PERKEMBANGAN KOMPUTER

Posted: 6th October 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in All About Komputer

Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.

1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.

Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama:
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )

Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
b. EDVAC Computer  (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )

EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer

 

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )

 

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

 

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an – ??? )

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat  ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer
ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.

 

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjakdari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain  memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek
ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

 

PENGOLAHAN DATA DAN SIKLUS OPERASIONAL KOMPUTER

Posted: 6th October 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in All About Komputer

Dalam pengoperasian system komputer memiliki  tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input), pengolahan data (processing), dan mengeluarkan hasil (output). Sedangkan untuk melangkah antara dari tahap satu ke tahap berikutnya pada perangkat keras yang digunakan (hardware), harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau pengguna (brainware), dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software) pada komputer.

 

Gambar  Tahap Pengolahan Data Dasar

 

Tahap yang terjadi adalah data yang telah didapatkan dan dikumpulkan selanjutnya dimasukkan oleh pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices), kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diproses oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh perangkat keluaran (output devices). Jadi pada dasarnya perangkat keras (hardware) komputer dibagi menjadi 3 perangkat utama yaitu input device, process devices, dan output devices.

Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan perangkat penyimpan data atau informasi (storage devices), dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data (data processing cycle)

 

Untuk memperoleh pengolahan data yang baik dan bermanfaat maka perlu siklus sehingga pengolahan data terorganisir dengan baik pula. Pertama-tama data dimaksukan ke dalam model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu, setelah menghasilkan proses tertentu maka berlanjut ke level managemen dimana sebagai dasar untuk membuat keputusan dan melakukan tindakan tertentu. Dari hasil keputusan tersebut akan menghasilkan kejadia-kejadian tertentu pula yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan kedalam model suatu proses dan begitu seterusnta. Sehingga dapat diperoleh suatu siklus operasional seperti berikut:


 

 

Gambar. Siklus operasional

 

http://kuliah.dinus.ac.id/ika/asi2.html

 

1. Data input

a) Recording transaction data ke sebuah pengolahan data medium

(contoh, punching number ke dalam kalkulator).

b) Coding transaction data ke dalam bentuk lain (contoh, converting

atribut kelamin female ke huruf F).

c) Storing data or information untuk pengambilan keputusan (potential

information for future).

2. Data transformation

a) Calculating, operasi aritmatik terhadap data field.

b) Summarizing, proses akumulasi beberapa data (contoh, menjumlah

jumlah jam kerja setiap hari dalam seminggu menjadi nilai total jam

kerja perminggu).

c) Classifying data group-group tertentu :

c.1) Categorizing data kedalam group berdasar karakteristrik tertentu

(contoh, pengelompokkan data mahasiswa berdasar semester aktif).

c.2) Sorting data kedalam bentuk yang berurutan (contoh, pengurutan

nomor induk karyawan secara ascending).

c.3) Merging untuk dua atau lebih set data berdasar kriteria tertentu

(menggabungkan data penjualan bulan Januari, Februari dan Maret

kedalam group triwulanan).

c.4) Matching data berdasar keinginan pengguna terhadap group data

(contoh, memilih semua karyawan yang total pendapatannya lebih

dari 15 juta pertahun).

3. Information output

a) Displaying result, menampilkan informasi yang dibutuhkan pemakai

melalui monitor atau cetakan.

b) Reproducing, penyimpanan data yang digunakan untuk pemakai lain yang

membutuhkan.

c) Telecommunicating, penyimpanan data secara elektronik melalui saluran

komunikasi.

 

 
Pengolahan berasal dari kata olah yang berati serangkaian kegiatan atau aktivitas yang melakukan kegiatan – kegiatan tertentu untuk kegiatan tertentu pula. Berdasarkan pengertian tersebut maka pengolahan data adalah serangkaian kegiatan, pikiran dan bantuan tenaga atau suatu peralatan yang mengikuti serangkaian langkah, perumusan data tersebut, bentuk susunan, sifat atau isinya menjadi lebih berguna. Pengolahan data dapat dilakukan secara sentralisasi dan desentralisasi. Sentaralisasi pengolahan data memungkinkan kearah:
1. Penerapan pembagian kerja dengan akibat pembagian biaya dan pembangunan kwantitatif secara lebih menguntungkan.
2. Pemakaian file yang sama pada banyak proses pengolahan data.
3. Suatu pemamfaatan yang lebih baik dari sasaran teknis administrasi.
4. Penerapan pemisahan fungsi antara operasional dan pengolahan data secara sentral.
Pengolahan data dapat diartikan juga sebagai segala pengolahan untuk membuat data yang berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga dapat segera dipakai. Pengolahan data merupakan suatu proses penerimaan data sebagai masukan (input) kemudian diproses (processing) oleh suatu program tertentu dan mengeluarkan hasil proses data dengan komputer dikenal suatu sistem yang disebut EDP (Electronic Data Processing) yaitu suatu sistem pengolahan data dimana komputer memegang peranan utama.
Dilihat dari sistem pengolahan data, dapat dibagi dalam tiga tahap dasar yaitu:
1. Membaca data atau input data.
2. Mengolah data atau proses
3. Hasil atau output.

