browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

AYO MAKAN BAKPAO SEPUASNYA BERSAMA FENI ROSE!!

Posted by on October 25, 2012

DEADLINE 11 NOVERMBER 2012

indonesia terdiri dari bermacam daerah dengan berbagai kultur, budaya, dan tradisi. Tiap daerah memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan daerah serta devisa negara. Namun, sampai saat ini tidak senua daerah dapat mengembangkan potensi tersebut, sehingga banyak yang masih digolongkan sebagai daerah tertinggal padahal seharusnya justru dapat mendongkrak citra dan ciri khas dari daerah tersebut.

Salah satu pengembangan potensi yang saat ini masih belum mendapatkan perhatian secara khusus adalah dari segi hasil pertanian yang potensial dijadikan sebagai produk makanan sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Meskipun telah ada, namun tidak ada tindak lanjut yang benar-benar dapat meningkatkatkan nilai tambah secara menyeluruh. Perlu ada cara untuk mengembangkan produk makanan tradisional tersebut sehingga lebih menarik dan dikenal oleh masyarakat luas. Pengenalan suatu produk makanan berbahan baku lokal atau makanan tradisional di suatu daerah melalui sektor pariwisata akan mempermudah dalam perluasan jaringan perdagangan. Hal inilah yang dimanfaatkan sebagai pengembangan potensi.

Memasuki era globalisasi, produk makanan lokal ataupun makanan tradisional mengalami penurunan kepercayaan dan konsumsi dari konsumen. Konsumen lebih memilih pada produk dari luar negeri yang dinilai lebih baik daripada produk lokal Indonesia.

Dari kenyataan ini diperlukan suatu sarana untuk menjembatani harapan tersebut, yaitu memungkinkan informasi serta publikasi terkait keberadaan produk pangan lokal maupun tradisional tersebut. Salah satu sarana yang dapat dilakukan secara langsung adalah dengan adanya suatu event besar dengan target pasar yang luas.

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya (HIMALOGISTA) akan mempublikasikan keberadaan produk pangan lokal maupun tradisional dalam acara Himalogista Great Event 7 (HGE). HGE 7 akan menyelenggarakan rekor muri dengan mengangkat tema

Pengangkatan Produk Pangan Lokal Sebagai Upaya Peningkatan Kedaulatan Pangan.

Produk lokal yang diambil yaitu umbi-umbian, pada umumnya umbi-umbian merupakan sumber karbohidrat. Umbi-umbian memiliki banyak varietas, pada produk pangan lokal ini umbi-umbian yang digunakan yaitu ubi. Bahan dasar ubi tersebut diolah menjadi bakpau sehingga dalam acara himalogista great event dibuat rangkai 7.777 bakpau ubi dengan peserta terbanyak kurang lebih 1000 peserta.

Berikut adalah poster kegiatan :

Himalogista Great Event 7

Ayo PESAN TIKET SEKARANG sebelum kehabisan!! Terbuka untuk umum loh.. 😀

Senam Pagi bersama FENI ROSE! 😀

LOKASI : LAPANGAN REKTORAT UNIVERSITAS BRAWIJAYA