agroekoteknologi

Agroekoteknologi
Agroekoteknologi ialah salah satu Program Studi di Fakultas Pertanian, selain Program Studi Agribisnis. Agroekoteknologi merupakan Program Studi yang berisi penggabungan Program Studi (PS) Budidaya/Agronomi, Hortikultura dan Arsitektur Lansekap. Agroekoteknologi yang menekankan pada tindakan bersama antara sistem produksi dan perawatan sumber daya lahan, dirumuskan agar dapat meningkatkan produksi pertanian dan keberlanjutan revolusi hijau.
Pada dasarnya dalam mendirikan suatu PS tidak semata-mata didasarkan pada hukum penawaran dan permintaan. Suatu PS yang didirikan harus mengacu pada jumlah peminat calon mahasiswa, bagaimana nasib sebuah disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan bagi pengembangan dunia pertanian di tanah air harus ditutup hanya karena jumlah peminatnya yang sedikit. Penomena terus menurunnya minat mahasiswa untuk belajar pertanian tidak terlepas dari buruknya potret pertanian di negeri ini.
Dunia pertanian Indonesia dari waktu ke waktu tidak mengalami perkembangan yang signifikan sehingga meruntuhkan motivasi mahasiswa untuk belajar pertanian. Kondisi-kondisi itulah yang membuat sektor pertanian tidak berkembang. Para penyelenggara PS berusaha meningkatkan peminat dengan berbagai cara, termasuk cara-cara yang tidak sehat. Pemerintah semestinya berperilaku adil pada seluruh disiplin ilmu untuk berkembang. Tapi yang kita rasakan sekarang, pemerintah cenderung mengembangkan PS tertentu hanya karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pembenahan kebijakan pemerintah yang lebih kondusif dan konklusif untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas sektor pertanian. Pemerintah perlu melakukan integrasi sektor pertanian dalam kebijakan makro agar tidak berat sebelah mendukung sektor industri. Selain itu, pemerintah perlu menyediakan sarana dan prasarana (termasuk untuk penelitian). Subsidi tetap diperlukan, namun bukan subsidi sektoral, melainkan subsidi kelompok miskin yang kebanyakan berada di pedesaan.
Melihat konstelasi pendidikan pertanian Indonesia yang terus dibongkar pasang hingga sekarang jika daftar di Dikti,disiplin ilmu pertanian untuk program sarjana hanya ada dua, yaitu: Agroekotaknologi dan Agribisnis.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply