Creative Industry – Visual Communication Design

Creative Industry dalam bahasa Indonesia berarti Industri Kreatif. Tahukah Anda ada banyak bidang bisnis yang bisa dijadikan peluang? Ya, salah satunya adalah bisnis di industri kreatif. Kelebihan industri ini lebih mampu bertahan menghadapi krisis karena berbasis ide dan kreativitas dari sumber daya manusia yang tiada batas.

Menurut Atik (2013), industri kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Visual Communication Design adalah salah satu kelompok industri kreatif yang berkecimpung dalam bidang desain visual. Contohnya Photo and Video Graph yaitu kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video, film. Termasuk didalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan iklan.

Fotografi 

Fotografi merupakan seni melukis cahaya dengan menggunakan kamera. Meskipun Anda menempatkan fotografi sebagai sebuah hobi dan tidak untuk ditekuni secara profesional, setidaknya Anda perlu memahami dasar-dasar tentang fotografi. Tak perlu menjadi profesional untuk bisa sukses karena semua itu butuh proses. Tak perlu malu belajar untuk bisa berproses karena semua datang karena niat. Untuk memulai bisnis dalam dunia fotografi, Anda perlu memahami dasar-dasar fotografi. Belajar tidak harus punya buku, kan? Mulailah dari sekarang misalnya searching seputar fotografi, komunitas dan hadiri event-event yang pasti menambah pengalaman Anda.

Videografi 

Videografi lebih cenderung merekam cahaya. Setiap frame yang terekam terdiri dari beberapa foto yang tergabung dalam sebuah klise bergerak. Videografi merupakan pengembangan lebih lanjut dari fotografi. Keduanya selalu berikatan dan tak kan pernah terpisahkan. Teknik pengambilan gambar juga hampir sama dengan fotografi. Kini videografi menjadi peluang terbesar dalam industri kreatif. Jika Anda bisa memahami dasar fotografi tentu Anda pasti bisa mengoperasikan pengambilan video. Berlomba-lomba dalam mencetuskan ide kreatif demi mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Jangan pernah menyerah dengan banyaknya kompetitor yang semakin membludak. Terus berusaha dengan mengembangkan ide-ide cemerlang dalam otak Anda. Berikan nuansa ‘khas’ Anda dalam setiap sentuhan karya. Tentu hal ini akan memberikan nilai jual dan membedakan karya Anda dengan orang lain.

Desain

Desain menjadi komponen utama yang akan menggambarkan ide kreatif Anda. Desain cover CD dan undangan pernikahan, bisa jadi sarana meraup rupiah lewat desain kreatif. Buatlah sebuah desain yang tentu menarik, jelas dan mambu ‘berbicara’ dengan orang lain. Suatu desain yang komunikatif pasti akan memberikan nilai lebih untuk bisnis Anda. Belajar desain tidak harus memberil buku ratusan ribu atau bahkan les privat yang menghabiskan uang jutaan rupiah. Lebih baik belajar mencoba salah daripada tidak sama sekali. Belajar autodidak akan memberikan Anda pengamalan lebih. Gratis lagi..

 

Ketiga poin di atas merupakan serangkaian industri kreatif yang sedang inn di dunia. Untuk memulai bisnis Anda, bergabunglah bersama komunitas komunitas yang mencakup 3 poin di atas. Misalnya Komunitas Fotografi Tustel yang memberikan sarana untuk orang-orang yang ingin belajar bersama dalam dunia desain komunikasi visual.

