingga dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan baik dalam hal waktu maupun biaya yang dikeluarkan.

2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan.

E-commerce hal ini dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan, dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan. Hal ini tercermin di perusahaan-perusahaan yang telah mengaplikasikan e-commerce secara konsisten dan sudah terintegrasi melalui sistem yang modern. Sehingga sistem tersebut tertata rapi di database perusahaan. Dalam hal mengurangi siklus waktu sudah dibicarakan mengenai supply chain management di atas. Dimana perusahaan bisa menghemat idle time mereka dengan baik dan konsisten dengan e-commerce.

Dalam hal meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan menggunakan e-commerce untuk melakukan koordinasi alur kinerja mengenai melalui direktori online. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari pemberian tugas dengan lebih terstruktur, kemudahan akses bagi karyawan mengenai apa yang harus mereka lakukan besok di pagi hari di kantor mereka, dan terjadi penilaian kinerja yang terbuka sesuai dengan prinsip performance appraisal. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan melalui e-commerce.

Dalam hal e-commerce memfasilitasi pelanggan tentu saja hal ini sangat benar. Ditijau dari kegunaan e-commerce itu sendiri, e-commerce dapat memanjakan pelanggan dengan direktori online mellalui official website perusahaan yang telah dirancang untuk memudahkan calon pelanggan mereka. Kemudahan akses dan pemberian layanan secara baik, akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen yang telah melakukan aktivitas di direktori online perusahaan. Maka dari itu e-commerce sangatlah membantu pelanggan.

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

Keunggulan marketplaces:

1. Mempunyai akses penjualan dan pembelian secara jelas dan nyata.

2. Mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih jelas dan tinggi diantara penjual dan pembeli.

3. Barang yang dijual atau dibeli dapat diamati dengan mudah mengenai kualitas dan kondisi barang.

4. Tidak ada pihak manapun yang merasa tertipu dalam aktivitas pembelian maupun penjualan.

Keunggulan maketspace:

1. Dapat mempunyai informasi yang lebih mengenai barang yang diperdagangkan.

2. Pembeli lebih murah dalam mencari nformasi mengenai barang yang akan dibelinya.

3. Memungkinkannya pembeli dan penjual untuk melakukan aktivitas perdagangannya walaupun tidak dalam satu lokasi.

4. Pembeli mempunyai aksesibilitas yang baik dalam melakukan pembelian barang yang diinginkannya.

Kelemahan Marketplaces.

1. Informasi yang harus dibeli untuk mendapatkan barang oleh pembeli lebih terkesan mahal.

2. Tingkat aksesibilitas yang lebih rendah.

3. Tidak terjadinya proses jual beli bila pembeli dan penjual tidak dalam satu lokasi.

4. Informasi mengenai harga, mutu, dan kualitas barang yang rendah.

Kelemahan Marketspaces.

1. Rentan terhadap penipuan.

2. Kualitas barang yang tidak terjamin 100% dengan kualitas sebenarnya.

3. Adanya idle time untuk mendapatkan barang yang telah dibeli oleh seorang pembeli.

4. Tingkat kepercayaan yang relatif rendah.

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Situs yang memberikan harga terbaiknya tergantung pada seri Sony digital camera dan specifikasinya. Akan tetapi saya membandingkan harga Sony Cyber-shot DSC-T700 dimasing-masing situs diatas. Ternyata situs yang memberikan harga terbaik yaitu pada situs pricescan.com. Situs ini menawarkan harga yang menarik dan bagus diantara situs-situs yang lain.

Informasi terbaik juga terletak pada pricescan.com mengenai update harga yang meraka tawarkan. Apabila informasi ini meliputi informasi lebih lengkap mengenai rentang harga Sony digital camera lebih condong di situs shopping.com yang memberikan informasi rentang harga lebih lengkap diantara yang lain.

Kesimpulan dari kedua analisis diatas lebih tergantung pada konten dan fleksibilitas harga yang ditawarkan. Masing-masing tipe sony digital camera berbeda perlakuannya di masing-masing situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce.

Trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada e-commerce yaitu:

Kepercayaan

Kepercayaan dalam hal ini dalam arti dimana sebuah perasaan dimana seorang pelanggan akan merasa percaya untuk melakukan aktivitas dengan vendor yang dikehendakinya. Berikut ini cara meningkatkan kepercayaan di e-commerce.

