Dalam menggambar mesin suatu hal yang harus diperhatikan adalah penguasaan dalam konstruksi geometris, yang terdiri dari titik, garis, ruang, dan bidang. Berikut penjelasannya :

1. TITIK
Sebuah titik hanya dapat ditentukan oleh letaknya, tetapi tidak mempunyai ukuran (dikatakan tidak berdimensi). Sebuah titik digambarkan dengan memakai tanda noktah, kemudian dibubuhi dengan nama titik itu. Nama sebuah titik biasanya menggunakan huruf kapital seperti A, B, C, P, Q atau R. Pada gambar diperlihatkan dua titik, yaitu titik A dan titik P.

titik

2. GARIS
Sebuah garis(dimaksudkan adalah garis lurus) dapat diperpanjang sekehendak kita. Namun mengingat terbatasnya bidang tempat gambar, sebuah garis hanya dilukiskan sebagian saja. Bagian dari garis ini disebut wakil garis. Garis hanya mempunyai ukuran panjang, tetapi tidak mempunyai ukuran lebar. Nama dari sebuah garis dapat ditentukan dengan menyebutkan nama wakil garis itu dengan memakai huruf kecil g, h, k, atau menyebutkan nama segmen garis dari titik pangkal ke titik ujung. Pada gambar diperlihatkan dua buah garis, yaitu garis g dan segmen garis AB.

garis

3. BIDANG

Sebuah bidang (dimaksudkan adalah bidang datar), dapat diperluas seluas-luasnya. Pada umumnya, sebuah bidang hanya dilukiskan sebagian saja yang disebut sebagai wakil bidang. Wakil suatu bidang mempunyai dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Gambar dari wakil bidang dapat berbentuk persegi atau bujur sangkar, persegi panjang, atau jajargenjang. Nama wakil bidang dituliskan di daerah pojok bidang dengan memakai huruf α , β, γ atau H, U, V, W atau dengan menyebutkan titik-titik sudut dari wakil bidang itu.Pada gambar diperlihatkan beberapa bentuk bidang.
bidang-datar
4.    Ruang
Bangun ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut. Dapat juga dikatakan sebagai kumpulan dari bidang-bidang yang membentuk suatu bangun baru.
gp_3_1_bangun_ruang_masif_all_a35878
Membagi Dua Garis
Singgung_26
Membagi Dua Sudut
Gambar 2.2 Membagi Sudut Menjadi Dua Sama Besar
Memindahkan Sudut
Gambar 2.1 Memindahkan Sudut
Menggambar Segitiga Sudut Sisi Sudut
Gambar 2.5 Menggambar Segitiga Sudut Sisi Sudut
Menggambar Persegi
Gambar-2.7-Menggambar-Bujur-Sangkar-250x300
Menggambar Segi Lima
segilima
Menggambar Segi Enam
segienam
Menggambar Segi Tujuh
Gambar 2.13 Segi Tujuh Beraturan
Menggambar Segi Delapan
segidelapan
Menggambar Segi Sembilan
Gambar 2.15 Segi Sembilan Beraturan
SUMBER :
-http://blog.unnes.ac.id/suhito/objek-objek-geometri/
-materi “konstruksi geometri” dari pak fikrul
 -http://4.bp.blogspot.com/-tDfJHF8YXmw/UOWwmKm9sUI/AAAAAAAAB7M/sKwsXCLaFuU/s1600/Gambar+2.15+Segi+Sembilan+Beraturan.JPG