Categories: Desain | Tags: , , , , , , | 3 Comments

LOMBA FOTOGRAFI TUSTEL UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Huwalo kawan kawan tusteler! 😀

Demi memperingati Dies Natalis FTP yang ke 15, kita mengadakan Lomba Fotografi se-Fakultas. Tema lomba adalah CERMIN FTP (Cerita Minimalis FTP) yang merupakan akronim dari CErita MINimalis yang dapat melukiskan civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian dalam sudut pandang realita. Objek foto bisa berupa landscape, human, dan activity. Ayo buruan kirim karyamu!! Buktikan cintamu pada FTP! 🙂

 

TIMELINE KEGIATAN

Pengambilan gambar HANYA diperbolehkan tanggal 1 – 31 Maret 2013

Pengiriman karya foto via email BATAS MAKSIMUM TANGGAL 31 Maret 2013 pukul 11.59 WIB

Pameran 10 karya terbaik 15 -21 April 2013

Pengumuman Tanggal 21 April 2013 (Puncak Acara Serangkaian Dies Natalis FTP )

 

KATEGORI PESERTA

Seluruh warga FTP baik mahasiswa, karyawan maupun dosen.

 

KETENTUAN UMUM

  1. Lomba ini GRATIS alias tidak dipungut Biaya
  2. Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri, belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi tingkat nasional atau internasional;
  3. Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto yang benar-benar dari pemotretan baik menggunakan kamera digital atau kamera analog (kamera film);
  4. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto tanpa merubah keaslian objek (sharpening,cropping, color balance, dan saturasi warna);
  5. Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto;
  6. Teknis Pengiriman, setelah pengambilan gambar lalu karya foto dikirim via email ketustel.ub@gmail.com dengan subjek LOMBA FOTO DISNAT. Lengkapi juga identitasmu Judul, Tema, Caption, Nama, Jurusan, Nomor Handphone
  7. Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia;
  8. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap melakukan kecurangan;
  9. Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.’
  10. Lokasi yang diizinkan seputar lingkungan kampus UB

 

KRITERIA PENILAIAN

  • Kesesuaian Tema (isi foto)
  • Daya tarik
  • Keunikan
  • Harmonisasi

CP : Mega 085646767502

Categories: TUSTEL | Tags: , , , , , , , , , | 21 Comments

PKL Part X – Final Sempro

SEMPRO (Seminar Proposal) PKL saya berjalan mulus tanggal 20 Desember 2012. Alhamdulillah akhirnya terlaksana sudah semua tanggungan di bulan Desember. Berataskan hem putih dan rok hitam saya menuju ruangan ibu dosen dengan tenang. Dan herannya tumben saya tidak nervous ya?! Mungkin sudah terlalu sering berlatih di depan kaca. hahahah.. 😀

Memang sih rencana sempro ini akan dilaksanakan di akhir bulan Oktober tetapi karena terkendala waktu dan tempat akhirnya molor2 dan molor. Selama masa tenggang ini, secara spontan saya selalu berlatih di depan kaca. Haha memalukan tapi mendidik loh.. 😀

Selama 2 jam presentasi di depan Bu Irma dengan berbagai pertanyaan bak hujan yang semakin deras. Waw! Lumayan deh ada bekal untuk persiapan SEMHAS (Seminar Hasil). Target SEMHAS bulan Februari! Bismillah..

Categories: PKL | Tags: , , , , , , | 1,304 Comments

Gebyar Festival Tari (GFT) XX Universitas Brawijaya 2012

Gebyar Festival Tari adalah suatu ajang festival yang dipersembahkan oleh Universitas Brawijaya dengan tujuan melekatkan jiwa cinta budaya Indonesia kepada para mahasiswanya. GFT juga merupakan serangkaian kegiatan yang mengeruk kreatifitas mahasiswanya dalam dunia seni. Baik itu seni tari, seni musik dan seni berorganisasi.

Dalam 1 kontingen per fakultas terdiri dari maksimal 25 orang yaitu, komposer, koreografer, penari, pemusik, penata rias, penata artistik, penulis naskah dan pimpinan produksi. Tak hanya asal menari tetapi ada makna yang tertuang rapi dalam balutan naskah tarian.

Kewajiban tahun ini, peserta lomba tidak diizinkan menggunakan jasa PELATIH. Jadi apapun yang ditampilkan dalam acara GFT murni kreatifitas mahasiswa UB sendiri. Para koreografer dan komposer dari mahasiswa asli UB.

Tema yang diangkat dalam GFT tahun ini adalah LADEN. Laden dalam bahasa Indonesia bermakna melayani. Kami dari kontingen Fakultas Teknologi Pertanian Universita Brawijaya mempersembahkan suatu tarian yang berjudul NYINOM. Nyinom berasal dari kata sinoman yang bermakna melayani para tamu dalam suatu hajatan pernikahan. Ide cerita mengacu pada kekompakan para muda mudi dalam kegiatan memberi, melayani dan mengantarkan sajian makanan yang istimewa kepada tamu undangan.

Pimpinan Produksi : Surotil alias Suroto

Koreografer : Elliza Rachma Dwiyanti

Komposer : Danang Hariono

Penata Rias : Anugrah Wiyani

Penulis Naskah : Ellen Demi Winata

Durasi Tari : 9.40 menit

Penari :

  1. Merlyana Kusuma W
  2. Elliza Rachma Dwiyanti
  3. Shinta Eka Lestari
  4. Anugrah  Wiyani
  5. Panggulu Ahmad R
  6. IGN. Pratama Putra
  7. Lukman Aziz

Pemusik :

  1. Mohammad Ala’
  2. Fery Agus S
  3. Dani Pratama Putra
  4. Danang Hariono
  5. M. Rusdi Abdullah
  6. Feizal Yogi
  7. Usman Affan
  8. Dwi Ari Febri
  9. Nadia Aulia Izaty
  10. M. Prasetyo Wignu

Penata Artistik : Rizki Mukti Adicandra, Khoirul Mahmud, Mas Roni dan Mas Panda

Tata pentas : Panggung procenium

Tata lampu : Tata lampu bersifat natural lebih menonjolkan aspek dimensi figuratif dan warna lampu menunjukkan suasana tertentu

Properties yang digunakan : Baki, Janur, Kuade

Setting panggung : Level

Photo By Mas Angky

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya kami dari Kontingen FTP mendapatkan JUARA UMUM ketiga kalinya berturut2. Tahun ini kami mendapatkan Penjai terbaik, Koreografer Terbaik, Penulis Naskah Terbaik dan Suporter Terbaik.

Alhamdulillah saya sebagai penulis naskah bisa lega meski hanya sedikit membantu Elliza yang hangat dipanggil ICA (koreografer) dalam menuangkan beberapa idenya. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada :

  • Fani Bekti selaku penulis naskah asli. Maaf bukan maksud saya mengambil alih tugas kamu, tapi ini perintah dari surotil. :’) Terima kasih sebelumnya sudah membantu mengawali naskah ini..
  • Wiwin (Sekretaris) selaku editor naskah sekaligus pendengar setia saat saya sedang galau dikejar deadline pengumpulan naskah hehe.. :p
  • Iluk (Penata Artistik) yang bersedia membantu saya membuat pentolan pentolan memusingkan dalam plot tiap adegan
  • Si kembar eva evi dan evan yang membantu saya dalam penyelesaian cover naskah. Maaf sudah merampok waktu kalian belajar UAS :’)
  • Alfian TEP 2010 yang bersedia menuangkan warna warna cantik di atas lembaran cover via digital. Maaf sekali lagi merepotkan karena saya kurang mahir photoshop. :p Tapi terima kasih buanyaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk ya.. Tanpa kamu mungkin naskah ini tak ada artinya.. :’)
  • Surotil (Pimpro) yang sudah mengobrak abrik hidup saya. Hehe.. :p Maaf kalau saya sudah sering kali marah2 dan memberontak karena perintahmu yang membuat kepala saya hampir pecah. Tapi terima kasih selalu mengingatkan deadline yang SELALU MENDADAK! Meski kadang emosi setengah mati, tapi alhamdulillah semua bisa saya handle. Maaf juga kalau hasil video, naskah, bannernya kurang memuaskan.. 😀
  • Seluruh kontingen yang senantiasa memberikan dukungan,doa serta semangat kepada saya setiap hari.. Love you all 😀