Pengolahan data melalui komputer meliputi beberapa bagian antara lain :

Origination

Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar.

Input

Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)

Processing

Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage

Output

Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.

Distribution

Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

Referensi :

http://sistem-informasi-manajemen.blogspot.com/2009/07/siklus-pengolahan-data-pengolahan.html

http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7111/pengenalan+komputer.ppt

“Imajinasi pemanfaatan jaringan komputer di masa mendatang”

Posted: 6th October 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Jaringan Komputer

Berbicara tentang jaringan komputer, semua akan menjadi luas dengan adanya jaringan komputer. Jika masa kini jaringan komputer telah membuat dunia ini semakin dapat terjangkau ibarat kata “Dunia telah bisa dipeluk” karena menurut saya pribadi kini dunia telah bisa dikuasai dengan dunia jaringan komputer yang saat ini telah tumbuh subur. Sehingga dimungkinkan jaringan komputer yang akan ada dimasa depan akan tumbuh lagi bertambah pesat mungkin bisa merambah di planet-planet lain.

Mungkin pemanfaatan jaringan komputer di masa mendatang banyak menciptakan banyak produk-produk yang  bisa dimanfaatkan yang semaksimal mungkin. Sehingga kalimat “Dunia telah bisa di peluk” telah digantikan dengan “Dunia itu Sempit”. Karena Dunia telah dikuasai dengan jaringan komputer yang semakin pesat perkembangannya.

Karena jaringan komputer akan berkembang dengan pesat maka beberapa tahun akan dating aka nada banyak hal yang berubah. Dibawah ini saya akan meresume teknologi apa saja yang akan berkembang dan akan popular dimasa mendatang, ada di beberapa Negara besar yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut namun belum popular di Negara lain.

1. WIMAX

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise. Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

2. Voice over Internet Protocol

Disebut juga VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone)adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP). Di Negara ini sudah ada tetapi minim sekali kemampuan dan batas yang dimiliki.

JIKA TIDAK ADA JARINGAN KOMPUTER

Posted: 6th October 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Jaringan Komputer

Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berkomunikasi pesan instan, dan dapat mengakses informasi (peramban web).

Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah.

Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya padahal dulunya teknologi ini dikembangkan untuk komputer yang dapat kita temui saat ini sudah ikut digunakan pada teknologi jaringan komputer.

Akhir-akhir ini perlu diketahui bahwa semakin tingginya tingkat kebutuhan serta semakin banyaknya pengguna jaringan yang banyak dimanfaatkan dengan baik dari segi informasi maupun untuk mendapat keuntungan dari jaringan.

Nah, bisa dibanyangkan jika dunia jaringan komputer tidak di jaman sekarang. Kemudahan untuk melakukan sesuatu dalam segala aspek dari aspek education sampai dunia kerja bisa terhambat.  Seperti saat belum ada jaringan bahkan belum ada komputer, semua kebutuhan dilakukan secara manual tanpa bantuan alat yang berhubungan dengan komputer atau jaringannya. Sehingga pekerjaan dilakukan mengalami hambatan dari berbagai aspek seperti dilihat dari efisiensi waktu dan biaya, yang sangatlah tidak mudah apabila jaringan komputer tidak ada di jaman sekarang.

Application Layer Protocols dan Services Examples

Posted: 6th October 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Jaringan Komputer

Dunia pengalaman Internet melalui penggunaan World Wide Web, e-mail, dan program file-sharing. Aplikasi ini, serta yang lain, menyediakan antarmuka manusia untuk jaringan yang mendasari, yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima informasi dengan relatif mudah. Sebagian besar aplikasi yang intuitif, mereka dapat diakses dan digunakan tanpa perlu kita ketahui bagaimana mereka bekerja. Ketika Anda terus mempelajari dunia jaringan, menjadi lebih penting untuk mengetahui bagaimana aplikasi ini dapat memformat, mengirimkan, dan menafsirkan pesan yang dikirim dan diterima melalui jaringan.Visualisasi mekanisme yang memungkinkan komunikasi di seluruh jaringan dibuat lebih mudah jika anda menggunakan kerangka berlapis dari Sistem Interkoneksi Model OSI (Open).

OSI dan TCP / IP Model

Model referensi OSI adalah suatu representasi, berlapis abstrak dibuat sebagai pedoman untuk membersih pekerjaan desain protokol dan instruksi. Model OSI membagi proses jaringan ke tujuh lapisan, yang masing-masing memiliki fungsi yang unik dan yang ditugaskan mengembangkan layanan dan protokol.

Dalam model OSI, informasi akan diteruskan dari satu lapisan ke berikutnya, dimulai pada application lapisan pada host transmisi dan melanjutkan ke hirarki untuk lapisan fisik, kemudian melewati saluran komunikasi ke host tujuan, di mana informasion hasil kembali hirarki, berakhir pada layer aplikasi.

TCP yang paling banyak dikenal protokol aplikasi / IP lapisan adalah mereka yang menyediakan pertukaran informasi pengguna. Protokol ini menentukan format dan kontrol informasi diperlukan untuk banyak fungsi komunikasi internet umum. Di antara TCP / IP protokol adalah sebagai berikut:

 

  1. Domain Name System (DNS) digunakan untuk menyelesaikan nama ke alamat IP Internet.
  2.  Transfer Protocol (HTTP) digunakan untuk mentransfer file yang membentuk web halaman World Wide Web.
  3. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) digunakan untuk transfer mail dan lampiran.
  4. Telnet, sebuah protokol emulasi terminal, digunakan untuk menyediakan akses remote ke server dan perangkat jaringan.
  5. File Transfer Protocol (FTP) yang digunakan untuk transfer file interaktif antara sistem. Protokol dalam TCP / IP suite umumnya didefinisikan oleh Permintaan untuk Komentar (RFC). Internet Engineering Task Force (IETF) menjaga RFC sebagai standar untuk TCP / IP suite

Fungsi Application Layer Protocol  

ü  Menetapkan aturan-aturan yang konsisten untuk pertukaran data antara aplikasi dan layanan dimuat pada perangkat berpartisipasi.

ü  Tentukan bagaimana data di dalam pesan yang terstruktur dan jenis pesan yang dikirim antara sumber dan tujuan. Pesan-pesan ini dapat permintaan untuk layanan, pengakuan, data pesan, pesan status, atau pesan kesalahan.

ü  Tentukan dialog pesan, memastikan bahwa pesan yang dikirim adalah yang diharapkan dipenuhi oleh respon dan bahwa layanan yang benar dipanggil saat transfer data terjadi.

Banyak jenis aplikasi yang berkomunikasi melalui jaringan data. Oleh karena itu, aplikasi layanan lapisan harus melaksanakan beberapa protokol untuk menyediakan jangkauan yang diinginkan. Setiap protokol memiliki tujuan tertentu dan mengandung karakteristik diperlukan untuk memenuhi tujuan itu. Rincian protokol yang tepat di setiap lapisan harus diikuti sehingga bahwa fungsi pada satu lapisan antarmuka benar dengan layanan pada lapisan bawah. Aplikasi dan layanan juga dapat menggunakan beberapa protokol dalam satu conversation. Satu protokol mungkin menentukan bagaimana untuk membuat sambungan jaringan, dan lain mungkin menggambarkan proses untuk transfer data ketika pesan diteruskan ke yang berikutnya lapisan bawah

 

DNS Services dan Protocol

Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi  informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat di analogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host computer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address.

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet  seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

  1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
  2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
  3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  • Root-Level Domains

Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain diekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).

  • Top-Level Domains
    Pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
    - com Organisasi Komersial
    - edu Institusi pendidikan atau universitas
    - org Organisasi non-profit
    - net Networks (backbone Internet)
    - gov Organisasi pemerintah non militer
    - mil Organisasi pemerintah militer
    - num No telpon
    - arpa Reverse DNS
    - xx dua-huruf untuk kode negara (id:Indonesia,sg:singapura,au:australia,dll)

Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.

  • Second-Level Domains

Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.

Host Names

Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan.

Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.

Dalam jaringan data, perangkat yang ditugaskan alamat IP sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam mengirim dan menerima pesan melalui jaringan. Namun, kebanyakan orang memiliki waktu sulit untuk memberi alamat numerik. Oleh karena itu, nama domain diciptakan untuk mengkonversi numerik alamat ke sebuah nama, yang sederhana dikenali. Di Internet, nama domain ini, seperti http://www.cisco.com, jauh lebih mudah untuk orang untuk diingat daripada 198.132.219.25, yang pada saat penulisan ini, adalah numerik alamat untuk server ini. Juga, jika Cisco memutuskan untuk mengubah alamat numerik, itu transparan kepada pengguna, karena nama domain akan tetap http://www.cisco.com. Baru alamat hanya akan dihubungkan ke nama domain yang ada dan konektivitas dipertahankan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3-11. Bila jaringan masih kecil, itu adalah tugas sederhana untuk menjaga pemetaan antara nama domain dan alamat yang mereka wakili. Namun, sebagai jaringan mulai tumbuh dan jumlah perangkat meningkat, sistem manual ini menjadi tidak bisa dijalankan.

DNS diciptakan untuk nama domain ke alamat resolusi untuk jaringan ini. DNS menggunakan set server didistribusikan untuk menyelesaikan nama-nama yang terkait dengan alamat nomor. Bagaimana DNS Bekerja ?

Protokol DNS mendefinisikan layanan otomatis yang sesuai dengan nama sumber daya diperlukan alamat jaringan numerik. Ini termasuk format untuk pertanyaan, tanggapan, dan data format. DNS protokol komunikasi menggunakan format tunggal yang disebut pesan. Format ini digunakan untuk semua jenis permintaan klien dan respon server, pesan kesalahan, dan transfer informasi antara server resource record. DNS adalah layanan klien / server, namun, hal itu berbeda dari klien / server layanan lain yang Anda memeriksa. Sedangkan layanan lainnya menggunakan klien yang aplikasi (web browser, e-mail client, dan sebagainya), klien DNS berjalan sebagai layanan itu sendiri. DNS klien, kadang-kadang disebut DNS resolver, mendukung resolusi nama untuk aplikasi jaringan lainnya dan layanan lain yang membutuhkannya. Ketika mengkonfigurasi perangkat jaringan, biasanya Anda menyediakan satu atau lebih server DNS alamat bahwa klien DNS dapat digunakan untuk resolusi nama. Biasanya layanan Internet (ISP) memberikan alamat yang akan digunakan untuk server DNS. Ketika pengguna applikasi permintaan untuk menghubungkan ke perangkat remote dengan nama, klien DNS meminta query satu dari server DNS untuk menyelesaikan nama ke alamat numerik.

Komputer sistem operasi juga memiliki utilitas yang disebut nslookup yang memungkinkan pengguna untuk query server nama untuk menyelesaikan nama host yang diberikan. Anda juga dapat menggunakan utilitas ini untuk memecahkan masalah resolusi nama dan untuk memverifikasi status server nama. Pada Contoh 3-1, ketika perintah nslookup dikeluarkan server DNS default dikonfigurasi untuk host Anda akan ditampilkan. Dalam contoh ini, server DNS adalah dns-sjk.cisco.com, yang telah alamat 171.68.226.120.

Contoh Perintah nslookup 3-1

Microsoft Windows XP [Version 2600/05/01]

Copyright 1985-2001 Microsoft Corp

C: \> nslookup

Server default: dns-sjk.cisco.com

Alamat: 171.68.226.120

> Www.cisco.com

Server: dns-sj.cisco.com

Alamat: 171.70.168.183

Nama: www.cisco.com

Alamat: 198.133.219.25

WWW dan HTTP

World Wide Web (www) merupakan web service atau pada saat kita mengetikkan sebuah alamat web/URL ke dalam web browser dan melakukan koneksi ke layanan web yang berjalan pada server yang meggunakan protocol HTTP/URL/URI (Uniform Resource Identifier). Web browser adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk menghubungkan ke world wide web sehingga dapat mengakses disimpan pada web server. Dan kemudian web client membuat koneksi ke server sehingga server dapat menerima dan meninterpretasikan data dan menyajika ke client.

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa pada suatu halaman web browser sehiggga dapat menyajikan suatu data

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan salah satu protocol dalam TCP/IP yang awal mulanya dikembangkan untuk mempublikasikan dan mengambil halaman HTML dan sampai sekarang masih dipakai untuk mendistribusikan. http digunakan di World Wide Web untuk transfer data dan merupakan salah satu protocol aplikasi yang paling banyak digunakan.

HTTP dapat menentukan permintaan, misalnya ketika sebuah client mengirimkan suatu pesan permintaan ke server maka protocol http mendefinisikan jenis pesan client dengan menggunakan pengiriman pesan ke halaman web untuk meresponnya. Jenis pesan yang dikirimkan oleh HTTP ada tiga jenis yaitu :

  1. GET

Permintaan client untuk meminta suatu data, setelah server menerima permintaan GET maka akan direspon, sehingga akan menampilkan name pada address bar.

  1. POST

Jika client meminta suatu data maka pada address bar tidak menampilkan apa yg diminta client.

  1. PUT

Digunakan untuk mengirim pesan yang mengupload data ke web server. Sehingga contoh ketika pengguna memasukkan data ke dalam bentuk tertanam dalam halaman web.

Meskipun sangat flexible, HTTP adalah protocol yang tidak aman, karena pesan POST mengupload ke server dalam teks biasa bisa dibaca, dan pada respon server biasanya halaman html juga tidak terenskripsi.

Untuk komunikasi yang aman diinternet biasanya menggunakan HTTP Secure (HTTPS), merupakan layanan protocol yang digunakan untuk mengakses atau memposting informasi web server. HTTPS dapat menggunakan otentifikasi dan enskripsi untuk mengamankan data saat terjadi perpindahan data antara client dan server. HTTPS juga menetapkan aturan tambahan untuk melewati data antara application layer dan transport application.

 

—————————————————————————————————————————————————–

Dapat di download di sini::

http://www.4shared.com/document/c0U9yK65/Apllication_Layer_Protocols_an.html
http://www.ziddu.com/download/16689495/ApllicationLayerProtocolsandServicesExamples.pdf.html

Tawaran Advertisment,,,

Posted: 2nd May 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in E-Commerce

KapanLagi.com adalah salah satu situs web di Indonesia yang berfokus pada berita infotainment. Situs ini mulai beroperasi di bulan Agustus 2003, berkembang dari layanan SMS Alert, kemudian mengembangkan situs yang memfokuskan ke berita selebritis dan entertainment. Situs ini mempunyai “motto” : “Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?”. KapanLagi.com mempunyai dua kantor di Jakarta untuk bagian business development dan marketing, sedangkan di Malang untuk bagian editor, programmer dan desainer.

Dalam web KapanLagi.com tersedia pelayanan jasa advertisement yang bagus dan menarik yang disesuaikan dengan kantong  client. Harga mulai dari Rp. 5.000.0000 – Rp.10.000.000 per bulan yang bertipe standart, Rp 10.000.000 -  Rp. 25.000.000 perbulan bertipe di atas standart bahkan ada yang berkisar harga lebih dari Rp.50.000.000,00 perbulan untuk perusahaan-perusahan besar. Karena izin advertisment yang aman dan terpercaya sehingga banyak client yang mau berkerjasama dengan mereka.

Desain penempatan advertisement yang menarik dan tidak mengganggu pembaca itu lah keungulannya. Karena disitus ini memiliki banyak fitur sehingga advertisment sangat menarik.

KapanLagi.com memiliki beragam fitur:

  • Berita : meliputi berita showbiz (yang terdiri dari selebriti, musik, film, hollywood, asian star, sinetron, dan televisi), kick ‘n goal, olahraga, politik, ekonomi, kriminal, tekno, dan pernik.
  • Artikel: meliputi artikel mengenai lifestyle, selebriti, travel, otomotif, kesehatan, seksologi, tekno, gadget, tips, oscar, humor, resensi film dan musik, dan humor.
  • Foto dan profil selebriti: yang terbagi dalam berita foto, galeri foto, serta profil selebriti yang meliputi selebriti Indonesia, Hollywood, Bollywood, dan Asia Timur (Hong Kong, Taiwan, China, dan Korea)
  • Kuis KapanLagi: berisi pertanyaan-pertanyaan seputar dunia hiburan
  • Jadwal Bioskop: informasi jadwal film yang diputar di bioskop-bioskop 21 di berbagai kota di Indonesia
  • KL Trailer: berisi trailer film-film yang tengah diputar di bioskop, film-film box office, maupun film yang masih akan diputar beberapa bulan ke depan
  • Kartu Ucapan: meliputi kartu ucapan sehari-hari dan hari raya
  • KL Forum : forum untuk pengguna KapanLagi.com
  • KL Upload: pemuatan (upload) foto untuk forum/situs/blog
  • KL Album: album foto online yang mampu menampung maksimal 100 buah foto
  • KL Kamus: Kamus Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris
  • KL Radio: radio online, menyajikan lagu-lagu hits dalam negeri dan mancanegara
  • KL Mobile: layanan SMS Alert dan multimedia untuk ponsel
  • KL WAP: layanan berita dan informasi untuk ponsel
  • KL CityGuide : Panduan lengkap untuk mendapatkan info kuliner, hotel, wisata, belanja, restoran dan tempat favorit di kota-kota besar Indonesia.

Dalam web KapanLagi.com tersedia pelayanan jasa advertisement yang bagus dan menarik yang disesuaikan dengan kantong  client. Harga mulai dari Rp. 5.000.0000 – Rp.10.000.000 per bulan yang bertipe standart, Rp 10.000.000 -  Rp. 25.000.000 perbulan bertipe di atas standart bahkan ada yang berkisar harga lebih dari Rp.50.000.000,00 perbulan untuk perusahaan-perusahan besar. Karena izin advertisment yang aman dan terpercaya sehingga banyak client yang mau berkerjasama dengan mereka.

Desain penempatan advertisement yang menarik dan tidak mengganggu pembaca itu lah keungulannya.

E – COMMERCE

Posted: 14th March 2011 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in E-Commerce

Electronic commerce (E-commerce) merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi atau laninnya. Yang berfungsi untuk transfer dalam pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Didalam pertukaran dilakukan juga transaksi perdagangan, transaksi komersial bahkan untuk pemasaran.

Untuk menguji sejauh mana E-commerce dapat menguntungkan dengan cara mengevaluasi usaha. Tujuan evaluasi usaha Evaluasi kelayakan usaha merupakan suatu usaha untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan proyek, apakah proyek tersebut berjalan sesuai rencana dan akan memberikan hasil seperti yang diharapkan.

Terdapat beberapa kegunaan dari evaluasi kelayakan usaha, yaitu:

1.      Memandu pemilik dana untuk mengoptimalkan penggunaan dana yang dimilikinya.

2.      Memperkecil resiko kegagalan investasi dan bisa memperbesar peluang keberhasilan investasi yang bersangkutan.

Tahap-tahap Evaluasi Kelayakan Usaha :

  1. Analisa Aspek Pasar, Evaluasi aspek pasar sangat penting dilakukan karena tidak ada proyek bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan oleh proyek tersebut
  2. Analisa Aspek Teknis, Analisis aspek teknis antara lain menentukan jenis teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha yang dikaji.
  3. Analisis Aspek finansial, Analisis aspek finansial dipergunakan untuk mengetahui karakteristik finansial dari suatu perusahaan melalui data-data akuntansinya.

Strategi yang perlu diterapkan untuk E-commerce:

1.      Pricing (pemberian harga)

2.      Inconvenience (ketidaknyaman)

3.      Core service failures (kegagalan pemberian jasa inti)

4.      Service encounter failures (kegagalan pelayanan jasa inti)

5.      Attraction by competitor (kemenarikan pesaing)

6.      Ethical problems (masalah etika)

7.      Involuntary switching (berpindah tidak sengaja)

Dalam bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk lebih inovatif dan memiliki keungulan yang bisa ditawarkan kepada para pelanggan dan mitra bisnis. Salah satunya adalah konsep kerja sama business to business (B2B). Bentuk kerja sama ini dapat membantu upaya efisiensi biaya pengadaan barang dan yang paling penting adalah bisa memudahkan mitra bisnis.

Prinsip ini menjadi nyata dalam penyediaan layanan business to business (B2B). Layanan ini didukung penuh oleh teknologi informasi yang sangat memadai sehingga siap memberikan kemudahan dan kepuasan kepada pelanggan.

Manfaat dan Keunggulan Layanan B2B

  1. Hemat waktu dan praktis Menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk atau daftar kategori produk umum Kawan Lama yang lainnya.
  2. Efektif dan efisien Pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
  3. Keuntungannya besar Mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
  4. Kerahasiaannya aman dan terjamin Sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
  5. Transaksi yang transparan Layanan ini mendukung good corporate governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui e-mail notifikasi kepada buyer (bagian purchasing) atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut di perusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahan terhadap proses transaksi.

Mempelajari E-commerce

Dalam mempelajari e-commerce, cara yang terbaik adalah dengan mempraktekkannya secara langsung. Tetapi sebelumnya harus memahami apa itu e-commerce, apa yang akan dibisniskan, serta apa kendala-kendala yang mungkin akan dihadapi. Karena kemajuan teknologi yang pesat, serta penggunaan layanan internet yang meningkat, sangat menunjang dalam kegiatan e-commerce sehingga e-commerce saat ini merupakan usaha yang sangat menarik dan memungkinkan untuk memperoleh laba yang lumayan besar.

Pada aplikasi e-commerce, terdapat beberapa isu etis yang berkaitan dengan internet dan e-commerce. Beberapa isu etis tersebut antara lain; konflik chanel, konflik penentuan harga, disintermediasi, kepercayaan, penggunaan internet yang tidak berhubungan dengan  pekerjaan dan koda etik.

Proteksi terhadap konsumen merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan diaplikasi oleh suau entitas bisnis, karena pada bisnis e-commerce :

1.      Tidak terdapat kontak face to face dengan para konsumen ataupun pemasok,

2.      Masalah anonimitas

Kondisi ini yang sangat memungkinkan terjadinya kecurangan. Beberapa perusahaan publik dan swasta berupaya untuk menyediakan proteksi yang diperlukan untuk membangun kepercayaan konsumen, sebagai salah satu faktor penentu kesuksesan aplikasi e-commerce. Untuk penanggulangannya dengan menggunaan software inteligen untuk mengidentifikasi kemungkinan konsumen yang diragukan, identifikasi signal peringatan untuk kemungkinan terjadinya kecurangan transaksi, validasi rekening bank konsumen untuk menghindari adanya rekening konsumen yang fiktif (perusahaan melakukan konfirmasi pada bank terkait dengan pembayaran atau tagihan komsumen), pelibatan jasa asuransi pihak ketiga, melakukan pengendalian autentifikasi dan biometrik merupakan beberapa bentuk upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memprevensi, mendeteksi dan mengkoreksi berbagai kegiatan bisnis dalam e-commerce.

Faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan e-commerce antara lain adalah:

  1. Kurangnya komitmen dari pihak manajemen, sehingga strategi IT tidak selaras dengan strategi perusahaan.
  2. Pemilihan vendor dan infrastruktur yang tidak tepat, menyebabkan aplikasi yang tidak sempurna, koneksi yang tidak stabil, maupun rentannya sistem terhadap serangan.
  3. Minimnya undang-undang yang melindungi transaksi online, membuat tidak semua konsumen merasa nyaman berbelanja melalui internet
  4. Adanya resiko berupa serangan terhadap sistem, seperti hacker, virus, worm, dan trojan.

Solusi kegagalan usaha baru dalam E-commerce adalah:

  1. Pengetahuan pasar yang memadai. Sehingga pengetahuan dalam informasi mengenai potensi permintaan untuk produk, pangsa pasar yang bisa diharapkan secara realistis, dan metode distribusi yang memadai.
  2. Kinerja produk yang harus berjalan dengan benar. Karena sering sekali produk baru tidak berfungsi seperti yang disebutkan, disebabkan oleh terlalu cepatnya pengembangan produksi dan uji coba produk, atau kendali mutu yang tidak memadai.
  3. Usaha pemasaran dan penjualan yang efektif. Dengan menunjukkan hasil yang bagus sehingga usaha promosi yang terstruktur dan memadai dapatmemecahkan masalah yang ada dalam penjualan, pelayanan atau kedekatan dengan pasar.
  4. Mempunyai komitmen dari pihak manajemen, sehingga strategi IT selaras dengan strategi perusahaan.
  5. Membuat sistem proteksi dalam e-commerce untuk menjaga keamanan dari berbagai serangan terhadap sistem.