? Bundel merk yang berkualitas dan terjamin.

? Pengaturan sistem keamanan vendor yang terjamin. Sehingga pelanggan merasa nyaman ketika melakukan transaksi.

? Meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diantara keduanya.

Kepuasan

Kepuasan konsumen dapat diukur dari tingkat penjualan yang mengarah pada pembelian kembali oleh konsumen. Kepuasan dalam e-commerce adalah salah satu yang paling penting dari reaksi konsumen dalam lingkungan online B2C. Dalam e-commerce kepuasan dapat diukur dari statistik berikut:

? 80% dari kepuasan tertinggi konsumen online menginginkan untuk berbelanja kembali dalam 2 bulan.

? 90% menginginkan untuk memberikan rekomendasi vendor kepada yang lain.

? Bagaimanapun, 87% pelanggan yang tidak puas akan meninggalkan vendor mereka secara permanen tanpa memberikan komplain mereka.

Loyalitas

Loyalitas yaitu suatu tingkat dimana seorang pelanggan setia dengan suatu penyedia atau vendor dan merk tertentu dan pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali. Dimana loyalitas pelanggan ini tentunya akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga apabila dihubungkan dengan e-commerce, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bagaimana pelanggan yang telah menggunakan fasilitas e-commerce pada vendor tertentu akan setia melakukan aktivitas online mereka pada vendor tertentu.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.

Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.

? www.alibaba.com

dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.

? www.eceurope.com

ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.

? www.ecplaza.net

Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.

tugas e-comerce (2)

Jenis-jenis store

  1. Toko / mall umum

Ini adalah marketspace yang besar yang menjual semua tipe produk,

Contoh-contoh link yang bisa di akses adalah: amazon.com, choicemall.com, shop4.vcomshop.com, spree.com dan portal publik yang besar seperti yahoo.com, aol.com, lycos.com. kaskus.com semua departemen yang besar dan toko diskon termasuk dalam kategori ini

  1. toko / mall spesial

Toko jenis ini hanya menjual satu tipe atau beberapa tipe produk, seperti buku,bunga.anggur, mobil, atau hewan. Amazon.com memulai bisnisnya sebagai spesial penjual buku, namun sekarang telah berubah menjadi general store. 1800flowers.com hanya menjual bunga dan hadiah yang berkaitan. Fashonmall/beautyjungle spesialisasi pada produk kecantikan, tips, dan trend mode. Cattoys.com menjual berbagai macam mainan kucing. Uvine.com menjual anggur. Atau yang ada di Indonesia bursamobil.com hanya melayanijual-beli mobil saja.

  1. regional vs toko global

Beberapa toko, seperti e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja. Contoh parknshop.com hanya melayani hongkong, kapanlagi.com hanya melayani di Indonesia.

  1. Pure on-line vs click and mortal stores.

Kita mengenal adanya pure e-commerce dan partial e-commerce. Suatu e-commercepure atau partial berdasarkan pada tingkat digitasi dari suatu produk yang diperdagangkan, proses, dan agen pengirimannya. Apabila segala aspek dalam sistem e-commerce itu digital maka dapat dikategorikan sebagai pure e-commerce. Selain itu, ciri lain dari pure e-commerce adalah organisasi penyelenggara benar-benar organisasi online, menggunakan model bisnis new-economy organization, dan menjual produk atau jasanya hanya secara online. Sedangkan, partial e-commerce dicirikan dengan penggabungan antara aspek digital dan tradisional/fisik, penggunaan model bisnis click-and-mortar organization (penggabungan antara offline dan online), serta melakukan kegiatan-kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata. Contoh: pure on-line; AOL, eBay, VeriSign, dan Checkpoint. C dikategorikan lick-and-mortar stores; GE, IBM, Intel, dan Schwab.

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

>tugas e-comerce

>

E-comerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-comerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-comerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

(sumber: wikipedia)

Peluang e-comerce di Indonesia sangat besar,karena perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Alat komunikasi saat ini tidaklah langka. Sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai alat komunikasi elektronik,baik yang searah maupun dua arah. Telepon genggam pun saat ini digunakan sebagai alat promosi. Bahkan UKM di Indonesia pun saat ini mulai memanfaatkan internet sebagai media promosi.