“yang kubanggakan dari GFT bukan juaranya, pialanya atau hadiahnya,.
Tapi kerja keras, pengorbanan dan kebersamaan yang ada selama proses.
Proses selama tiga bulan untuk penampilan sepuluh menit dipanggung Sakri UB.
berjuta terima kasih untuk kakak2 tingkatq yang udah memberiku kesempatan ikut bergabung dalam kontingen. beribu terima kasih untuk mbak icha, mas danang yang mempercayaiku untuk membantu semampuku. Beribu terima kasih dan salut untuk penari, pemusik, mas suroto (pimpro) dan official yang kompak banget.
aq kangen proses GFT,.maem bareng, guyonan, do’a bareng, nginep fakultas, evaluasi, sumpek mikir gerakan, repotnya madukan gerakan dan musik, muter2 nyari kostum, hujan2an bareng mbak icha, berpelukan waktu diumumin pemenang, yel2 rame2, semuanya. Aku menemukan keluarga baru di kontingen GFT.
terima kasih UKM SENI FTP (ARTGRITECH).” – Anugrah Wiyani

Categories: KULIAH, Life | Tags: , , , , , , , , , , , | 2,914 Comments

Saya, Bunga Dandelion dan Bunga Matahari

Sedikit melupakan badai yang menerjang kehidupan, saya duduk di atas rerumputan lembut, menikmati atmosfer sejuknya kota Malang. Bunga-bunga cantik memancarkan radiasi kedamaian di hati. Hmmm.. Indahnya. :’) Sejenak mata seolah terhipnotis oleh kuasaNya.

Sekian banyak bunga yang terparkir rapi, hanya ada 2 rumpun bunga yang bisa membuat saya tersenyum. Saya mencoba memejamkan mata sejenak, memutar kembali imajinasi tentang makna dari bunga – bunga ini.

Bunga Matahari

 

KUNING! Warna kesukaan saya.. Ya, bunga Matahari tampak sangat indah, penuh keceriaan, mempesona dengan warna khas-nya. Bunga Matahari memang tidak begitu seanggun dan seindah Mawar mungkin, tapi dengan gagah ia berdiri kokoh. Bunga matahari akan selalu menghadap dimana ada cahaya matahari, dia selalu mencari cahaya untuk membantu ia tumbuh bahkan merekah indah.

Bunga matahari itu mengajarkan ketegaran dalam hidup. Kita tidak boleh menyerah dalam menghadapi masalah dalam hidup kita, seberat apapun masalahnya. Seperti bunga matahari, kita juga harus dengan berani menatap Sang Mentari, menapak hari esok. Karena matahari tidak hanya bersinar untuk kita, dan tetap harus berusaha menemukan cahaya kehidupan untuk membantu kita melangkah.

Bunga Dandelion

Bunga yang hangat ditelinga orang-orang dengan sebutan bunga mungil bertopi putih, terlihat sangat lemah bila digoyangkan oleh angin, tapi ia masih tetap berusaha menjadi tegar dan kuat melawan terpaan angin yang seolah-olah akan mencabutnya dari singgahsana ia berdiri. Dan jika ia memang harus diterbangkan oleh sang angin, ia rela dan tidak akan bersedih. Karena ia tahu meskipun diterbangkan oleh angin dan tak tahu kemana arah terbangnya, ia juga tidak takut jika nantinya setelah diterbangkan oleh sang angin ia harus tertinggal ditanah yang gersang, di tepi jalan berbatu, bahkan dihimpit semak berduri, ia tetap tegar dan mencari setitik celah dan berjuang untuk tetap hidup.

Dandelion mampu bertahan dalam segala cobaan. Walaupun bentuknya tidak seindah mawar merah, mungkin tidak harum bunga melati, Tapi Dandelion dengan tangkai kecilnya yang sederhana. mampu memberikan banyak arti dalam kehidupan ini. Bisa memberikan kehidupan baru. Serta saat ia disandingkan dengan ilalang jalanan yang sangat jarang dapat melihat dan menyadari keberadaannya juga tidak membuatnya bersedih atau bahkan minder. Dia tak pernah berhenti berusaha untuk bertahan hidup.

Dandelion, sosok kuat meskipun tampak rapuh, tapi memiliki semangat yang hebat dalam memcari kehidupan baru di luar sana. Mampu terbang tinggi, menjelajah luas menentang angin, sampai akhirnya mendarat di tempat baru kemudian tumbuh menjadi jiwa yang baru. Tujuan hidupnya hanya satu. Setelah ia terbang melintasi jagad raya, meniti kehidupan yang penuh kerikil tajam, suatu hari nanti, sejauh apapun ia telah pergi, ia akan kembali lagi ketempat dimana ia berasal

Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengajarkan makna kehidupan dan mengajarkan saya makna kehidupan lewat kedua bunga ini. Ya, Saya, Bunga Dandelion dan Bunga Matahari :’)

Categories: Adventure, Life | Tags: , , , , , , , , | 1,835 Comments

Strategi untuk Meningkatkan Peran Indonesia sebagai Eksportir Nanas

Strategi Jangka Pendek

Strategi dapat dilakukan guna mendukung peningkatan daya saing buah nanas Indonesia adalah: (1) Pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas buah  nanas Indonesia melalui perbaikan infrastruktur dengan pengadaan alat pendingin, pemberantasan hama penyakit, dan konsistensi dalam hal pemasokan buah nanas ke pasar internasional; (2) meningkatkan kinerja ekspor buah nanas Indonesia; (3) meningkatkan produktivitas buah nanas  Indonesia yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan daya saing buah nanas Indonesia; dan (4) meningkatkan volume ekspor buah nanas sehingga dapat meningkatkan daya saing buah-buahan tropis Indonesia.

Strategi Jangka Panjang

  • Memperbaiki iklim infestasi

Lemahnya iklim investasi Indonesia disebabkan oleh serangkaian faktor. Akan tetapi, ketidakpastian kebijakan dan peraturan, korupsi, dan kualitas prasarana dinilai merupakan hal paling relevan bagi eksportir buah nanas saat ini. Pemerintah telah merancang program untuk memperbaiki iklim investasi, seperti tertuang dalam Buku Putih (White Paper) paket kebijakan ekonomi pasca IMF. Meski strategi perbaikan iklim investasi ini membutuhkan reformasi kelembagaan dalam jangka panjang dan perubahan perilaku, pemerintah dapat bertindak cepat dengan memberi indikasi berupa komitmen untuk menangani isu-isu tersebut. Kuncinya adalah membuka dialog dengan berbagai asosiasi yang mewakili dunia usaha domestik dan asing. Selanjutnya, pencapaian atau hasil dari agenda ini harus mudah diawasi. Penunjukan komite, sejajar dengan kabinet, hanya akan efektif jika dapat meyakinkan dunia usaha visi apa yang perlu dilakukan dan kewenangan untuk melaksanakan visi tersebut

  • Meningkatkan akses pasar serta volume ekspor

Indonesia memerlukan kebijakan perdagangan yang sinkron dan konsisten, agar memperoleh manfaat dari pertumbuhan perdagangan dunia dalam rangka penciptaan lapangan kerja. Selama ini kebijakan yang ditempuh terlalu fokus pada pengaruh subsidi pertanian oleh negara-negara maju. Meski penghapusan subsidi ini sangat diharapkan, mereka bukanlah kendala utama bagi ekspor Indonesia. Sebaliknya, kebijakan harus memfokuskan diri pada peningkatan akses pasar. Baik pasar negara maju maupun berkembang sama pentingnya sebagai negara tujuan ekspor nanas iIndonesia. Selain itu, Indonesia juga harus meningkatkan nilai ekspor nanas dan nilai total ekspornya di pasar internasional agar memperoleh tambahan pangsa ekspor. Salah satu caranya yaitu melakukan kerjasama dengan negara pengekspor nanas yang bernilai ekspor tinggi dan berdaya saing kuat dalam pemasaran guna meningkatkan nilai ekspor nanas Indonesia di pasar internasional.

