Cara Membuat Video “STOP MOTION”

Pertanyaan ini sering banget ditanya. Sayangnya belum bisa saya jawab karna terlalu panjang. akhirnya bisa jelasin lewat blog ini. 40% film film di youtube menggunakan teknik stop motion. bisa dibilang, sebenernya bikin stop motion itu gampang, cuma butuh kreatifitas dan kesabaran yang sangat sangat mendalam.
Stop motion apaan tuh?
menurut wikipedia sih stop motion adalah teknik animasi untuk membuat suatu objek yang dimanipulasi secara fisik sehingga kelihatan bergerak dengan sendirinya. menurut gue, stop motion adalah animasi nyata yang merupakan gabungan dari beberapa foto yang sehingga jadi video.
walaupun teknik ini terkesan sangat konvensional dan murahan, tapi gak kayak gitu sebenrnya, semuanya tergantung bagaimana kita melakukan eksekusi, konsep cerita dan daya kreasi kita. untuk lebih lanjutnya yuk kita liat gimana tips sederhana cara pembuatan animasi stop motion…

Berikut persiapan dalam membuat video menggunakan teknik stop motion:

1. Kamera
Kamu bisa memakai kamera apa saja, kamera digital saku pun tak apa. Untuk hasil yang lebih bagus, disarankan menggunakan kamera DSLR atau kamera digital yang mempunyai fitur HDR video.

2. Tripod
Fungsi dari tripod ini untuk menyangga agar kamera tetap dalam posisi bidik yang tetap. Intinya, kamera harus tetap dalam posisi bidiknya.

3. Objek
Gunakan objek yang menarik perhatian mata. Bisa juga memakai objek yang berwarna-warni agar lebih menarik.

4. Komputer
Komputer ini merupakan syarat mutlak dalam membuat video dengan teknik stop motion. Tujuan dari penggunaan komputer adalah agar kita dapat mengolah foto-fotonya menjadi film. Dengan menggunakan bantuan software tentunya. Diantara sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan, Windows Movie Maker adalah yang termudah. Sedangkan untuk aplikasi dengan hasil yang lebih bagus (dengan kesulitan yang lebih tinggi tentunya) adalah Adobe After Effect dan Adobe Premiere.

5. yang paling penting yaitu Ide yang kreatif

NAH, SELANJUTNYA MARI KITA BAHAS LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS KITA LAKUKAN
1. pastikan kamu memiliki camera foto (digital pocket camera atau SLR camera), SLR camera mungkin akan lebih baik karna kita akan bisa mengatur depth of fill. tapi dengan pocket camera juga sebenarnya sudah cukup baik ko. dan sebuah komputer tentunya, kalian bisa mengunakan sofware sederhana sepeprti iMovie pada Mac atau windows movie maker pada PC. kalo kalian yang bisa menggunakan afetr effect mungkin akan lebih baik menggunakan AE.

2. siapkan object yang akan kalian gunakan sebagai aktor/ aktris dalam stop motion ini. kalian bisa menggunakan clay atau tanah liat, action figure, lego, origami, manusia, atau apapun itu sesuai kreasi kalian. mungkin akan lebih baik jika object yang digunakan bersifat fleksibel atau elastis sehingga mudah untuk membuat suatu pergerakan.

3. buatlah cerita yang menarik untuk karya stop motion anda, story line, dan yang terpenting story board dengan detail penjelasan scene direction dan shootnya. sehingga pada saat produksi kita punya acuan dan mudah dalam eksekusi.

4. pikirkan detail pergerakannya. misal kamu menggunaka effect jatuh atau effect terbang. kalian harus mencatat adegan2 yang mungkin berisi special effect khusus sehingga tidak ada yang terlewatkan sama sekali scene dan shootnya dan bisa sekali jalan dalam eksekusi.

5. mengatur dan menandai angka-angka posisi (contoh lego) object sebagai keyframe nanti. jika kita menggunakan clay, atau action figure kita bisa memberi tanda di set kita pada awal dan akhir dari sebuah pergerakan object. pastikan kamu mengatur ini semua sudah dengan view camera, pastikan object sesuai penempatannya di frame camera kamu.

6. siapkan camera kamu di posisi yang sudah kalian tentukan. gunakanlah cameramu tripod atau monopod, ini penting sehingga gambar kamu nanti tidak goyang dan tidak terlalu patah2. jika kamu tak memiliki tripod kamu bisa mengakalinya dengan tumpukan buku mungkib, sandarkan di tembok atau diatas meja, yang penting cameramu tidak goyang dan pindah tempat saat capture gambar.

7. mengatur pencahayaan. kamu bisa gunakan lampu kamar sebagai sumber cahaya utama dan senter sebagai cahay tambahan. perhatikan tidak ada sumber cahaya yang berkedip dan menggangu seperti cahaya di pintu, jendela atau tirai rumah.

8. mulailah dengan mengambil gambar pertama, dan perhatikan hasilnya apa yang kurang… misal cahaya atau setnya..segera perbaiki, ketika gambar pertama sudah OK, lanjutkan dengan memindahkan atau merubah posisi object sesuai pergerakan yang kamu mau, dan teruslah lakukan hal tersebut samapai scene atau shootnya selesai.

9. ketika kamu sudah memperoleh satu shoot atau satu scene segera simpan / transfer di komputer ada dengan penamaan folder yang sesuai nama scene/ shoot. sehingga mudah dalam proses edit.

10. ulangi langakah 8 dan 9 sampai selesai animasi kamu. setelah itu kita masuk ke proses edit/ penggabunga semua foto2 kamu menajdi sebuah aniamasi stop motion. kamu bisa gunakan sofware sederhana iMovie, windows movie maker, AE, atau yang lainnya yang kamu kuasai.

11. tambahkan effect2, transisi, atau audio dubb pada animasi anda sehingga terlihat lebih mantap..gunakan seluruh kreasimu.

12. dan terakhir tinggal kalian eksport/render video animasi stop motion kamu….sangat mudah bukan membuat sebuah animasi stop motion..? :)

SELAMAT MENCOBA :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>