L O C A L A R E A N E T W O R K ( L A N )

Posted: 30th April 2010 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Fisika 2

LAN ialah jaringan komputer yang mengcover area lokal seperti rumah, kantor, group bangunan dll. komputer terhubung kesuatu komputer server menggunakan 1 topologi tertentu dan area tertentu. menggunakan teknologi standar IEEE (institute of electrical and electronics engineer). IEEE ialah lembaga internasional independen yang membuat standar untuk networking.

Manfaat LAN

v Peralatan digunakan bersama

v Mudah mendapatkan Informasi

v Pemakaian Data bersama

v Hubungan antar sistem yang berbeda (Windows ke Linux atau Linux ke Apple dll.)

v Paperless

v Efektivitas

v Keamanan terjamin dan terpusat (server)

Berikut contoh penggunaan LAN:

Akses Internet melalui: Wireless LAN (WLAN)

Implementasi untuk:

  • Perusahaan menengah
  • Kantor Pusat
  • Kampus

Aplikasi untuk:

  • Browsing Internet
  • Chatting
  • Download / Upload
  • VoIP = Voice Over Internet Protocol
  • Application Server

Keterangan:

  • Memerlukan alokasi /29 dengan 8 IP Public = 5 IP Public untuk server yang dapat diakses langsung dari Internet, 1 IP Public sebagai gateway dari server yang ada, 1 IP Public sebagai Network Address, 1 IP Public sebagai Broadcast Address.
  • Memiliki Netname sendiri yang dapat di whois dari Internet.
  • Membutuhkan Network/System Administrator.

PRINTER LASER

Posted: 23rd April 2010 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Dasar Sistem Informatika

Printer laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis dibanding menggunakan tinta pencetak tinta.

Printer laser bekerja dengan melibatkan 7 langkah:

  1. Pemrosesan Gambar Raster: peosesor dalam pencetak mengubah data untuk dicetak dari format apapun yang ada, ke bitmap halaman untuk dicetak – yang kemudian disimpan dalam memori gambar raster.
  2. Pengisian: Sebuah muatan elektrostatik kemudian diproyeksikan ke drum fotosensitif berputar dalam pencetak.
  3. Penulisan: Sinar laser diarahkan pada cermin poligon berputar, yang mengalihkan sinar itu ke drum fotosensitif. Data yang dirasterisasi kini dibaca, dan digunakan untuk mengendalikan apakah laser itu menyala atau tidak, karena sinar itu menyapu drum – di mana ketika sinar laser mengenai drum muatannya dibalik, menciptakan gambaran listrik laten di permukaan.
  4. Perkembangan: Permukaan drum kemudian dipajankan ke partikel toner bermuatan negatif, yang ditarik ke daerah di mana laser itu menulis gambaran listrik tersimpan. Toner itu akan diusir oleh muatan negatif daerah di drum di mana sinar laser tak mengenainya, dan kemudian menghilangkan muatan.
  5. Transfer: Drum sekarang diputar ke kertas, mengubah gambar dari drum ke kertas (untuk membantu proses ini ada pemutar bermuatan positif di belakang kertas, yang mendorong toner dari drum dan ke kertas).
  6. Penggabungan: Kertas kemudian dilewatkan melalui penggabung, di mana pemutar itu menyiapkan panas dan tekanan untuk mengikat toner ke kertas.
  7. Pembersihan: Sebuah tangkai tak bermuatan listrik dan lampu penembak menghilangkan toner dan semua muatan yang tersisa di drum (semua ini akan terjadi dalam 1 revolusi drum).

Berkut salah satu contohnya:

Konica Minolta Magicolor 2430 DL – Printer Laser untuk Personal

Konica Minolta Magicolor 2430 DL memiliki resolusi cetak sampai 2400×600 dpi. Menurut spesifikasi, printer ini menawarkan kecepatan pencetakan sampai 20 ppm (monokrom) dan 5 ppm (warna).

Sarana konektivitas printer ini juga cukup lengkap dengan disediakannya interface USB dan Ethernet (10/100 Mbps). Dengan adanya interface Ethernet, maka printer ini boleh dikatakan sudah siap untuk dihubungkan ke dalam jaringan skala kecil (SOHO). Kelebihan lain yang ditawarkan oleh printer laser ini adalah konektivitas langsung dengan kamera digital yang telah mendukung standar PictBridge 1.0.

Paket standar printer ini mengemas memori sebesar 32 MB. Anda masih bisa menambahkan memori sampai 544 MB dengan menggunakan modul memori 512 MB. Sebuah LCD kecil juga memudahkan Anda mendapatkan informasi status printer ini.

Proses instalasi bisa dilakukan dengan mudah. Jaringan yang digunakan sudah memiliki DHCP server sehingga proses pemberian IP Address dilakukan secara otomatis. Hanya perlu meng-install software yang disediakan. Selanjutnya, printer ini sudah siap melayani kebutuhan pencetakan Anda.