  • Mempertahankan dominasi nanas indonesia di pasar internasional

Indonesia harus mempertahankan posisinya sebagai eksportir di pasar internasional terutama di negara Jepang, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Macao dengan cara meningkatkan ekspor nanas segar serta berbagai produk olahan nanas,terutama yang khas dari Indonesia seperti kripik dan dodol agar negara tujuan tersebut memiliki pilihan produk yang lebih beragam dan tetap mengimpor nanas dari Indonesia. Indonesia harus lebih intensif mengekspor nanas ke Jepang dan Amerika Serikat yang merupakan negara tujuan potensial karena kedua negara tersebut merupakan negara dengan GDP perkapita yang tinggi dibandingkan negara tujuan lainnya sehingga aliran ekspor nanas Indonesia ke kedua negara tersebut akan cenderun

Categories: KULIAH | Tags: , , , , | 6,443 Comments

Protected: Bukan yang PERTAMA

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Categories: Adventure | Enter your password to view comments.

Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Nanas Indonesia

Peran indonesia sebagai eksportir buah nanas yang sangat masih rendah disebabkan daya saing buah nanas Indonesia yang lemah. Hal ini disebabkan oleh empat faktor, antara lain: (i) biaya produksi ataupun pengiriman yang lebih tinggi menjadikan harga buah nanas Indonesia lebih mahal dibandingkan para pesaingnya; (ii) lemahnya iklim usaha menghambat investasi dalam industri ekspor nanas (iii) rendahnya akses terhadap kualitas dan kuantitas prasarana ataupun teknologi yang memadai untuk budidaya nanas, akan mengakibatkan inefisiensi perdagangan, dan (iv) munculnya negara-negara pesaing, seperti Vietnam, Cina dan Thailand merupakan ancaman yang serius terhadap ekspor nanas  Indonesia

  • Biaya yang Lebih Tinggi

Buah nanas Indonesia memiliki keunggulan dari sisi iklim dan murahnya harga lahan di luar Jawa. Akan tetapi, bagi produsen biaya pengapalan keluar Lampung atau kalimantan yang cukup mahal sekitar $2.47 per kardus (lebih tinggi dari Thailand yang hanya 2$),  cukup menyebabkan daya saing buah nanas Indonesia menjadi rendah di pasar internasional. Alasannya adalah keterbatasan akses pelabuhan serta prasarana sehingga biaya ekspor ke suatu negara  menjadi mahal.

  • Iklim Investasi yang Lemah

Lemahnya iklim investasi di Indonesia telah memperburuk kinerja ekspor buah nanas ke luar negeri karena menghambat investasi baru dalam upaya peningkatan teknologi serta kualitas buah nanas, dan akhirnya menyebabkan  kenaikan biaya produksi. Investasi asing merupakan sumber utama pertumbuhan ekspor sebelum krisis, namun investasi ini menurun secara drastis sejak krisis, dari US$ 40 milliar hingga di bawah US$ 10 milliar antaratahun 1993-1999.

  • Keterbatasan Akses Prasarana.

Meski Indonesia memiliki tarif pelabuhan yang relatif rendah, efisiensi sistem pelabuhannya buruk. Hampir seluruh lalu lintas barang dialihkan melalui Singapura dan Malaysia  Menurut perkiraan, Indonesia dapat meningkatkan ekspor buah nanas hingga sebesar 18 persen dengan hanya meningkatkan logistik dan prosedur pelabuhan setengah dari rata-rata efisiensi negara-negara APEC. Perbaikan pelayanan jalur transportasi dalam dan antar pulau juga penting untuk menghubungkan wilayah miskin namun berpotensi dengan pasar internasional.

  • Negara Kompetitor

Meningkatnya persaingan dengan Thailand, Cina dan Vietnam untuk mengekspor buah nanas, tentunya akan berdampak pada daya saing buah nanas baik dari segi teknologi maupun jangkauan distribusi dengan biaya yang effisien. Ekspor ketiga negara ini tumbuh pesat di sejumlah pasar yang semula didominasi oleh Indonesia. Ekspor buah nanas  Indonesia mengalami penurunan. Sebaliknya, ekspor buah nanas dari Thailand, Cina dan Vietnam tumbuh secara signifikan. Persaingan ini diperkirakan akan semakin meningkat, sehingga ekspor buah nanas Indonesia ke berbagai negara tersebut turun 27 % akibat munculnya kompetitor.

Categories: Adventure | Tags: , , , , | 56 Comments

Peran Indonesia Sebagai Eksportir Nanas

Komoditas pangan masih menjadi primadona ekspor non-migas  di Indonesia. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memperkirakan ekspor produk kelapa sawit, kakao,  buah-buahan, sayuran serta perikanan nasional bisa menjaring devisa senilai US$ 101,5 miliar atau Rp 913 triliun dalam empat tahun mendatang. Salah Satu komoditi nasional tersebut yang menjadi ekspor unggulan indonesia adalah nanas atau Ananas comusus, Walaupun demikian peran Indonesia sebagai produsen maupun eksportir nanas segar di pasar internasional masih sangat kecil. Indonesia menempati posisi yang ketiga dari negara-negara penghasil nanas olahan dan segar setelah negara Thailand dan Cina. Di Indonesia, produksi nanas mengalami peningkatan dari tahun 2001 sampai tahun 2006. Pada periode tahun 2001-2006 produksi rata-rata nanas Indonesia meningkat sebesar 16,83 persen per tahun. Tingkat produksi nanas juga cukup besar dibandingkan buah unggulan lain yang memiliki luas panen yang lebih besar karena potensi wilayah Indonesia yang cocok untuk pertumbuhan nanas.

 

Komoditas

Produksi (Ton)

2001

2002

2003

2004

2005

2006

Nanas

494.968

555.588

677.089

709.918

925.082

1.427.781

Manggis

25.812

62.055

79.073

62.117

64.711

72.634

Pisang

4.300.422

4.384.384

4.177.155

4.874.439

5.177.608

5.037.472

Mangga

923,294

1.402.906

1.526.474

1.427.665

1.412.884

1.621.997

Jeruk

691;433

968.132

1.441.680

2.071.084

2.214.020

2.565.543

Pepaya

500.571

605.194

626.745

732.611

548.657

643.451

Durian

347.118

525.064

741.851

675.902

566.205

747.848

Alpukat

141.702

238.182

255.957

221.774

227.577

239.462

Tabel 1. Nilai Produksi Beberapa Buah-Buahan Indonesia Periode 2001- 2006

(Direktorat Jendral Bina Produksi Hortikultura, 2006)

Di kawasan regional ASEAN, peran Indonesia sebagai eksportir buah nanas mengalami fluktuasi selama periode waktu 1997 sampai 2006. Pada periode waktu sebelum diterapkannya liberalisasi perdagangan AFTA tahun 2003, volume ekspor nanas ke kawasan ASEAN mengalami penurunan yang sangat tajam pada tahun 1998. Penurunan ekspor dikarenakan pada tahun tersebut Indonesia mengalami krisis ekonomi. Setelah terjadinya krisis pada tahun 1998, volume ekspor nanas mengalami fluktuasi namun tidak terlalu mencolok atau relatif stabil. Kondisi ini tercipta karena kondisi Indonesia yang mulai membaik.

