browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Hari 2 Pelatihan Teknologi Informasi by INKUBATOR, Malang

Posted by on October 10, 2012

Aroma hidangan pagi yang menyenggol bulu hidung, membuat nafsu makan saya meningkat 200 %. Rakus bak tikus yang menemukan surga makanan. Comot semua makanan dan menumpuknya dalam sebuah piring.┬á Haha kenyang melebihi batas ­čśÇ Dan alhasil kancing celana terpaksa dibuka karena keadaan. Memalukan. :p

Setelah prosesi prasmanan usai, acara pelatihan diawali dengan materi Movie Casting oleh Mas Adityo. Materi yang diberikan tidak jauh dari teknik penyitradaraan. Lalu disusul dengan materi Make Up Talent Practice yang diampu oleh Mbak Meme.

Make up adalah seni menggunakan bahan -nahan kosmetika untuk mewujudkan wajah sesuai peran. Make up  memang identik dengan wanita meskipun tidak sedikit pria yang juga menggunakan make up dalam mempoles diri. Perbedaan antara Make up Artist dengan Make up Karakter antara lain yaitu dalam make up artist kebanyakan orang menggunakan kosmetik dalam suatu acara tertentu, misal make uo minimalis saat berangkat ke kantor,. Sedangkan make up karakter adalah make up yang benar benar disesuaikan dengan peran seorang aktor. Teknik rias karakter berpatokan dengan skenario. Unsur manipulasi sangat berperan pada teknis tata rias dan desesuaikan pula dengan efek pengambilan gambar dengan kamera. Misalnya make up tampak tua bila memerankan seorang kakek, tampak sakit dan lain lain.

Berikut adalah hasil dari Make Up Talent Practice dengan karakter tokoh sebagai Joker. ­čśÇ

Before

After

Kemudian dilanjutkan dengan materi Script Writing oleh Mas Aryo. Tahukah Anda apa itu Script? Ya, Script adalah sebuah naskah yang bisa disebut juga dengan skenario. Salah satu bagian dari produksi film yang terpenting adalah penulisan skenario. Ketika sebuah skenario telah selesai, maka sebenarnya film telah selesai dibuat pula dalam bentuk tertulis  Skenario itu adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur.

Teknik Penulisan SCRIPT :Inti Cerita.

  1. Inti cerita dari film Romeo and Juliet, misalnya, adalah percintaan antara dua orang anak manusia yang berasal dari latar belakang keluarga yang berlawanan yang pada akhirnya melahirkan tragedi.
  2. Sinopsis adalah ringkasan cerita yang akan dikembangkan menjadi skenario. Pada umumnya Sinopsis ditulis semenarik mungkin dengan maksud menggoda pembacanya untuk membaca skenario dari sinopsis tersebut. Panjang sinopsis biasanya dari setengah sampai dua halaman.
  3. Karakter atau tokoh adalah merupakan salah satu unsur terpenting dalam skenario sama halnya dalam cerpen maupun novel. Akan tetapi dalam skenario, karakter harus lebih dikembangkan secara lebih rinci.
  4. Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis skenario sebagaimana dalam penulisan novel maupun cerpen.
  5. Outline adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih rinci. Jadi bisa dikatakan bahwa outline adalah penjabaran dari plot.

Disini kami diberi tugas untuk membuat script yang bertemakan “REKONSTRUKSI KISAH TOKOH INSPIRATIF”. Kami ber 10 orang telah menyiapkan sepotong naskah fiktif tentang pencari keadilan yang berjalan kaki dari Kota Malang menuju Jakarta. Naskah cerita dibuat oleh mbak Fanni. Seru benar bisa bekerja sama dengan para suhu. Serasa hidup dengan para imajinator yang kratif. AWESOME! ­čśÇ

Simak yang lain Hari 1 , Hari 2, Hari 3, Hari 4, Hari 5

Terima kasih atas kunjungannya. Selamat datang kembali:D