Seperti biasa, pengujian dibuka dengan mencetak 10 lembar teks. Lembar pertama selesai dicetak dalam waktu sekitar 15 detik. Sisa 9 lembar berikutnya bisa diselesaikan dalam waktu 27 detik saja. Printer laser ini juga bisa mencetak foto dan kombinasi teks/grafik. Selembar foto bisa dicetak dalam waktu sekitar 42 detik, sementara kombinasi teks/grafik membutuhkan waktu sekitar 37 detik.

Kualitas hasil cetaknya tergolong sangat baik. Teks bisa disajikan dengan sangat tajam, sementara pencetakan warnanya juga termasuk baik. Kelebihan lain printer ini adalah kemampuannya untuk mencetak di atas kertas foto/glossy, layaknya printer inkjet. Namun, harus diakui bahwa dynamic range warna yang ditawarkan masih belum sebaik printer inkjet kelas foto. Konica Minolta juga menyediakan pengaturan warna (Color Matching). Pengaturan ini tampaknya sangat penting untuk mendapatkan komposisi warna yang paling pas dengan kebutuhan Anda.



Dengan harga dan kualitas yang ditawarkan, printer Konica Minolta ini sangat menarik untuk pengguna personal ataupun SOHO.

PHOTOSCAPE

Posted: 9th April 2010 by Dara Nisa' Ulum Bilgies in Dasar Sistem Informatika

Saat ini banyak sekali software pengolah foto yang gratis. Tapi, meskipun sifatnya gratis software-software tersebut juga mempunyai banyak kelebihan dan tidak sekedar asal-asalan saja pembuatannya. Contohnya software yang satu ini. Namanya Photoscape, aplikasi ini bisa dibilang unik karena software yang satu ini adalah sebuah software editor gambar seperti Photoshop. Software dapat didownload dengan gratis karena bersifat freeware. Untuk anda yang bingung menggunakan Adobe Photoshop bisa menggunakan Photoscape untuk mengedit foto/image dan merupakan foto editing software yang memungkinkan untuk memperbaiki dan meningkatkan foto dengan mudah.

PhotoScape merupakan  sebuah aplikasi besar untuk membuat kolase, mengedit foto, menangkap layar, dan banyak lagi. Editor foto yang cukup mudah digunakan untuk pemula.

PhotoScape yang sangat user friendly ketika PhotoScape pertama kali dibuka, adanya tampilan atau interface. Pada interface ini segala sesuatu editor yang diinginkan bisa langsung dimulai dengan menge kLik icon pada toolbar yang tersedia dan secara otomatis dapat dengan mudah menavigasi melalui bagian.

Fitur Utama

      Viewer: Lihat foto di folder Anda, menciptakan slideshow.

      Editor: resizing, penyesuaian kecerahan dan warna, white balance, backlight koreksi, frame, balon, modus mosaik, menambahkan teks, gambar gambar, cropping, filter, penghapusan mata merah, mekar

      Batch Editor: Batch mengedit beberapa foto

      Page: Gabungkan beberapa foto pada frame halaman untuk membuat satu foto terakhir

      Combine: Pasang beberapa foto secara vertikal maupun horizontal untuk membuat satu foto terakhir

      GIF animasi : menggunakan beberapa foto untuk membuat foto animasi akhir.

      Print: Cetak gambar potret, carte de Visites (CDV), foto paspor.

      Splitter: Slice foto menjadi beberapa bagian.

      Screen Capture: Capture screenshot dan simpan. untuk menjadikan screen atau data yang ada di computer menjadi gambar (untuk menangkap gambar layar) seperti halnya print screen.

      Color Picker: Zoom in pada gambar, cari dan pilih warna.

      Rename: Ganti nama file foto dalam modus batch.

      Raw Conveter: Konversi RAW ke JPG.

      Paper Print: Cetak berbaris, grafik, musik dan kertas kalender.

      Search Face: Cari wajah serupa di Internet

Layanan pendukung photoscape seperti:

      Mendukung 27 bahasa.

      Kertas cetak Ditambahkan fungsi:

      Mendukung netbook resolusi: 1024 X 600 Mendukung kecuali ‘Batch editor’, ‘Combine’ dan ‘Print’.

      Retouched intro screen: ikon kecil di menu utama, toolbar baru dan ikon web link pada bagian bawah.

      Upgraded DPI fungsi:

  • Mengaktifkan DPI tugas saat menyimpan foto di ‘Editor’ atau ‘Batch Editor’.
  • Menunjukkan item informasi DPI di EXIF.
  • Meliputi lebih DPI saat mencetak.
  • Ditambahkan ‘Colored Pencil’ filter
  • Ditambahkan ” Watercolor Pencil filter ‘.
  • Ditambahkan 5 frame baru.
  • Ditambahkan 50 face icon baru dan 29 yang logo baru.
  • Ditambahkan link untuk mencari wajah pada gambar web.

Memang Photoscape memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan Photoshop, namun software ini sangat ringan dan sangat mudah untuk digunakan dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Tapi secara keseluruhan, photoscape ini adalah sebuah aplikasi yang menyenangkan dan sangat berguna untuk kalangan yang suka desain, khususnya para pemula yang belajar mendesain.