Sejak AFTA berlaku pada tahun 2003, volume ekspor mengalami peningkatan. Akan tetapi, pada tahun 2005 volume ekspor nanas menurun sangat tajam yaitu dari 2.047.124 kilogram pada tahun 2004 menjadi 485.277 kilogram, dan terus mengalami penurunan di tahun berikutnya. Penurunan volume ekspor nanas ke kawasan ASEAN pada tahun 2005, disebabkan nanas Indonesia kalah bersaing dengan nanas Thailand dan Philipina dalam hal harga dan kualitas sehingga ketika penghapusan tarif impor di negara-negara ASEAN diberlakukan, Indonesia malah mengimpor nanas dari Thailand dan Philipina. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa adanya AFTA, keunggulan komparatif dan kompetitif nanas Indonesia bukannya meningkat tetapi semakin menurun sejak tahun 2005.

Di skala internasional, nanas juga merupakan salah satu buah yang mendominasi ekspor Indonesia ke kawasan-kawasan Pasifik, Eropa dan Timur tengah, nilai ekspor nanas Indonesia saat ini lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya, mencapai US$ 204,5 juta pada tahun 2009 (Ditjen Hortikultura, 2009). Selain itu, permintaan akan buah nanas di pasar internasional terus meningkat. Walaupun begitu, pada tahun 2009 pangsa pasar ekspor nanas Indonesia di pasar internasional hanya sebesar 0,01 persen terhadap nilai ekspor nanas dunia, yang berarti peranan indonesia sebagai eksportir buah nanas di skala internasional masih rendah dibandingkan negara-negara eksportir nanas lainnya. Peran  Indonesia sebagai pengekspor buah nanas yang masih rendah ini, tidak sejalan dengan potensi yang dimiliki Indonesia baik secara geografis maupun dalam luas wilayah. Hal tersebut disebabkan oleh komoditi nanas Indonesia yang kalah bersaing dengan komoditi nanas dari negara lain, serta faktor-faktor yang mempengaruhi aliran ekspor nanas dari dalam negeri ke pasar Internasional.

 

No

Komoditi

Nilai (US $)

% Nilai Impor/ Nilai Produksi

 Produksi

 Impor

 Ekspor

1

Jeruk

 198.171.967

211.089.260

 1.171.930

106,52

2

Apel

407.605.931.823

189.336.608

 113.921

0,05

3

Anggur

438.455.224.512

121.217.600

 9.582.386

0,03

4

Nanas

 3.744.214.535

 461.567

 203.790.312

0,01

5

Durian

 298.194.123

 38.192.411

20.435.356

12,81

6

Stroberi

 80.888.592.742

 1.072.230

 376.321

0,001

7

Pisang

 27.362.822

 849.998

 1.011.593

3,11

Tabel 2. Nilai Ekspor Beberapa Buah-Buahan di Indonesia Periode 2009

 Sumber : Direktorat Jendral Bina Produksi Holtukultura 2006

Categories: Food, Lecture | Tags: , , , | 611 Comments

Ketua KF TUSTEL 2012 -2013

Alhamdulillah.. terima kasih atas kepercayaan dan antusias teman teman sekalian yang telah kalian berikan kepada saya. Terima kasih sebanyak banyaknya.. :*

Menyandang amanah sebagai ketua Komunitas Fotografi TUSTEL 2012 – 2013 merupakan suatu tanggung jawab saya setahun ke depan. Sempat tidak percaya dengan atmosfer di hadapan saya saat itu.  Senang, bahagia, haru semua jadi satu. Basic saya memang bukan fotogrfer profesional, tapi saya mencoba akan memberikan yang terbaik untuk TUSTEL. Because I love TUSTEL.. :*

Prosesi serah terima jabatan dari Mbak Tiwi (Ketua KF TUSTEL 2011 – 2012) kepada saya.

Disahkan oleh Pak KETUM SENI (Mas Danang)

 

Categories: TUSTEL | Tags: , , , , , , , | 68 Comments